Cara Merubah Video m3u8 ke MP4 dengan Cepat dan Mudah di Android

TEKNOTenar.com – menonton film menjadi hal yang mengasyikan saat santai apalagi jika film tersebut bisa diputar diperangkat kesayangan seperti laptop maupun hp android. Seperti yang kita ketahui, pada perangkat android sebuah film atau dalam hal ini merupakan file video merupakan file yang hanya dapat dibuka oleh aplikasi pemutar video baik bawaan android maupun aplikasi pihak ketiga yang dapat dengan mudah kita instal dari PlayStore.

File video secara umum dapat berekstensi mkv, mp4, mpeg, mpg, webm, gifv, wmp dan sebagainya. Salah satu format video yang kurang familiar adalah video dengan  ekstensi m3u8 yang biasanya terbagi menjadi beberapa file video dan hanya dapat dibuka oleh media player khusus.

File video berformat m3u8 sendiri biasanya terdapat di android yang menandakan video tersebut di download menggunakan aplikasi UC Browser dan untuk memutarnya sendiri harus menggunakan UC Video Viewer, jika diputar menggunakan media player lain menjadi kurang optimal bahkan terkadang tidak bisa sama sekali.

Dari segi penyimpanannyapun terasa kurang efektif karena file video berekstensi m3u8 terbagi menjadi beberapa bagian seperti pada gambar berikut ini.


terdapat dua file yang terdiri dari file video berekstensi m3u8 serta folder berekstensi mp4_contents yang berisi banyak file seperti berikut.


Untuk mengatasinya kita bisa merubahnya kedalam format mp4 yang lebih ramah terhadap android dan aplikasi pemutar video
. Adapun cara atau langkah – langkah merubah format video m3u8 menjadi mp4 adalah sebagai berikut.


Pertama, kita download dan instal dulu aplikasinya di PlayStore, masuk ke PlayStore lalu ketik di search bar " Media Converter " dari antvplayer lalu instal.


Kedua, setelah aplikasi Media Converter terinstal langsung saja kita buka aplikasinya, pilih bagian folder tempat dimana kita menyimpan file m3u8 yang hendak kita konvert ke mp4, misalnya pada folder UCDownloads / Video seperti berikut ini..


Ketiga,
 langsung saja kita pilih file berekstensi m3u8 tersebut namun sebelumnya jika aplikasi meminta izin ke sistem android seperti ini pilih saja izinkan lalu pilih pada menu Convert to MP4 seperti berikut ini.


Keempat, maka aplikasi Media Converter akan bekerja mengkonversi m3u8 ke mp4. Lamanya proses ini tergantung besar kecilnya ukuran video yang kita pilih dan tentu saja tergantung performa dari hp kita sendiri.

Kelima, setelah konversi selesai maka akan terdapat pilihan kita mengirimkan file tersebut atau akan menyimpannya di folder mana, tinggal kita pilih saja sesuai keinginan.


misalnya saya memilih akan menyimpannya di luar folder pada memori internal, maka file m3u8 sudah berubah menjadi mp4 dan siap kita putar.



Nah, itulah cara merubah file video m3u8 menjadi mp4 dengan mudah di android. Semoga membantu.

Salam admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.

Post a Comment for "Cara Merubah Video m3u8 ke MP4 dengan Cepat dan Mudah di Android"