Pengertian Software, Hardware dan Brainware secara Sederhana


TEKNOTenar.com - Sebagai bentuk satu kesatuan utuh, sebuah Komputer memiliki setidaknya tiga aspek yang tidak dapat dipisahkan, yaitu Software, Hardware dan Brainware. adapun pengertiannya adalah sebagai berikut :

 

SOFTWARE


Software atau disebut juga sebagai Perangkat Lunak merupakan bagian komputer yang berupa Program yang telah diinstal kedalam memori sebuah komputer. Software terbagi menjadi dua, yaitu Operating System (OS) dan Program Aplikasi. Operating System (OS) seperti Windows, Linux, Mac OS, DOS dan UNIX, sedangkan program aplikasi seperti Microsoft Office, CorelDraw, Adobe Photoshop, AutoCAD, Sony Vegas, Mozilla Firefox, dll.


HARDWARE


Hardware atau disebut juga sebagai Perangkat Keras merupakan bagian komputer yang nampak oleh mata dan bisa diraba secara langsung. Contohnya seperti CPU, Monitor, Keyboard, Mouse, Printer, Scanner, Speaker, WebCam, dll.

Baca Juga : Mengenal Sejarah Singkat Komputer dari Generasi ke Generasi


BRAINWARE


Brainware merupakan sebutan bagi seseorang yang mengendalikan alat atau teknologi. Tanpa brainware, teknologi tidak akan berfungsi. Dalam hal ini Brainware disebut juga sebagai Pengguna Komputer yaitu kita selaku manusia yang menggunakan komputer untuk memperoleh informasi yang diinginkan sehingga dapat mempermudah pekerjaan.

Nah, itulah sedikit pengertian Software, Hardware dan Brainware, semoga membantu dan Salam Smart Tekno, Smart People.

 

Post a Comment for "Pengertian Software, Hardware dan Brainware secara Sederhana"