Jangan Salah Pilih Jasa Ekspedisi, Ini Perbedaan JNE Express dan JNE Trucking yang Harus Kamu Pahami


Layanan Ekspedisi JNE


TEKNOTenar.comBagi sobat yang biasa belanja online atau berkirim barang menggunakan jasa ekspedisi tentu tidak asing lagi dengan jasa yang satu ini bukan? ya, apalagi kalau bukan Jasa Ekspedisi JNE.

Perlu sobat ketahui, JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) adalah perusahaan jasa pengiriman barang yang beroperasi di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 di Jakarta oleh H. Soeprapto Suparno. Pada Awalnya, JNE berfokus pada pengiriman dokumen, tetapi kemudian berkembang menjadi perusahaan pengiriman barang yang menyediakan berbagai layanan logistik yang dapat kita nikmati sampai saat ini.

Baca Juga : Nomor Kurir yang dapat Dihubungi saat Paket ditahan sementara pihak Ekspedisi!

Terdapat beberapa layanan dari JNE ini, diantaranya adalah JNE Regular, JNE Trucking atau JTR, JNE Yes dan JNE Non Cashless. Pada artikel ini nanti akan kita bahas mengenai perbedaan layanan dan kapan kita perlu memilihnya.

Namun sebelum itu, jika kita lihat dari sejaranya bahwa JNE ini mulai tumbuh pesat pada tahun 1995 setelah memperoleh perjanjian kemitraan dengan perusahaan pengiriman internasional, DHL. Kemitraan ini memungkinkan JNE untuk mengakses jaringan pengiriman global DHL dan meningkatkan cakupan layanan pengiriman mereka di Indonesia. Sehingga hanya dalam beberapa tahun, JNE berhasil mengembangkan jaringan distribusi yang luas di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2003, JNE melakukan restrukturisasi perusahaan dan meluncurkan tagline "Express Your World" yang menekankan komitmen mereka untuk memberikan layanan pengiriman yang cepat dan andal. Perusahaan ini terus melakukan ekspansi dengan membuka kantor cabang di berbagai kota di Indonesia.

Selain pengiriman domestik, JNE juga menyediakan layanan pengiriman internasional untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin mengirim barang ke luar negeri. Mereka memiliki jaringan mitra global yang kuat dan terhubung dengan berbagai maskapai penerbangan untuk memastikan pengiriman yang efisien dan aman.

Seiring dengan perkembangan teknologi, JNE juga meluncurkan layanan daring (online) yang memungkinkan pelanggan untuk melacak status pengiriman mereka secara real-time dan melakukan pemesanan secara online.

Hingga saat ini, JNE merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan jaringan yang luas dan layanan yang handal. Mereka terus berupaya untuk meningkatkan teknologi dan infrastruktur mereka guna memberikan pengiriman yang lebih baik kepada pelanggan.

Baca Juga : Penyebab Paket Salah Kirim, Salah Alamat dan Terlambat Datang, Ternyata ...

Baik kembali lagi ke topik utama dimana apa sih perbedaan antara JNE Regular, JNE Trucking, JNE Yes dan JNE Non-Cashless dan kapan kita perlu memilih dari ketiga layanan yang diberikan?


JNE Regular / Express

Merupakan jenis pengiriman standar dari JNE, pengiriman ini terbilang cepat dan biasanya dipilih untuk mengirimkan barang yang relatif kecil, ringan dan tidak terlalu berat. Jenis pengiriman ini cocok dipilih untuk sobat yang suka berbelanja online untuk keperluan pribadi karena selain waktu pengiriman lebih cepat juga tidak mensyaratkan berat minimum untuk paket yang akan dikirimkan.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang JNE Regular :

1. Tidak ada batas minimum berat untuk setiap pengiriman
2. Harga lebih hemat untuk barang ringan berukuran kecil
3. Waktu pengiriman lebih cepat
4. Sebaiknya gunakan JNE Regular untuk keperluan pengiriman barang dalam jumlah kecil
5. Tidak ada standar kemasan
6. Cocok untuk keperluan pribadi atau bukan bisnis


JNE Trucking / JTR

Merupakan jenis pengiriman next level dari JNE. Pengiriman ini biasanya melibatkan armada yang lebih besar dan berat seperti truk khusus untuk jalur darat, pesawat kargo maupun melalui jalur laut. JNE Trucking biasanya digunakan oleh kalangan pengusaha untuk mengirim barang dalam jumlah besar.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang JNE Trucking :

1. Biaya pengiriman dihitung setiap 4 Kg berat barang
2. Harga lebih hemat untuk barang yang ukurannya besar dan berat
3. Waktu pengiriman lebih lambat bahkan bisa super lambat
4. Sebaiknya gunakan JNE Trucking ini untuk keperluan pengiriman barang dalam jumlah besar dan berat agar tidak rugi di ongkos kirim
5. Biasanya ada standar kemasan untuk pengiriman menggunakan JTR ini, misalnya harus menggunakan kotak kayu dan sebagainya.
6. Cocok untuk keperluan bisnis


JNE YES

YES merupakan singkatan dari Yakin Esok Sampai, yang artinya jenis layanan pengiriman ini merupakan yang tercepat dari JNE karena mereka dapat memastikan bahwa barang yang dikirim akan sampai keesokan harinya. Nah, walaupun begitu namun jenis JNE Yes ini belum merata di seluruh wilayah Indonesia..

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang JNE YES :

1. Tidak ada batas minimal pengiriman
2. Harga lebih hemat
3. Waktu pengiriman lebih cepat
4. Meskipun layanan ini sangat cepat namun belum merata di seluruh wilayah Indonesia.


JNE Non-Cashless

Untuk saat ini jenis pengiriman ini sama dengan halnya grab, gojek dan gosend dimana pengirim atau penerima barang biasanya akan ditagih ongkos kirim secara langsung dan tunai oleh kurir.


Nah, itulah sedikit perbedaan antara JNE Ekspress, JTR dan JNE YEs yang harus sobat ketahui agar saat mengirim atau berbelanja online tidak salah lagi dalam memilih jasa pengiriman. Kenapa? karena setiap jasa pengiriman juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing - masing, sesuaikan dengan jenis barang, berat serta ukuran, intinya sesuaikan dengan kebutuhan saja hehehe....

Semoga bermanfaat...


Post a Comment for "Jangan Salah Pilih Jasa Ekspedisi, Ini Perbedaan JNE Express dan JNE Trucking yang Harus Kamu Pahami"