Macam - macam istilah di dunia internet serta dampak positif dan negatifnya


TEKNOTenar.com - Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang berfungsi untuk menghubungkan suatu media elektronik dengan media elektronik yang lain dengan cepat dan tepat melalui transmisi sinyal dengan frekuensi yang telah disesuaikan.

Untuk standar global dalam penggunaan jaringan internet sendiri menggunakan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Setiap device atau perangkat yang menggunakan internet memiliki alamat IP atau IP Address sehingga sangat mungkin dilacak pada posisi dimanapun di seluruh dunia.


MACAM - MACAM ISTILAH DI DUNIA INTERNET

Browsing merupakan proses pencarian informasi di internet menggunakan peramban digital ( Browser ) seperti IE, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Dolphin, dll. Browsing bisa dilakukan menggunakan komputer maupun tablet dan smartphone.

Browser merupakan software atau perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan browsing di internet.

Website atau halaman web merupakan sebuah halaman yang hanya dapat diakses menggunakan perangkat dengan koneksi internet. Website pada dasarnya terletak pada sebuah server, kemudian server tersebut mentransmisikannya ke seluruh dunia menggunakan satelit.

URL (Uniform Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs di internet.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan protokol transfer informasi antara situs web dengan perangkat yang mengaksesnya melalui browser.

HTML (Hypertext Text Markup Language), merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah website.

IP Address merupakan alamat jaringan sebuah device yang diberikan secara otomatis guna menjamin akuntabilitas dan keterlacakan.

ISP Provider merupakan jasa penyedia layanan internet seperti IndiHome dari PT. Telkom Indonesia.

Upload / Unggah yaitu proses memindahkan informasi atau data berupa dokumen, gambar, lagu, video, program, dll, ke internet.

Download / Unduh yaitu proses memindahkan informasi atau data berupa dokumen, gambar, lagu, video, program, dll, dari internet ke dalam media penyimpanan yang kita tentukan.



DAMPAK POSITIF / MANFAAT INTERNET

Memudahkan dalam mencari, bertukar serta mengembangkan informasi sehingga bisa dilakukan dengan lebih cepat, tepat, biaya lebih murah dan tidak dibatasi ruang maupun waktu. Beberapa diantaranya yaitu :

Bidang Bisnis ( Zoom Meeting, e-Commerce, Toko Online, dll. )

Bidang Pendidikan ( Perpustakaan Maya, Belajar Daring, UNBK, dll. )

Bidang Kesehatan ( Halodoc, klikdokter, dll. )

Sosial dan Hiburan ( Facebook, Instagram, YouTube, TV Online, dll. )

 

DAMPAK NEGATIF / BAHAYA INTERNET

Selain berbagai manfaat yang sedang kita rasakan sekarang ini, internet juga mempunyai sisi negatif yang membahayakan dan perlu untuk kita waspadai. Beberapa bahaya internet diantaranya yaitu :

Baca Juga : Ciri - Ciri Penipuan Shopee Pay dan Cara Menghindarinya

CyberCrime ( Penipuan Online, Pemalsuan Transaksi, Pembobolan Akun )

Konten Illegal ( Pornografi, dll. )

Hoax ( Penyebaran berita palsu, dll. )

CyberBullying ( ujaran kebencian kepada seseorang atau suatu kelompok yang dilakukan secara online sehingga menyebabkan kerugian pada orang atau kelompok tersebut )


Itulah sedikit mengenai macam - macam istilah di dunia internet serta dampak positif dan negatifnya, semoga membantu.

Salam Smart Tekno, Smart People.

 

 

Post a Comment for "Macam - macam istilah di dunia internet serta dampak positif dan negatifnya"