Ternyata Ini Penyebab Barang Lama Sampai Saat Belanja Online

 


TEKNOTenar.com – Penyebab belanja di Shopee lama sampai.

Belanja online memang mengasyikan karena kita bisa bebas memilih barang sesuai dengan keinginan dengan bermacam - macam pilihan dan harga terbaik.

Kemudahan dalam berbelanja online tentu saja didukung oleh berbagai pilihan aplikasi dan situs belanja online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli dan sebagainya serta dukungan layanan pembayaran yang semakin lengkap serta mudah digunakan.

Namun belanja online juga terkadang membuat kita merasa cemas tatkala barang yang kita pesan lama sampai sehingga membuat was – was apalagi jika barang tersebut berharga mahal dan sudah lunas kita bayar.

Ternyata ada beberapa faktor penghambat barang lama sampai ke konsumen saat beberbelanja online di Shopee, adapun faktor – faktor penghambat tersebut adalah sebagai berikut.


Alamat Pembeli Jauh dari Toko atau Penjual (Seller)

Penyebab pertama barang lama sampai saat berbelanja online adalah faktor geografis, yaitu alamat atau jarak antara pembeli dengan toko / penjual terpaut jauh, misalnya saja pembeli beralamat di Medan sedangkan ia membeli barang dari toko yang terletak di Surabaya, atau pembeli beralamat di kota Samarinda sedangkan ia membeli barang di toko yang terletak di Lampung dan begitu seterusnya. Intinya jarak antara pembeli dengan toko yang terpaut jauh sangat memengaruhi waktu pengiriman barang.

Estimasi pengiriman barang antar provinsi yang muncul di aplikasi jual beli online pun biasanya sudah menunjukannya, bisa 4 – 8 hari bahkan bisa saja lebih lama, berbeda jika pembeli dan toko atau penjual yang sama – sama berada di satu provinsi bahkan kota, mereka bisa menggunakan jasa GoJek Sameday yang bisa langsung mengantarnya ke alamat dalam hitungan jam bahkan menit saja.


Alamat Pembeli yang Kurang Lengkap atau Sulit Ditemukan

Penyebab kedua barang lama sampai saat berbelanja online adalah faktor alamat pembeli yang kurang lengkap sehingga sulit ditemukan oleh jasa ekspedisi atau jasa kirim barang. Untuk mengatasinya, pastikan kita mengisi setiap baris alamat di aplikasi atau situs jual beli online dengan lengkap dan jelas, tambahkan juga nomor HP yang aktif sehingga memudahkan kurir untuk menghubungi anda jika mengalami kendala.


Seller atau Penjual lama Mempersiapkan dan Mengirim Barang

Penyebab berikutnya barang lama sampai saat berbelanja online adalah faktor dari seller atau penjual itu sendiri yang lama mengirimkan barangnya ke jasa pengiriman barang seperti J&T, JNE, SiCepat, TiKi dan sebagainya, sehingga barangpun otomatis lebih lama sampai ke konsumen. Seller atau penjual yang lama mengirimkan barang biasanya seller yang bertindak sebagai dropshiper atau yang menjual kembali barang dari toko lain, sehingga barang yang dikirim sebenarnya bukan berasal langsung dari si penjual melainkan dari pihak ketiga. Alasan lain seller atau penjual yang lama mengirimkan barang biasanya seller atau penjual tersebut mengalami kehabisan stok sehingga harus menunggu stok barang yang akan dikirim kembali tersedia.


Terkendala di Jasa Ekspedisi atau Jasa Pengiriman Barang

Penyebab lain barang lama sampai saat berbelanja online adalah terdapatnya kendala pada jasa ekspedisi atau jasa pengiriman barang itu sendiri. Masalah yang biasa terjadi biasanya overload pengiriman barang. Overload biasanya terjadi pada saat akhir tahun atau adanya promosi besar – besaran dari aplikasi atau situs jual beli seperti event 12.12 Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli dan sebagainya, sehingga pembelian meningkat pesat yang otomatis menyebabkan jasa ekspedisi overload, bahkan pada akhir tahun pengiriman kargo di bandara pun biasanya lebih banyak sehingga barang – barang harus mengantri lebih lama untuk dikirimkan.

Selain itu, kendala di jasa ekspedisi atau jasa pengiriman barang lainnya yaitu terjadinya salah sortir atau salah kirim ke alamat konsumen, sehingga paket atau barang anda ditahan sementara untuk dilakukan sortir ulang untuk mengirimkan barang tersebut ke alamat yang benar.

Baca : Ini yang Harus Dilakukan Jika Status Paket ditahan Sementara Karena Salah Penyortiran atau Salah Kirim.


Komisi Kurir Kecil karena Kebijakan Perusahaan

Penyebab lain barang lama sampai saat berbelanja online adalah komisi yang diterima kurir barang sangat kecil. Contohnya adalah komisi yang diterima kurir dari Shopee adalah sebesar Rp. 1.500,- per paket lebih kecil Rp. 500,- dari komisi sebelumnya yang juga hanya Rp. 2.000,- per paket. Hal ini sebenarnya bukan tanggung jawab konsumen karena konsumen tentu sudah membayar biaya kirim sesuai dengan aplikasi dengan harapan barang sampai sesuai dengan estimasi. Kebijakan penurunan komisi kurir tersebut selain mengundang reaksi protes dari para kurir juga memengaruhi kinerja mereka dalam mengirimkan barang atau paket ke konsumen.


Seller Penipu atau Toko Bodong

Penyebab terakhir kenapa barang lama sampai saat berbelanja online adalah kemungkinan seller atau penjual tersebut seorang penipu. Penjual penipu atau toko bodong sudah jelas mereka tidak akan mengirimkan produk kepada konsumen. Oleh karenanya sangat penting melakukan survey atau sekedar mengecek keaslian toko melalui profil toko, komentar pembeli, rating yang diberikan serta perhatikan juga harga produk yang ditawarkan agar kita semakin yakin dan aman untuk melakukan transaksi dengan penjual atau toko tersebut.

Baca : Waspada, Ciri - Ciri Penipuan Shopee dan Cara Menghindarinya

Nah, itulah beberapa penyebab barang lama sampa saat belanja di shopee ataupun e-commerce lain. Jika hal – hal diatas dirasa bukan penyebabnya, maka jangan ragu untuk menghubungi pihak penjual, admin shopee bahkan pihak ekspedisi atau jasa kirim barang untuk membantu Anda melacak barang pesanan.

Semoga membantu serta salam dari admin TEKNOTenar.com Smart Tekno, Smart People.

Post a Comment for "Ternyata Ini Penyebab Barang Lama Sampai Saat Belanja Online"