Cara Mempercepat Android dengan Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan



TEKNOTenar.com - Android adalah sebuah sistem operasi mobile buatan Google yang sangat populer, kemunculannya sekaligus memulai era baru khususnya dalam bisnis smartphone. Smartphone berbasis android sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan modern saat ini. Smartphone berbasis android lebih banyak beredar di pasaran karena memiliki banyak varian merek serta rentang harga yang terjangkau. Hampir segala kegiatan dari mulai komunikasi seperti telepon, whatsapp, video call, kebutuhan multimedia seperti mendengarkan musik, nonton film, kegiatan belanja bahkan sekolah online pun menggunakan aplikasi – aplikasi berbasis android.

Baca Juga : Panduan Memilih Smartphone yang Cocok Sesuai dengan Pekerjaan

Namun adakalanya smartphone android kita tiba – tiba menjadi lemot alias melambat kinerjanya, hal tersebut bisa disebabkan karena banyak faktor terutama karena usia pemakaian dan segi perawatan. Membeli smartphone baru bisa menjadi pilihan, namun ternyata ada cara mempercepat android kita bahkan tanpa aplikasi tambahan. Caranya adalah sebagai berikut ini.


1. Update Sistem Operasi

Bagi pengguna android tentu tidak asing lagi dengan istilah ‘Update Sistem Operasi’ ini, yap ... ini adalah cara pertama agar android tidak lemot. Memperbaharui sistem operasi memungkinkan android kita memperoleh software terbaru yang tentunya lebih baik dari pendahulunya, juga memungkinkan semakin kompatibel dengan aplikasi – aplikasi yang ada saat ini. Update Sistem Operasi biasanya terdapat pada menu Setelan – Tentang Ponsel – Pembaruan Software, atau bisa sediki berbeda tergantung merk smartphone maupun versi androidnya.

 

2. Hapus Aplikasi Tidak Penting atau Jarang digunakan

Sebagai smartphone berbasis android, tentu saja banyak sekali aplikasi – aplikasi keren dan berguna di PlayStore yang dapat kita unduh dan instal, namun kita juga perlu menyadari akan kapasitas penyimpanan, besaran RAM serta Chipset yang digunakan pada smartphone kita. Karena faktanya semakin banyak aplikasi yang terinstal akan semakin memperberat kinerja android itu sendiri. Jadi menghapus aplikasi yang jarang digunakan adalah pilihan bijak agar android kita semakin cepat.

 

3. Hapus Folder Sampah dan Cache Aplikasi

Setelah kita menghapus atau meng-uninstal sebuah aplikasi, seringkali meninggalkan folder sampah dan juga cache aplikasi tersebut, biasanya folder sampah tersebut bisa berupa file OBB ataupun folder lain yang harus kita hapus manual. Folder tersebut biasanya terletak pada folder DCIM ataupun Folder Android, cari folder yang mengandung nama aplikasi ataupun nama publishernya lalu hapus secara manual. Sementara untuk cache aplikasi biasanya terdapat aplikasi bawaan yang secara otomatis mendeteksi cache, maka kita tinggal membersihkannya saja.

 

4. Matikan Fitur yang sedang tidak digunakan

Smartphone android terbaru biasanya memiliki segudang fitur keren yang sangat bermanfaat seperti fitur Lokasi, Bluetooth, NFC, Refresh Rate Layar 120 Hz, dan sebagainya. Namun ada baiknya kita mematikan fitur tersebut juga memang tidak sedang digunakan, tujuannya selain untuk menghemat baterai juga memungkinkan sistem android berjalan lebih lancar.

 

5. Restart dan Matikan Smartphone

Untuk menjaga kinerja smartphone, memperpanjang masa pakai dan juga mencegah baterai kembung, ada baiknya kita sesekali harus merestart bahkan mematikan smartphone. Hal ini tentu saja agar performa smartphone kita tetap lancar.

 

6. Reset Data Pabrik

Mereset berarti menghapus seluruh data baik itu aplikasi maupun file media seperti gambar, audio maupun video yang terdapat pada memori smartphone. Gunanya adalah untuk melegakan penyimpanan dan menyegarkan sistem android. Reset Data Pabrik bisa kita gunakan jika kelima cara diatas tidak mempan untuk mempercepat kinerja smartphone kita.

 

7. Upgrade

Jika keenam cara diatas sudah tidak mempan maka cara ketujuh yaitu dengan meng-upgrade perangkat smartphone kita alias menggantinya dengan yang baru awok3x ... hal ini bisa dilakukan karena kemungkinan smartphone kita sudah sangat lawas sehingga tidak mendapat lagi update software dan tidak dapat lagi menampung aplikasi terbaru yang ukurannya semakin besar.

 

Nah, itulah cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat android dengan mudah tanpa aplikasi tambahan. Kita sebaiknya jangan mudah menginstal aplikasi – aplikasi pembersih sampah selain aplikasi bawaan, karena ada kalanya aplikasi – aplikasi pihak ketiga tersebut justru akan memperlambat kinerja smartphone kita karena banyak menampilkan iklan. Kalaupun ingin menginstal aplikasi pembersih sampah, usahakan kita paham cara memakainya dan pilih yang tidak mengandung iklan seperti greenfy dan SD Maid Pro.

Semoga Bermanfaat dan Salam Smart Tekno, Smart People.


Post a Comment for "Cara Mempercepat Android dengan Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan"