4 Cara Efektif Menghemat Kuota Internet, Cukup Lakukan Hal Sederhana Ini di HP Anda !


Pemakaian kuota internet boros? Mungkin ini terdapat beberapa penyebab kuota internet menjadi cepat habis. Lu dapat mencegah masalah kuota internet yang cepat habis maka anda bisa menyimak beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah kuota internet yang cepat habis. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akses di Smartphone maka ini membuat kuota internet menjadi cepat habis. Semakin sering anda menggunakan sosial media serta download game ataupun streamline video dan musik dapat membuat penggunaan paket internet ini akan menjadi lebih boros. Jadi jika anda sekarang sedang dalam kondisi tersebut maka berikut ini beberapa cara untuk menghemat kuota internet atau paket data yang terbukti ampuh untuk dilakukan.

 

1. Mengatur batas penggunaan kuota internet

Cara yang bisa anda lakukan untuk hemat kuota internet yang pertama ialah dengan mengatur batas penggunaan kuota internet. Cara-cara yang merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk dapat menghemat kuota internet. Cara ini hanya anda bisa lakukan di HP dengan sistem android 5,0 lollipop yang terbaru. Caranya untuk mengecek pemakaian internet di menu setting selalu ke mobile network dan set data plan. Anda bisa mengatur berapa besar kuota yang ingin anda batasi dan hitungan batas penggunaan kuota internet bisa di dalam MB ataupun GB. Ketika penggunaan internet ini sudah telah mencapai batas limit smartphone ini akan memunculkan notifikasi secara otomatis.

 

2. Mematikan aplikasi yang sedang berjalan di background

cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menghemat kuota internet ialah dengan mematikan aplikasi yang sedang berjalan di background. Aplikasi yang sedang berjalan otomatis di latar belakang ini akan menjadi kuota internet tanpa Anda sadari. Pada beberapa aplikasi yang telah berjalan di background ini diantaranya ialah WhatsApp dan Facebook serta Instagram dan juga game. Bahkan pada setelah anda keluar dari aplikasi tersebut belum tentu koneksi data tersebut ini dimatikan oleh sistem operasi. Oleh karena itu hal ini bisa menyedot data menjadi lebih cepat. Untuk dapat mengatasi masalah ini anda bisa mematikan atau larang aplikasi untuk berjalan di latar belakang. Caranya Anda bisa masuk ke pengaturan lalu ke data usage. Setelah itu pilihlah aplikasi yang ingin anda batasi dan klik restrict  app background data. Akan tetapi cari satu ini aku membatasi fungsi aplikasi tersebut. Contohnya ialah notifikasi Instagram yang tidak bisa muncul secara otomatis ketika aplikasi dilarang berjalan di latar belakang.

Baca Juga : Kumpulan Bug MIUI 13 di Xiaomi Redmi Note 10 Series


3. Mematikan update otomatis di Google play store

Cara yang anda bisa lakukan untuk menghemat kuota internet yang selanjutnya ialah dengan mematikan update otomatis di Google play store. Ini merupakan salah satu penyebab utama kuota internet menjadi cepat habis ialah fitur update otomatis yang ada di aplikasi Google play store. Update aplikasi ini bisa sewaktu-waktu datang dan jika tidak diatur maka play store akan secara otomatis mendownload aplikasi tersebut. Anda bisa membayangkan jika anda mempunyai 5 aplikasi game di HP anda dengan ukuran masing-masing 1 GB dan semuanya di-update otomatis Google play store ini akan menyedot kuota anda menjadi sebesar 5 GB. Untuk dapat mengatasinya Anda bisa tinggal mematikan fitur update otomatis yang ada di Google play store.

 

4. Mengurangi penggunaan aplikasi yang menyedot kuota

Terdapat banyak aplikasi yang bisa menyedot kuota, yang contohnya ialah seperti Instagram dan juga Facebook dan aplikasi lainnya. Aplikasi yang berbasis streaming foto ataupun video dan audio ini lebih banyak menghabiskan paket internet. Apalagi jika anda streaming di settingan resolusi yang tinggi maka kuota internet yang disebut juga akan semakin tinggi. Internet ini bisa langsung habis dan untuk mengatasinya anda bisa menonton video di settingan resolusi yang lebih rendah ataupun Anda bisa mengatur agar video gambar gif tidak bisa diputar secara otomatis. Selain aplikasi yang berbasis streaming, aplikasi sporty game ini juga dapat menyedot banyak kuota. Terutama bagi anda yang suka bermain game multiplayer, di saat bermain aplikasi ini akan membutuhkan kuota internet yang banyak agar dapat terhubung dan stream ke player yang lain. Jadi waktu bersamaan aplikasi ini juga terus terhubung ke server melalui jaringan internet. Meskipun kota ini dikonsumsi tidak sebesar saat streaming akan tetapi kalau terus-terusan bermain game maka kuota internet anda bisa cepat habis.

Baca Juga : Kelebihan HP Jadul dibandingkan dengan Smartphone

Itulah dia beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat kuota internet. Semoga bermanfaat!!

 

Post a Comment for "4 Cara Efektif Menghemat Kuota Internet, Cukup Lakukan Hal Sederhana Ini di HP Anda !"