Ini Dia Versi MIUI Terbaik Menurut TEKNOTenar.com


Ilustrasi Versi MIUI Terbaik


TEKNOTenar.com - Sebelum membahas tentang MIUI terbaik menurut admin, izinkan untuk menyampaikan beberapa basa yang sudah basi ini sebagai pengantar ya sob ya, biar artikelnya agak panjang juga awok3x... Disini Admin anggap sobat sudah membaca mengenai 10 Alasan Mengapa Harus Memilih HP Xiaomi agar lebih nyambung.

Seperti halnya sebuah sistem operasi pada komputer, misalnya Windows, Linux, MacOS dan sebagainya, sistem operasi pada smartphone juga terus mengalami perkembangan dan pihak developer akan terus melakukan perbaikan - perbaikan disegala sisi.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Tema MIUI yang Hilang karena Google Play Protect

Sistem operasi pada perangkat mobile memang bermacam - macam, ambil saja contohnya seperti Symbian OS, Blackberry, iOS, Android dan sebagainya, semua jenis sistem operasi memiliki kelebihan dan keunikannya masing - masing, mereka tentu menciptakan sistem operasi tersebut sesuai target pasar masing - masing produk.

Baca Juga : Sisi Gelap Jaringan 5G di Dunia yang Perlu di Waspadai !

Ambil saja misalnya sistem operasi Symbian digunakan pada perangkat mobile Nokia model lama dan banyak basic phone berbagai merek yang dahulu menggunakan symbian OS ini. Selanjutnya ada juga Blackberry OS yang spesial dari OS satu ini adalah terintegrasi langsung dengan perangkat mobile bermerk sama yaitu Blackberry, biasanya Blackberry digunakan oleh para bisnismen untuk berkomunikasi dikarenakan keamanannya yang terkenal sangat baik pada masa itu, namun sayangnya kedua OS ini sudah discontinue atau tidak diproduksi lagi.


Baca Juga :

1. Ini Dia Kumpulan Bug MIUI 13 Redmi Note 10 Series

2. Cara Efektif mengatasi Bug MIUI 13 Redmi Note 10 Series


Selanjutnya ada iOS dan Android yang saat ini masih dikembangkan dan mengalami ketenaran, sehingga hampir seluruh perangkat mobile berjenis smartphone menggunakan kedua OS ini. Sampai saat artikel ini dibuat, iOS dan Android masih menduduki peringkat pertama dan kedua penggunaan sistem operasi pada perangkat mobile yang beredar di seluruh dunia.

Seperti yang sudah sobat ketahui bahwa sistem operasi Blackberry terintegrasi dengan hardwarenya sendiri yaitu mobile bermerek Blackberry, nah... begitupun dengan iOS, Sistem Operasi besutan Steve Jobs itu hanya bisa digunakan pada perangkat Apple yaitu iPhone, iPad, iWatch maupun iMac sehingga kinerjanya akan lebih maksimal.

Udah ya... kita kembali ke judul diatas yaitu mengenai MIUI yang notabenenya merupakan sistem operasi berbasis Android, Nah... Berbeda dengan Blackberry dan iOS yang harus terintegrasi dengan hardware bawaanya, Android dapat berjalan pada hardware berbagai merek dan berbagai kualitas sehingga lebih fleksibel dan tentunya dapat digunakan pada lebih banyak perangkat mobile di seluruh dunia, dari yang berharga murah sampai mahal sekalipun.

Baca Juga : Ini Fitur Andalan dan Kelebihan MIUI 13 Tebaru dan Terupdate

Android sendiri merupakan sistem operasi berbasis Linux yang bersifat open source, sehingga dapat lebih mudah dikembangkan oleh berbagai developer perangkat lunak dari masing - masing merek smartphone bahkan para penikmat koding alias opreker mereka menciptakan custom rom atau cusrom tersendiri demi memberikan pengalaman menggunakan android yang lebih baik.

Sistem operasi android biasanya mengalami berbagai modifikasi UI atau User Interface hingga fitur - fitur khusus dari masing - masing brand, contohnya brand Samsung yang memiliki TouchWiz dan OneUI, brand Oppo dengan ColorOS, Harmony OS nya Huawei, Vivo dengan FuntouchOS nya dan yang akan kita bahas adalah MIUI milik Xiaomi.

Kok ceritanya muter-muter mulu bang... nah, kan udah dikasih tau bahwa biar artikelnya agak panjang kan hehehe.... tapi bukan, admin hanya berbagi pengetahuan untuk sobat yang mungkin belum mengetahuinya... OK lanjut...

Baca Juga : Jangan salah pilih, ini jenis Antigores Terbaik untuk Ponsel Kesayangan

MIUI merupakan sistem operasi android pada perangkat Xiaomi seperti Redmi, Xiaomi Mi maupun Mi Mix. Sejak kemunculannya di dunia smartphone, Xiaomi sudah membuat geger dengan meluncurkan Redmi 1s yang pada saat itu price to performance nya jauh diatas rata - rata pesaingnya, yup.. Xiaomi memang terkenal dengan kebiasaanya mengeluarkan smartphone berkualitas namun dengan harga dibawah harga standar merek - merek lainnya. Penyebabnya dikarenakan Xiaomi lebih mengutamakan pemasarannya secara online dan secara sengaja menyisipkan iklan pada MIUI mereka, namun iklan - iklan ini hanya muncul pada perangkat xiaomi midrage kebawah, untuk varian hp xiaomi kelas highend alias flagship sudah aman dari iklan. Nah, strategi marketing online dan iklan inilah yang membantu pihak xiaomi mendapatkan keuntungan.

Kembali pada judul diatas, sebenarnyna versi MIUI mana sih yang terbaik menurut admin TEKNOTenar.com? Apakah versi MIUI 10, MIUI 12, MIUI 13 dst. Pada saat artikel ini dipublish Xiaomi global resmi merilis MIUI 14 namun masih terbatas pada beberapa perangakat saja yang digunakan untuk percobaan mereka.

Baca Juga : Turun Harga, Ini 5 Rekomendasi HP Vivo 2 Jutaan Terbaik 2023

Admin memiliki Redmi 7 yang berjalan sangat lancar pada MIUI 10 dan sampai saat ini masih bisa digunakan dan tanpa pernah melakukan update MIUI, sedangkan seorang teman admin memiliki Redmi 7a yang pada saat pertama kali dihidupkan berjalan dengan smooth dan lancar di MIUI 10, namun akhirnya melambat setelah update ke MIUI 11 dan akhirnya tewas di MIUI 12.5, bebagai bug muncul seperti hilangnya Imei secara tiba - tiba hingga bootloop yang menyebalkan.

Selanjutnya HP daily driver admin yaitu Redmi Note 10S dapat berfungsi normal pada MIUI 12.5 alias bawaan kotak, namun berbagai bug mulai bermunculan setelah update ke MIUI 13. Bug MIUI 13 yang paling kentara adalah frezz pada aplikasi dan panggilan telepon yang sering terputus - putus... Nah, beda lagi dengan teman lainnya yang memiliki Redmi Note 11 yang pada saat membeli sudah menjalankan MIUI 13, sampai saat ini aman - aman saja, minim bug dan bahkan mungkin belum ada.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet tidak mudah bocor

Jadi kesimpulannya, MIUI terbaik bukanlah dilihat dari versi MIUI maupun versi dasat androidnya namun versi MIUI terbaik adalah MIUI bawaan pabrik alias bawaan dalam kotak hp pada saat membeli produk xiaomi tersebut.

Bahkan saking seringnya bug melanda setelah update MIUI, sampai pernah ada rumor  bahwa pihak xiaomi memang sengaja membuat lambat sistem melalui update agar pengguna setia memilih mengganti smartphone mereka ke tipe terbaru, tapi ya... semoga saja itu hanya rumor hehehe...

Jadi, saran admin bagi sobat yang memiliki ponsel Xiaomi sebaiknya jangan pernah melakukan update MIUI. Titik.

Ya... walaupun seru sekali sih menjajal fitur dan tampilan MIUI baru di ponsel kesayangan, namun ya sobat harus siap bila setelah update kemungkinan bug akan melanda hehehe....

Sekian dulu ya sob ya, jangan lupa kunjungai sekaligus bantu sekereib channel Youtube TEKNOTenar juga ya, makasih...

Post a Comment for "Ini Dia Versi MIUI Terbaik Menurut TEKNOTenar.com"