Hindari Kebiasaan Ini Agar Laptop Kesayangan Tetap Awet Seperti Baru


TEKNOTenar.com - Dewasa ini Laptop atau Komputer Jinjing sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang, terutama mereka yang bekerja sebagai peneliti, arsitek, desainer. programer, gamer, digital marketing, content creator dan sebagainya.

Ya, seperti Admin juga nih... sebagai blogger pemula tentunya Laptop harus selalu sehat menemani keseharian dalam membuat artikel untuk blog ini.

Oke, lanjut.

Sebagai orang yang tidak bisa lepas dari laptop dalam pekerjaannya, maka sangat penting untuk mengetahui tentang bagaimana cara merawat laptop kesayangan agar tetap awet seperti baru buka kotak, ya... minimal tidak cepat rusaklah.

Jangan sampai menjadi orang yang hanya bisa menggunakan tanpa mengetahui cara untuk merawat laptop tersebut. Terkadang secara tidak sadar justru kebiasaan - kebiasaan kecil yang sering kita lakukan adalah penyebab timbulnya masalah pada laptop kita.

Adapun cara - cara merawat laptop yang berhasil admin rangkum adalah sebagai berikut.


1. Jangan Menggunakan Laptop di atas kasur
Menggunakan laptop di atas kasur memang memiliki keasyikan dan sensasi tersendiri, misalnya saja ketika kita menonton anime, drama korea, film maupun membuat artikel. Karena selain empuk juga kita akan dengan mudah beristirahat jika lelah dan kantuk sudah menyerang.

Namun menggunakan laptop di atas kasur atau kain empuk lainnya dapat memperpendek usia laptop, hal ini dikarenakan sirkulasi panas dari laptop yang menyala tidak akan terdistribusi keluar, panas yang dihasilkan processor akan kembali lagi ke mesin laptop dan akan menyebabkan overheat, hal ini tentu sangat berpengaruh buruk pada laptop, terutama pada bagian baterai.


2. Jangan Bermain Game Terlalu Lama
Masih berkaitan dengan overheat diatas, bermain game terlalu lama tentunya akan menyebabkan komponen hardware pada laptop semakin panas dan jika dilakukan terlalu sering maka jelas akan memperpendek usia laptop tersebut, terutama komponen baterai yang mungkin saja bisa aus atau mengalami kebocoran daya.

Selain itu, keyboard juga biasanya menjadi korban karena karakteristik game yang mengharuskan menekan key atau tombol yang sama berulang - ulang.

Laptop sejatinya diciptakan untuk melakukan pekerjaan ringan, ringkas dan tidak memerlukan waktu lama, oleh karenanya laptop di desain agar mudah dibawa kemanapun dengan bobot yang ringan dan desain yang enak dipandang.

Jika sekiranya hendak bermain game dengan waktu cukup lama maka gunakan saja PC yang lebih kuat dan terjamin ketahanannya. Ya, meskipun sekarang ini banyak bermunculan laptop gaming seperti Asus ROG, Lenovo LEGION, Acer NITRO dan sebagainya namun performanya tetap akan kalah dengan versi PC atau komputer besarnya.
 
3. Jangan Biarkan Laptop Kotor
Seperti halnya barang - barang lain, terutama elektronik. Membersihkannya merupakan kewajiban bagi pemilik maupun pengguna dari barang tersebut. Sebenarnya hal ini masih erat kaitannya dengan poin nomor 1, overheating.

Kondisi laptop yang kotor memungkinkan debu akan masuk ke ventilasi laptop, tersedot kedalam fan atau kipas lalu terdistribusi kesemua bagian mesin laptop. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus, maka siap - siap saja laptop akan sering hang/leg saat digunakan.

Kondisi laptop yang tidak dibersihkan juga akan membuat kita tidak nyeman dalam mengoperasikannya sekaligus membuat nilai estetiknya berkurang.

Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan laptop minimal seminggu sekali, bisa menggunakan kain halus ataupun tisu basah, namun jika menggunaka tisu basah maka perhatikan tinggkat kekeringannya saat sudah selesai. Hak itu dilakukan demi mencegah kerusakan hardware karena kebasahan.

4. Jangan Memindahkan Laptop dalam Keadaan Hidup
Seringkali karena keadaan yang mendesak atau bahkan karena kebiasaan, kita mengangkat dan memindahkan laptop dalam keadaan menyala dengan posisi miring bahkan terbalik.

Kebiasaan tersebut haruslah dihilangkan karena berdampak buruk pada media penyimpanan laptop tersebut.

Sederhananya begini, laptop yang sedang menyala tentunya memiliki hardisk yang terus berputar untuk melakukan serangkaian tugas. Pemindahan yang tiba - tiba serta posisi yang dimiringkan, dibalik dan sebagainya tentunya itu sangat mempengaruhi kesehatan hardisk tersebut.

Guncangan yang terjadi saat pemindahan laptop akan berpengaruh dan dapat menimbulkan bad sector pada piringan hardisk bahkan data di hardisk dapat terhapus seluruhnya.

5. Jangan Sampai Kehabisan Baterai
Baterai adalah nyawa laptop, dengan baterai yang awet tentu kita akan semakin mudah melakukan pekerjaan tanpta tertunda - tunda.

Adapun Tips Merawat Baterai Laptop ada DI SINI

Baterai yang sering mengalami drop atau kehabisan baterai akan berpengaruh pada belajar online anak sekolah.

Siklus baterai isi ulang akan semakin menurun jika semakin banyak dikosongkan atau drop. Oleh karena itu biasakan untuk cas laptop sebelum baterai habis atau drop.


Nah itulah sedikit informasi yang mungkin suatu hari dapat bermanfaat bagi kita semua, Salam admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.


Post a Comment for "Hindari Kebiasaan Ini Agar Laptop Kesayangan Tetap Awet Seperti Baru"