Mencekam, Warga Facebook Heboh Karena Hal Ini



TEKNOTenar.com - Sekitar pukul sebelas malam tadi telah terjadi suatu hal yang membuat heboh warga Facebook dan Instagram, penyebabnya adalah karena akun Facebook yang sedang dipakai tiba - tiba keluar atau log out dengan keterangan " Waktu sesi telah habis, silakan log in kembali " namun ketika akan login Facebook terdapat keterangan bahwa password salah dan terdapat gangguan lain yang tidak diketahui.

Tidak hanya itu, Intagram dan Messenger pun terkena dampak yang sama. Hal tersebut jelas membuat heboh beberapa pengguna yang memang tidak merasa mengubah password maupun email yang tertaut ke akun mereka, apalagi ditambah isu bahwa telah terjadinya penyadapan atau peretasan terhadap akun yang tiba - tiba keluar tersebut.

Sebenarnya hal biasa ketika akun Facebook mengalami waktu sesi habis atau keluar dengan sendirinya, cukup dengan login kembali maka akun akan bisa digunakan seperti semula. Hal ini memang dilakukan pihak Facebook secara berkala untuk membantu para pengguna mereka mengingat password maupun kode login mereka.

Waktu sesi habis juga bisa terjadi bila adanya aktivitas login yang tidak normal atau bukan dari perangkat atau lokasi biasanya. Bisa juga karena aktivitas login akun yang sama di beberapa device yang tidak dikenal, oleh karenanya sistem keamanan Facebook akan menyala secara otomatis dengan me-log out kan salah satu bahkan semuanya.

Kejadian semalam ini sempat membuat panas dingin karena tidak bisa log in sama sekali setelah mengalami log out yang biasanya menandakan adanya aktivitas pembobolan akun. Namun dengan melihat terjadinya hampir di semua akun secara global maka dipastikan itu hanya sebuah glitch, sistem error ataupun hanya bug dari server Facebook itu sendiri, ditambah lagi tidak adanya peringatan aktivitas mencurigakan lewat email.


Maka dapa dipastikan hal itu aman dan bersifat biasa saja karena memang servernya sedang down saja. Pada dasarnya, server Facebook bisa mengalami masalah down karena berbagai alasan seperti dibawah ini :

Kegagalan perangkat keras : Ini bisa berarti kerusakan pada server fisik, komponen jaringan, atau perangkat keras lainnya yang menyebabkan server tidak dapat beroperasi.

Gangguan jaringan : Masalah dengan infrastruktur jaringan, baik itu di tingkat lokal (misalnya, jaringan data di pusat data Facebook) atau di tingkat yang lebih besar (misalnya, gangguan pada penyedia layanan internet).

Peningkatan lalu lintas : Jika terjadi lonjakan lalu lintas yang tidak terduga, server bisa menjadi kelebihan beban dan tidak mampu menangani permintaan pengguna dengan efisien.

Permasalahan perangkat lunak : Ini bisa termasuk bug dalam kode perangkat lunak, pembaruan sistem yang tidak berjalan dengan lancar, atau konfigurasi yang salah.

Serangan siber : Serangan DDoS (Distributed Denial of Service) atau serangan siber lainnya dapat mengakibatkan layanan menjadi tidak tersedia bagi pengguna.

Untuk mengetahui penyebab spesifik dari server Facebook yang down pada saat tertentu, sering kali diperlukan investigasi lebih lanjut oleh tim teknis Facebook.


Untuk lebih jelasnya, sobat bisa menonton penjelasannya dalam video berikut :



Setelah beberapa saat ternyata benar, akun Facebook tersebut sudah bisa digunakan seperti semula. Untuk memperkuat keyakinan bahwa memang server down keesokan harinya dilihat di berbagai media sosial muncul meme terkait peristiwa ini, hehehehe....

Post a Comment for "Mencekam, Warga Facebook Heboh Karena Hal Ini"