5 Cara Mengatasi Bug MIUI 13 di Xiaomi Redmi Note 10 Series


TEKNOTenar.com - Sebelum kita masuk pada pembahasan mengenai cara mengatasi bug di MIUI 13 pada Xiaomi Redmi Note 10 Series, perlu diketahui bahwa admin juga merupakan pengguna Redmi Note 10S sejak pertama kali dirilis di Indonesia, oleh karenanya tutorial mengatasi bug di MIUI 13 ini adalah hasil percobaan dan pengalaman admin dan beberapa pengguna lain Xiaomi, mungkin beberapa ada yang berhasil dan ada juga yang tidak dikarenakan banyaknya tipe HP Xiaomi dengan perbedaan habbit penggunaan maupun kondisi software yang baru update ke MIUI 13 ini.

Setelah sobat membaca postingan admin mengenai Kumpulan Bug di MIUI 13 Redmi Note 10 Series beberapa waktu lalu, maka kali ini admin akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengatasi bug atau setidaknya mengurangi efek bug dari MIUI 13 di Redmi Note 10 Series ini.

Baca Juga : Kumpulan Bug di MIUI 13 Redmi Note 10 Series

Sebagai pengguna HP Xiaomi tentunya sobat sering merasakan apa yang namanya bug atau ketidaksempurnaan sebuah fitur karena software yang belum matang. Seperti yang kita ketahui, MIUI sebagai sistem operasi besutan Xiaomi ini hampir setiap kuartal selalu mengupdate software untuk perangkat lunak mereka, namun karena (mungkin) dikejar jadwal rilis seringkali update MIUI selain menghilangkan bug di versi sebelumnya juga kerap menambah bug baru yang sangat merugikan pengguna. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Kontak WhastApp Berubah Jadi Nomor Paling Mudah 

Nah berikut ini adalah beberapa cara atau trik mengatasi beberapa bug MIUI 13 khususnya di Xiaomi Redmi Note 10 series atau yang lebih lawas, artinya bug MIUI 13 ini kebanyakan muncul dari perangkat yang sebelumnya menggunakan MIUI versi 12, sementara perangkat yang berjalan di MIUI 13 sejak keluar kotak atau dari bawaan pabrik terasa masih aman = aman saja.


1. Aplikasi Sering Crash / Lag

Bug : MIUI 13 secara tampilan dan segi fitur memang terasa lebih bagus dan segar dibanding versi sebelumnya, update yang seharusnya memberikan tampilan baru harus pupus karena seringnya aplikasi - aplikasi mengalami crash atau lag ketika sedang digunakan. Beberapa aplikasi yang sering crash bahkan sampai keluar sendiri seperti Facebook, TikTok, YouTube, Instagram, Game Online Mobile Legends dan aplikasi sejenisnya yang terhubung ke internet dalam penggunaannya. 

Cara Mengatasi : Caranya yaitu dengan membersihkan cache yang menumpuk pada aplikasi yang crash tersebut, jika masih sering lag bisa juga dengan membersihkan data aplikasi tersebut. Pilih ikon aplikasi terkait dan tahan sampai keluar tiga menu, lalu pilih menu Info Aplikasi, scroll kebawah lalu pilih hapus data dan hapus cache. Perlu diketahui bahwa cache adalah log atau data sementara sedangkan data aplikasi meliputi informasi login yang mungkin penting, jadi gunakan secara bijak dan pastikan juga aplikasi dengan info login telah sobat backup sebelum memutuskan untuk menghapus data suatu aplikasi.

Baca Juga : Ini Kelebihan MIUI 13 yang Tidak disadari Pengguna


2. Performa Gaming Menurun

Bug : Siapa yang tidak suka game? hampir semua pengguna smartphone pasti mempunyai game favorit pada hp mereka. Namun apa jadinya jia sedang bermain game sering tiba - tiba game lag dan tidak bisa digerakan alias hang, serta sering kali suara game mendadak hilang setelah mengetikan sesuatu di keyboard atau sekedar mengintip menu notifikasi.

Cara Mengatasi : Caranya yaitu dengan mematikan Game Turbo dan mematikan fitur Virtual RAM, mungkin cara ini terdengar sangat aneh karena kedua fitur tersebut berfungsi menambah performa HP dalam mengolah grafis sehingga seharusnya bermain game jadi semakin mulus. Namun pada kenyataanya dengan mematikan Game Turbo versi 12 ini game MLBB dan PUBG terasa lebih stabil. Caranya dengan menghapus game dari daftar game turbo. Sedangkan untuk mematikan fitur VM sobat tinggal masuk ke pengaturan lalu cari Pengaturan Tambahan, pilih Penambah Memori lalu matikan fitur tersebut. Restart HP seperti yang diminta.

Baca Juga : Cara Menambah RAM di HP Android dengan Mudah

Baca Juga : Ini 7 Alasan Mengapa Harus Mulai Membuat Channel Youtube


3. Fitur Telepon dan WhatsApp sering putus - putus

Bug : Sejatinya fitur telepon adalah jantung dari sebuah alat komunikasi smartphone, namun apa jadinya setelah update ke MIUI 13 ini ketika melakukan atau menerima panggilan via telepon atau whatsapp / WA sering mengalami kendala suara putus - putus bahkan tidak terdengar di lawan bicara atau penerima, sedangkan suara lawan bicara kita masih terdengar jelas. Hal ini tentunya sangat mengganggu terutama bagi mereka yang menggunakan aplikasi WA untuk bekerja. 

Cara Mengatasi : Caranya yaitu dengan menggunakan perangkat tambahan seperti headset maupun TWS, hal ini mungkin terasa memberatkan dan menambah ribet karena harus membawa perangkat tambahan ketika keluar rumah, namun cara ini dirasa mampu mengatasi kualitas telepon WA yang putus-putus tadi. Hal ini mau tidak meu harus dilakukan karena sepertinya bug MIUI 13 yang satu ini berkaitan dengan penerimaan sinyal radio yang kurang optimal.


Baca Juga : Cara Mengatasi Tema Bawaan Xiaomi Hilang karena Google Play Protect


4. Aplikasi Telepon dan Kontak Hilang

Bug : Admin TEKNOTenar.com juga baru akhir - akhir ini mengalaminya sendiri yaitu ikon aplikasi telepon menghilang secara misterius setelah melakukan restart, tidak hanya itu aplikasi kontak bawaan Xiaomi juga mendadak tidak bisa dibuka dan muncul tulisan " Anda telah menonaktifkan izin yang diperlukan "

Baca Juga : Cara Cek Keaslian HP Xiaomi Secara Online

Cara Mengatasi : Caranya tidak cukup dengan melakukan clear cache maupun wipe data namun perlu sedikit pengaturan pada izin aplikasi. Pertama pilih aplikasi kontak tahan pada ikon sampai muncul tiga menu lalu pilih Info Aplikasi, lakukan hapus cache dan data seperti biasa lalu masih di menu yang sama masuk ke Peizinan Aplikasi lalu izinkan Log Panggilan. Setelah itu masuk kembali ke pengaturan lalu pilih aplikasi lalu kelola aplikasi, cari aplikasi dengan nama " Layanan Telepon " lakukan hapus cache dan data, cari kembali aplikasi dengan nama " Peluncur " lalu lakukan kembali penghapusan cache dan data seperti sebelumnya. Terakhir restart HP sobat. Setelah restart harusnya aplikasi telepon kembali muncul dan kontak kembali dapat digunakan.

Untuk Nomor 4 ini, admin mempunyai video khusus untuk sobat pengunjung TEKNOTenar.com, silakan simak lalu prekatekan cara mengatasi aplikasi telepon hilang di MIUI 13 ini :



Jika belum menemukan hasil yang diinginkan maka sobat juga bisa mendownload Google Contact di PlayStore, selain memiliki fitur yang sama juga terasa lebih simpel dan ringan saat digunakan.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 11 Pro


5. Fitur NFC dan Gyroscope yang sering tidak berfungsi

Bug : Fitur NFC pada sebuah smartphone jadi terasa sangat penting sejak diperkenalkan beberapa tahun silam, Redmi Note 10S juga telah memiliki fitur ini dan berfungsi dengan baik pada MIUI 12 namun mulai bermasalah ketika update ke MIUI 13 ini, begitupun fitur Gyro yang sangat digemari para player PUBG dan Game Battle Royale sejanis. Bagi yang belum tahu, Gyroscope dapat membantu player dalam melakukan kontrol karakter dan mengarahkan senjata secara lebih baik, namun belakangan ini dari beberapa pengguna Redmi Note 10S mengeluhkan fitur Gyro yang ngaco, jadi lamban bahkan kadang tidak berfungsi sama sekali ketika sedang diaktifkan.

Cara Mengatasi : Sebelum lanjut perlu digaris bawahi untuk mencoba kembali cara nomor 1 dan 2 dahulu, namun jikalau masih belum berfungsi maka perlu melakukan upgrade perangkat, artinya jual atau buang perangkat yang banyak Bug ini kemudian beli HP dengan spek sesuai kebutuhan, dalam hal ini Samsung Galaxy A52s agaknya menjadi pilihan yang sempurna. Awok3x..... maaf ya soba, di poin nomor 5 ini ternyata cuman bonus saja :)

Baca Juga : Sudah Turun Harga, Ini Spek dan Harga Samsung Galaxy S22 Ultra


Intinya apapun itu, pengguna xiaomi seluruh dunia sedang berharap adanya gerak cepat dari para developer xiaomi untuk segera memperbaiki bug di MIUI 13 ini agar kedepannya basis fans yang sudah terbentuk kuat khususnya di Indonesia tidak pindah ke brand biru.

Baca Juga Nich : 10 Alasan Memilih dan Jangan Memilih HP Xiaomi!

Namun ada juga spekulasi bahwa pihak Xiaomi sengaja menaruh bug  - bug tertentu di ponsel lawas mereka melalui update OTA agar pengguna beralih ke ponsel xiaomi dengan tipe yang lebih baru. Hmmm... Bisa jadi sih hehehe...

Nah, mungkin itulah tutorial kali ini yaitu bagaimana cara mengatasi bug MIUI 13 di perangkat Xiaomi Redmi Note 10 Series yang dapat admin bagikan. Jangan lupa kunjungi juga Channel YouTube TEKNOTenar untuk informasi bermanfaat lainnya. Smart Tekno, Smart People.


Post a Comment for "5 Cara Mengatasi Bug MIUI 13 di Xiaomi Redmi Note 10 Series"