Mengenal Sejarah Singkat Komputer dari Generasi ke Generasi

 

TEKNOTenar.com - Pada saat ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat, oleh karena itu kita selaku masyarakat yang hidup ditengah - tengahnya dituntut untuk mampu berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi saat ini.

Kata Komputer diambil dari bahasa latin ‘Computere’ yang artinya menghitung. Hal ini didasarkan pada kenyataanya bahwa pada mulanya komputer memang diciptakan sebagai mesin hitung. Pada perkembangannya komputer dibagi menjadi beberapa generasi sebagai berikut :


KOMPUTER GENERASI PERTAMA


Komputer Generasi Pertama dibuat pada tahun 1946 – 1959, yang pada masa itu ukuran komputer masih sangat besar dan menggunakan tabung vakum seebagai sirkuit dan drum magnetik sebagai memori.

Memiliki bobot 30 ton, panjang 30 meter dan tinggi 2,4 meter sehingga memenuhi seluruh ruangan.

Baca Juga : Mengenal Software, Hardware dan Brainware Secara Sederhana


KOMPUTER GENERASI KEDUA


Komputer Generasi Kedua dibuat pada tahun 1959 – 1965, yang pada masa itu ukuran komputer tidak lagi sebesar generasi pertama, serta ditemukannya Transistor sebagai sirkuit membuatnya lebih hemat listrik.


KOMPUTER GENERASI KETIGA


Komputer Generasi Ketiga dibuat pada tahun 1965 – 1971, yang pada masa itu ukuran komputer menjadi lebih kecil, serta ditemukannya IC (Integrated Sircuit) mengawali generasi komputer yang tersedia untuk umum.


KOMPUTER GENERASI KEEMPAT


Komputer Generasi Keempat dimulai tahun 1971 sampai sekarang, komputer pada generasi ini adalah komputer yang kita kenal, biasa digunakan di perkantoran, sekolah, untuk keperluan desain, video editing dan gaming.


KOMPUTER GENERASI KELIMA


Komputer Generasi Kelima ditandai dengan penggunaan mikroprosesor yang kecepatannya berkali – kali lipat processor biasa, sudah terintegrasi dengan AI ( Artificial Inteligence ) dan biasa digunakan untuk keperluan militer, smart home dan bidang kesehatan.

Nah, itulah sedikit mengenai sejarah singkat komputer dari generasi ke generaasi, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan Salam Smart Tekno, Smart People.

Post a Comment for "Mengenal Sejarah Singkat Komputer dari Generasi ke Generasi"