Ada yang Masih Pake ? Ternyata ini 5 Kelebihan Feature Phone dibanding Smartphone



TEKNOTenar.com - Siapa diantara sobat tekno yang masih pakai feature phone atau malah suka dengan jenis ponsel yang satu ini dibandingkan dengan smartphone. Nah disini admin akan bercerita sedikit mengenai feature phone dan apa sih kelebihannya dibandingkan smartphone saat ini.

Mungkin sobat pernah mendengar tentang feature phone ini atau malah kita sering menyebutnya dengan istilah ponsel jadul. Sebutan ponsel jadul pada feature phone tidak sepenuhnya benar, karena pada kenyataanya ponsel jenis ini masih diproduksi dan dipertahankan ciri khasnya hingga saat ini. Namun jika hanya sebagai istilah saja ya it's ok sih...


Seperti namanya yakni 'Feature Phone' atau ponsel fitur yakni ponsel dengan salahsatu fitur yang menonjol atau diunggulkan. Kebanyakan feature phone ini masih menggunakan sistem operasi symbian dan mempertahankan desain seperti pertama kali ponsel jenis ini ditemukan, seperti ukuran layar, keyboard fisik dan sebagainya. Maka dari itu sebagian orang menyebut feature phone ini dengan sebutan HP jadul alias HP jaman dulu.

Pada saat ponsel diperkenalkan, fitur utama dari ponsel tersebut ialah kemampuannya menelepon dan berkirim pesan. Namun seiring berkembangnya waktu maka disisipkanlah fitur - fitur pada ponsel ini seperti kemampuannya memutar musik, memutar video bahkan menggunakan kamera. Nah fitur - fitur dasar yang disisipkan dan diunggulkan inilah yang menjadikannya sebagai feature phone. Bahkan beberapa merek feature phone dilengkapi dengan antena yang memiliki kemampuan menangkan sinyal TV, sehingga aktivitas menonton siaran favoritpun semudah memutar video di ponsel.


Sebelum membahas tentang kelebihan feature phone ini ada baiknya kalau kita mengetahui dulu apa saja perbedaan yang mendasar antara feature phone dengan smartphone ini. Jika dilihat secara kasat mata baik dari segi fitur maupun desain jelas sangat terlihat perbedaannya. Adapun 2 berbedaan mendasar antara feature phone dibandingkan smartphone adalah dari segi desain dan fitur sebagai berikut.

Desain
Feature phone cenderung memiliki desain berjenis Bar, Candy dan ada juga yang dilipat. Namun pada umumnya feature phone terlihat lebih ramping, ringkas dan cenderung kecil dan ringan  dibandingkan dengan smartphone yang rata - rata memiliki body lebih bongsor dan lebih berat. Hal tersebut karena smartphone memiliki bentang layar 4 hingga 7 inch, sedangkan feature phone berkisar antara 2 hingga 3 inch saja. Baterai yang disematkan pada kedua ponselpun berbeda, smartphone ada yang memiliki baterai sampai 7000 mAh sedangkan feature phone hanya dikisaran 600 mAh sampai 1200 mAh saja.

Fitur
Seperti namanya, feature phone memiliki fitur - fitur yang terbatas seperti halnya menelepon, berkirim SMS, memutar musik dan melihat gambar. Beberapa feature phone saat ini sudah dilengkapi dengan koneksi internet sehingga memungkinkan mengakses Facebook, WhatsApp dan Twitter dengan fitur terbatas. Sedangkan smartphone hampir mampu melakukan semua hal karena dari segi fitur maupun dukungan aplikasi pihak ketiga yang memadai.


Setelah melihat perbedaan mendasar antara feature phone dengan smartphone maka disini admin menarik kesimpulan, dibalik segala kekurangan dari feature phone ini ternyata masih ada kelebihan - kelebihan yang tidak dimiliki oleh smartphone pada umumnya.

Adapun kelebihan hp jadul atau feature phone dibanding smartphone adalah sebagai berikut :

1. Daya Tahan Baterai
2. Harga Terjangkau
3. Build Quality
4. Kekuatan Jaringan
5. Nostalgia

Berikut ini penjelasannya,

1. Daya Tahan Baterai
Baterai merupakan satu - satunya sumber tenaga sebagai penggerak mesin sebuah smartphone maupun feature phone. Sobat mungkin sudah tahu, bahwa faktanya feature phone memiliki daya tahan baterai yang sangat kuat dan lama, bahkan dengan daya hanya 900 mAh saja sebuah feature phone mampu digunakan dan bertahan selama berhari - hari bahkan sampai hitungan minggu. Berbeda dengan baterai smartphone yang harus di cas minimal satu kali dalam sehari meskipun memiliki daya sampai 5000 mAh.

Hal tersebut sangat normal, karena teknologi yang digunakan berbeda dan jelas semakin banyak fitur yang dimiliki maka semakin boros juga dalam hal konsumsi daya, selain itu kualitas jaringan yang digunakan, besar layar serta fitur navigasi pada smartphone juga yang menyebabkan baterai smartphone cepat habis dibandingkan dengan feature phone.



2. Harga Terjangkau
Faktor harga sebenarnya adalah relatif, kata 'terjangkau' disini sebenarnya komulatif saja jika dibandingkan dengan harga sebuah smartphone. Smartphone dengan spesifikasi terendah sekalipun masih memiliki harga setidaknya dua sampai tiga kali lipat sebuah feature phone atau hp jadul ini.

Namun karena harganya yang murah, maka feature phone ini sering dijadikan HP cadangan yang selalu dibawa kemanapun terlebih jika memasuki kawasan yang susah sinya dan listrik tanpa takut kehilangan, toh murah juga. Mungkin.


3. Build Quality
Diakui atau tidak, build quality sebuah feature phone jelas mengungguli sebuah smartphone bahkan iPhone 13 Pro Max pun masih kalah dengan Nokia jadul jika terjatuh di lantai marmer tanpa case pelindung. Bahkan sebuah channel YouTube mempraktekan dengan jelas kekuatan antara feature phone dengan smartphone, dan hasilnya dimenangkan oleh feature phone.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena bobot sebuah smartphone lebih berat sehingga daya yang dihasilkan ketika jatuhpun akan lebih besar, selain itu permukaan layar yang luas memungkinkan tekanan kecilpun menjadikannya retak. Selain itu, banyaknya teknologi mikro yang dikandung pada sebuah smartphone membutuhkan lebih banyak perlindungan dibandingkan feature phone. Maka tidak heran smartphone labih cepat rusak dibandingkan HP jadul.


4. Kekuatan Jaringan
Mungkin hal ini terdengar absurd ya... Hal ini admin masukan pada kelebihan feature phone karena pengalaman admin dan beberapa sobat tekno yang lain.

Jaringan pada feature phone akan terasa lebih kuat dibandingkan dengan smartphone jika sobat memasuki wilayah terpencil seperti pegunungan dan hutan yang jauh dari jangkauan tower atau menara telepon.


Hal ini sebenarnya terjadi bukan karena kemampuan menangkap sinyak smartphone yang lemah, namun karena feature phone pada dasarnya menangkap sinyal EDGE atau 2G saja... sedangkan smartphone pada dasarnya didesain untuk menangkanp sinyal terkencang didaerah tersebut yakni bisa jadi 5G, 4G LTE, 3G baru kemudian 2G dan EDGE, oleh karenanya smartphone akan terus menerus memilih dan berpindah jaringan dengan random dan cepat sehingga pada konsisi ini smartphone terlihat tidak bisa menangkap jaringan sama sekali.


5. Nostalgia
Ya, kelebihan kelima dari feature phone ini adalah dari sisi perasaan yakni nostalgia...
Sebagian sobat mungkin pernah memiliki feature phone pada saat pertama kali diperkenalkan di Indonesia, fitur SMS minimalis yang dulu digunakan untuk menggoda mantan pacar bakal jadi kenangan indah jika dipakai juga pada saat ini.... awok3x.. (mantan pacar = istri/suami)

dan sebagainya, mungkin saja sisi nostalgia yang dirasakan berbeda - beda dari setiap pengguna feature phone ini..


Nah, itulah kelebihan feature phone dibandingkan smartphone yang dapat Admini bagikan...
Semoga membantu, salam Admin TEKNOTenar.com, Smart Tekno, Smart People.

Jangan lupa juga SEKEREIB YouTube TEKNOTenar untuk mendapatkan informasi seputar Gadget dan Tutorial.




Post a Comment for "Ada yang Masih Pake ? Ternyata ini 5 Kelebihan Feature Phone dibanding Smartphone"