Dasar - Dasar Sistem Operasi Windows Untuk Pemula


TEKNOTenar.com - Hallo Sobat Tekno yang semakin hari semakin Tenar ...

Pada artikel kali ini kita akan membahas sedikit tentang Microsoft Windows. Microsoft Windows merupakan sebuah sistem operasi besutan Microsoft yang telah berevolusi dari MS-DOS yaitu sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line ke GUI (Graphic User Interface).

Perkembangan Windows diantaranya adalah Windows 98, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan seterusnya.

Didalam Sistem Operasi Windows ada beberapa istilah umum yang sering dipakai yaitu sebagai berikut :

Baca Juga : Cara Membuat Channel YouTube Sampai Menghasilkan Uang

WINDOWS EXPLORER, Windows Explorer merupakan sebuah program yang sangat penting dalam sistem operasi windows karena berfungsi untuk mencari, membuat, membuka dan memanajemen berbagai macam partisi, folder dan file dalam suatu komputer. Tanpa Windows Explorer kita dipastikan tidak akan bisa mengakses penyimpanan suatu komputer. Shortcut : Win + E

PARTISI, Partisi merupakan pembagian ruang pada Hardisk atau penyimpanan yang diwakili oleh huruf tertentu, misalnya partisi C, D, E, atau Local Disk C, Local Disk D, yang fungsinya untuk menyimpan bermacam – macam folder dan file.

FOLDER, Folder merupakan bagian dari partisi yang berfungsi untuk mengelompokan file – file tertentu sesuai keinginan. Folder ini dapat dibuat dan dihapus dengan mudah dan tidak berpengaruh pada sistem operasi windows.

FILE, File adalah objek yang siap digunakan dan merupakan tujuan inti dari media penyimpanan. File dapat berupa dokumen tulisan, gambar, suara, lagu, video, master program, dan sebagainya.

EKSTENSI FILE, Ekstensi File merupakan penanda atau identitas sebuah file. Dengan adanya ekstensi kita bisa menentukan apakah file tersebut termasuk dokumen, gambar, musik, video ataupun program sehingga kita bisa memilih aplikasi untuk membukanya.  Ekstensi biasanya terletak setelah nama sebuah file. Setiap file dalam media penyimpanan pasti memiliki apa yang namanya ekstensi file ini.

Nah, itulah sedikit dasar - dasar Microsoft Windows untuk Pemula, semangat terus belajar dan Salam Smart Tekno, Smart People.

 

Post a Comment for "Dasar - Dasar Sistem Operasi Windows Untuk Pemula"