Waspada, Ciri - Ciri Penipuan Shopee Pay dan Cara Menghindarinya


TEKNOTENAR.com – Berbeda dengan sepuluh tahun lalu, belanja online tentunya tidak semudah sekarang ini, dahulu jika seseorang ingin membeli suatu barang secara online mereka harus memiliki peralatan serta modal yang cukup besar, itupun barang yang dicari biasanya harus indent, pesan langsung dari pabrik jauh – jauh hari atau dikirim dari luar daerah bahkan luar negeri.

Dewasa ini Belanja Online melalui situs jual beli atau aplikasi e-commerce sudah menjadi hal yang wajar dan menjadi habbit atau kebiasaan hampir semua kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan semakin mudahnya akses internet serta fasilitas logistik yang memadai sehingga memungkinkan seseorang untuk berbelanja secara online, bahkan yang berada di pelosok daerah sekalipun.

Situs – situs jual beli online terbesar di Indonesia contohnya seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Blibli dan lain sebagainya yang semuanya mempunyai aplikasi berbasis mobile dan dapat diakses melalui smartphone atau perangkat pintar. Sistem pembayaran pada situs atau aplikasi e-commerce tersebut rata – rata sudah terintegrasi dengan akun bank, hal tersebut tentu saja untuk mempermudah konsumen dalam berbelanja secara online. Biasanya juga tersedia berbagai promo menarik, diskon serta metode cicilan untuk menambah minat masyarakat dalam berbelanja online tersebut.

Namun kemudahan dalam berbelanja online tentu saja mengundang sejuta kejahatan model baru, salah satunya adalah maraknya penipuan online yang mengatasnamakan perusahaan atau perwakilan dari situs jual beli online tersebut. Berbagai cara dilakukan oleh sang penipu untuk menipu korbannya dan tidak sedikit juga yang telah menjadi korban. Korban penipuan online rata – rata mereka yang belum mengenal sistem jual beli online, baru memakai smartphone atau yang tidak mengetahui ciri – ciri penipuan yang akan kita bahas dibawah ini.

Yup, TEKNOTenar akan membahas ciri – ciri penipuan online dan cara agar kita terhindar dari berbagai bentuk penipuan di dunia jual beli online. Sebagai contoh kita akan ambil sebuah situs e-commerce yang cukup besar dan terkenal seperti situs jual beli Shopee.

Ciri – Ciri Penipuan di Marketplace Shopee adalah sebagai berikut :


1. Harga Produk Tidak Wajar, terlalu murah dari harga pasar

Seperti halnya situs jual beli online lain, Shopee selalu menghadirkan berbagai diskon dan promo menarik untuk memikat calon konsumennya, seperti potongan harga atau diskon sehingga produk menjadi lebih murah misalnya setengah dari harga normal bahkan bisa lebih murah. Namun perlu diperhatikan bahwa seller atau penjual di Shopee juga manusia biasa yang pasti berharap untung, tidak mungkin harga produk atau barang dijual dengan sangat murah dari harga pasarannya kecuali untuk menipu calon pembeli untuk membeli produknya yang bisa saja rusak, tidak sesuai gambar atau deskripsi. Seandainya ada diskon, pasti hanya selisih sedikit saja dari harga normal kecuali ada event khusus dari Shopee itu sendiri seperti Flash Sale, New Year Eve atau event lainnya.

 

2. Menghubungi lewat Whatsapp, Instagram  atau Telepon

Perlu diperhatikan bahwa seller atau penjual di Shopee tidak pernah menghubungi calon pembeli lewat Whatsapp, Instagram apalagi lewat Telepon. Disini yang dimaksud menghubungi calon konsumen bukan dalam rangka promosi produk, tapi lebih mengarah ke meminta pembayaran secara transfer diluar akun Shopee.

Biasanya metode penipuan ini menggunakan emosional kita sebagai calon konsumen, seperti mendapat hadiah, kupon diskon atau bahkan produk gratis. Jika sobat sebagai penjual, maka sang penipu akan mengabarkan bahwa ada kesalahan pada akun dan perlu segera diperbaiki dengan mengikuti langkah – langkah yang sudah disusun sedemikian rupa oleh sang penipu.

Biasanya orang yang kurang waspada, ketika dikabarkan mendapat hadiah maka akan senang luar biasa ataupun jika dikabarkan terdapat kesalahan pada akun maka akan panik dan secara tanpa sadar akan mengikuti arahan sang penipu yang pada akhirnya akan meminta kode OTP (One Time Password) yang masuk melalui SMS atau Whatsapp ke Smartphone kita. Perlu diketahui bahwa kode OTP akan terkirim otomatis ke nomor Hp yang didaftarkan di akun Shopee jika terdapat aktivitas login atau mencoba login di perangkat baru, kita jangan sekali – kali memberikan kode OTP tersebut karena akun kita bisa diambil alih oleh sang penipu tersebut. Tehnik Penipuan ini dinamakan Tehnik Phising atau berusaha mengambil alih akun seseorang untuk disalahgunakan.

 

3. Mengarahkan ke Website diluar website Resmi Shopee

Ketika kita membuka situs jual beli Shopee, maka perhatikan URL nya. Alamat resmi situs Shopee adalah seperti dibawah ini.

Akun Resmi Shopee untuk Indonesia

www.shopee.co.id

www.seller.shopee.co.id

www.mall.shopee.co.id

Jika ada pihak – pihak yang mengirimkan SMS, Whatsapp, Instagram ataupun pesan apapun yang mengarah ke selain situs tersebut, maka tidak perlu ditanggapi karena bisa dipastikan bahwa itu adalah penipuan.

Baca Juga : Macam - Macam Istilah di Dunia Internet serta Dampak Positif dan Negatifnya

 

Cara Menghindari Penipuan Shopee

  1. Selalu baca deskripsi toko dan produk dengan teliti. Ketelitian kita sebagai konsumen dibutuhkan sebelum membeli apapun di situs jual beli Shopee.
  2. Selalu lihat rating toko atau seller, baca ulasan pelanggan serta bandingkan dengan produk serupa dari toko lain. Karena jika rating toko serta ulasan pelanggan bagus maka bisa dipastikan bahwa toko tersebut memang bagus dan seller atau penjualnya amanah.
  3. Belanja di Toko Online Resmi, di Shopee sendiri terdapat logo centang orange menyala sebagai tanda bahwa toko tersebut toko resmi dan terdapat logo “Star” jika toko tersebut telah memproses pesanan untuk kesekian ribu kali. Bisa dipastikan jika ulasan baik maka produk yang dijual toko tersebut memang baik.
  4. Jangan bertransaksi di luar akun / tanpa menggunakan rekening shopee, seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa kita jangan sekali – kali transfer diluar rekening Shopee karena jika hal itu terjadi maka bisa dipastikan bahwa orang tersebut memang penipu atau berniat menipu.
  5. Cara yang terakhir ini seperti yang sudah TEKNOTenar jelaskan, kita tidak boleh sekali – kali memberikan kode OTP kepada pihak manapun termasuk kepada pihak Shopee apalagi yang mengaku – ngaku dadi pihak Shopee. Karena akun kita bisa diambil alih orang tersebut.
Untuk lebih jelasnya, simak Video admin berikut ini :



Nah, itulah sekilas tentang bagaimana ciri – ciri penipuan di aplikasi atau situs jual beli Shopee yang perlu kita waspadai. Semoga artikel ini bermafaat dan Salam Smart Tekno, Smart People.

 

Post a Comment for "Waspada, Ciri - Ciri Penipuan Shopee Pay dan Cara Menghindarinya"