Cara Mudah Update MIUI 14 dan Pindah ROM ke Global Xiaomi Redmi Note 10S Tanpa UBL


Update MIUI 13 ke MIUI 14 via Rename

TEKNOTenar.com - Siapa yang tidak kenal MIUI, sistem UI khas Xiaomi yang saat artikel ini ditulis sudah memasuki MIUI 14 dengan berbagai fitur dan desain UI yang menarik, simpel dan futuristik. Bukan hanya membawa perubahan pada tampilan, MIUI 14 juga membawa beberapa perbaikan dari segi performa yang sangat dinantikan para user.

Baca Juga : Penyebab Ponsel Xiaomi dijual dengan Harga Murah !

Banyak alasan mengapa pengguna ingin segera beralih ke MIUI 14, diantaranya adalah ingin menikmati tampilan maupun fitur baru dari MIUI 14, ingin tetap update dan sebagainya, namun yang paling menonjol adalah karena banyaknya Bug di MIUI 13 yang sempat TEKNOTenar bahas beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Kumpulan Bug MIUI 13 Redmi Note 10 Series

Terlepas angka 13 adalah angka sial atau bukan, namun  banyak user yang mengeluhkan performa di MIUI 13 sangat buruk, terutama mereka dengan smartphone yang sebelumnya menjalankan MIUI MIUI 11 dan 12, nah sejak update ke MIUI 13 maka keluhan demi keluhan mulai berdatangan, baik itu di MI Forum maupun di Media Sosial lainnya.

Baca Juga : Kekurangan Redmi Note 12 yang Bikin Kesel !

Bug pada sistem MIUI memanglah bukan hal yang baru, namun bug pada MIUI 13 dirasa adalah yang terburuk karena menyangkut fungsi dasar dari smartphone itu sendiri, yaitu pada sinyal radio yang diterima sehingga mengganggu kualitas telepon, video call dan sejenisnya. Bug ini dirasakan juga oleh Admin TEKNOTenar.com sehingga ingin cepat - cepat beralih ke MIUI 14 ini.

Baca Juga : Versi MIUI Terbaik Menurut TEKNOTenar.com

Nah, dalam hal update ini pihak Xiaomi biasanya secara bertahap merilis update software mereka, bisa berbulan - bulan baru mendapatkan pembaharuan secara OTA atau Over The Air, selain itu update pada ROM versi Indonesia atau ID biasanya lebih lambat dibandingkan ROM Xiaomi versi Global sehingga pengguna ROM ID harus lebih bersabar lagi untuk sekadar mendapatkan perbaikan dari bug yang mereka alami akibat update software ini.

Sebelum kita masuk ke pembahasan Cara Mudah Update MIUI 14 dan Pindah ROM ke Global Xiaomi Redmi Note 10S Tanpa UBLberikut ini adalah beberapa kelebihan ROM Global dibandingkan versi Indonesia, EEA, Turkey maupun China.


ROM Global Xiaomi memiliki beberapa kelebihan, di antaranya :

1. Mendukung bahasa yang lebih banyak
ROM Global Xiaomi hadir dengan dukungan bahasa yang lebih banyak daripada ROM lokal Xiaomi, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengubah bahasa perangkat ke bahasa yang mereka inginkan.

2. Update lebih cepat
ROM Global Xiaomi umumnya mendapatkan update lebih cepat daripada ROM lokal Xiaomi. Hal ini disebabkan karena ROM Global dirilis secara global, sehingga Xiaomi lebih fokus dalam memberikan update untuk pasar global.

3. Fitur tambahan
ROM Global Xiaomi seringkali memiliki fitur tambahan yang tidak ada di ROM lokal, seperti fitur keamanan dan privasi yang lebih baik, pilihan tema yang lebih banyak, dan lain sebagainya.

4. Dapat digunakan di luar negeri
ROM Global Xiaomi dapat digunakan di luar negeri karena sudah terintegrasi dengan banyak jaringan dan dukungan bahasa.

5. Dapat diinstal dengan mudah
ROM Global Xiaomi dapat diinstal dengan mudah bahkan oleh pengguna yang tidak terlalu ahli dalam teknologi, sehingga memudahkan pengguna untuk memperbarui perangkat mereka.



Nah, dari beberapa kelebihan ROM Global Xiaomi diatas, disini kita akan fokus ke poin nomor 5, yaitu dapat diinstal dengan mudah.

Oke, langsung saja sebelum kita masuk ke tutorialnya perlu sobat ketahui bahwa untuk melakukan install ROM biasanya memerlukan sebuah komputer dengan kabel USB, bukan hanya itu saja, kondisi smartphone atau HP juga biasanya harus sudah dalam keadaan UBL alias Unlock Bootloader, dimana smartphone termasuk Xiaomi memiliki sejenis software keamanan yang bertugas mencegah perubahan yang tidak diinginkan pada ROM mereka, sehingga sangat penting melakukan UBL dahulu sebelum menginstall ROM yang diinginkan. Untuk sekarang ini proses UBL memerlukan waktu hingga 7 hari dan dilakukan secara online, hal ini dilakukan pihak Xiaomi untuk meningkatkan keamanan sistem mereka.


Nah, disini TEKNOTenar akan memberikan cara untuk melakukan update secara manual dari MIUI 13 Indonesia ke MIUI 14 Global dengan mudah, tanpa komputer dan tanpa melakukan UBL namun hanya memanfaatkan celah dari nama ROM tersebut, dimana dikalangan Mi Fans metode ini disebut metode "rename" dan sangat mudah dilakukan.


Untuk lebih jelasnya mengenai cara Update dan Pindah ROM MIUI 13 ID ke MIUI 14 Global, sobat juga bisa menonton Video dari Channel TEKNOTenar berikut ini :




DISCLAIMER !!!
Admin TEKNOTenar.com tidak bertanggung jawab jika terjadi hal yang tidak diinginkan karena mengikuti tutorial ini awok3x....


Syarat dan Bahan yang diperlukan :

1. Smartphone Xiaomi dengan MIUI 13 Indonesia, EEA, Turkey, dll.

2. ROM Xiaomi sesuai dengan ROM yang dipakai saat ini atau diatasnya ( untuk pancingan ).

3. ROM Xiaomi MIUI 14 Global Stabil yang dituju.

4. Kondisi Baterai harus diatas 50%.


Langkah Eksekusi :

1. Download kedua ROM yang diperlukan, biasanya berukuran lebih dari 3 GB tergantung tipe HP yang sobat punya.

2. Tempatkan kedua ROM tersebut di Memori Internal dan diluar folder, hal ini bertujuan untuk memudahkan ketika akan melakukan rename atau ganti nama dengan cepat.

3. Masuk ke Setting, masuk ke tentang telepon, klik logo MIUI 13, terus pilih titik tiga di pojok kanan atas dan pilih paket pembaruan.

4. Jika  pilihan paket pembaruan tidak tersedia, maka ketuk beberapa kali logo MIUI 13 sampai muncul fitur pembaruan hidup.

5. Masuk ke penyimpanan internal dan rubah nama ROM saat ini menjadi misalnya "A"

6. Kembali ke setting tadi, jika fitur pembaruan sudah tersedia lalu pilih.

6. Arahkan ke ROM MIUI pada penyimpanan internal saat ini yang sudah kita download dan rename menjadi "A" tadi lalu pililh.

7. Sementara setting sedang dalam posisi mendapatkan informasi, maka dengan cepat segera masuk ke penyimapanan internal lalu rename ROM "A" menjadi "B". 

8. Lanjutkan dengan me-rename ROM MIUI 14 Global menjadi "A"

9. Pada posisi ini sistem Xiaomi akan memanggil ROM dengan nama A dan memperoleh informasi update dari ROM tersebut, namun setelah informasi update didapatkan karena kita me-rename ROM A ( MIUI ) menjadi B dan dan ROM MIUI 14 menjadi A maka yang akan di eksekusi adalah ROM Global dengan MIUI 14 tersebut dan alhasil HP Xiaomi akan segera memproses pembaruan.

10. Tunggu sampai proses pembaruan selesai dan Device melakukan restart, jika gagal maka ulangi lagi langkah diatas dengan cermat, bisa juga sobat melihat video diatas agar jangan sampai gagal.

11. Done. Selamat HP Xiaomi sobat sudah terinstall update terbaru MIUI 14 dengan ROM Global Stabil.


Nah, itulah Cara Mudah Update MIUI 14 dan Pindah ROM ke Global Xiaomi Redmi Note 10S Tanpa UBL dan selamat mempraktekannnya di HP sobat semua.


PENTING!
"JANGAN DILAKUKAN UNTUK DOWNGRADE, KARENA BISA MENYEBABKAN SOFTBRICK, BOOTLOOP BAHKAN SYSTEM HAS BEEN DESTROYED"

1 comment for "Cara Mudah Update MIUI 14 dan Pindah ROM ke Global Xiaomi Redmi Note 10S Tanpa UBL"

  1. Apakah jika sudah update miui Indo ke global, bakal dapat update selanjutnya?

    ReplyDelete