Cara Memperkecil Ukuran Video, Hasil Tetap Tajam tanpa Mengurangi Resolusi

Halo Sahabat Tekno, yang semakin hari makin Tenar, selamat datang di TEKNOTenar.com ...

Tutorial kali ini akan sangat berguna bagi kamu yang tidak memiliki media penyimpanan berkapasitas besar tapi suka mengoleksi video, baik itu video kenang – kenangan, video iseng hingga video JAV, awok3 ....

Intinya bagi kamu yang sering berhubungan dengan video seperti Content Creator YouTube maupun TikTok, video dengan ukuran besar terkadang menjadi kendala saat ingin melakukan editing maupun sekedar disimpan di perangkat pintar, terlebih bagi Content Creator yang mengandalkan Smartphone baik itu untuk Shooting, Editing dan Media Penyimpanan.

Selain kendala tersebut, video berukuran besar juga akan sangat menguras bandwith atau kuota internet saat proses meng-uploadnya ke akun media sosialmu.

Baca Juga : Cara Mempercepat Android dengan Mudah tanpa Aplikasi Tambahan

Nah, pada kali ini TEKNOTenar akan memberitahukan sebuah aplikasi android yang sangat powerfull dalam urusan kompres video tanpa mengurangi kualitasnya, dan tentu saja aplikasi ini gratis ...


Nama aplikasi tersebut adalah “Panda Video Compressor : Movie & Video Resizer”, bisa langsung di download di PlayStore maupun AppStore.

Caranya adalah sebagai berikut :

Pertama, silakan cari dan instal aplikasinya di smartphone via PlayStore maupun AppStore, setelah terinstal langsung saja buka aplikasi Panda Video Compressor tersebut.

 


Kedua, setelah terbuka maka akan tampak video – video yang terdapat pada memori smartphone kita lengkap dengan ukuran video tersebut. Pada langkah ini kita langsung saja memilih video mana yang akan kita kompres atau kita kecilkan ukurannya dengan cara memilihnya salahsatu ataupun bisa beberapa video sekaligus.


Ketiga, setelah video dipilih lanjut dengan memilih resolusi yang kita inginkan pada hasil akhir videonya nanti, disini perlu diperhatikan bahwa semakin kecil resolusi video yang kita pilih maka akan semakin kecil pula ukuran hasil kompresnya nanti. Namun karena kita tidak ingin mengurangi kualitas resolusi video maka kita samakan saja resolusinya dengan video aslinya.

 


Keempat, setelah menentukan resolusi video langkah selanjutnya adalah kita memilih “kompres” yang terdapat pada bagian bawah aplikasi dan secara otomatis aplikasi Panda Video Compressor akan bekerja dan mengompress video kita menjadi ukuran yang lebih kecil.

 

Kelima, setelah proses kompres selesai maka persen akan mencapai 100% dan setelah itu kita bisa memilih menu simpan yang terdapat pada bagian pojok kanan bawah aplikasi.



Keenam, selesai.

Biasanya video hasil kompresi akan disimpan pada Internal memori di folder Movies lalu VideoPanda. Disini bisa kita lihat video asli berukuran 248 MB bisa di kompres sampai dengan 17 MB saja di resolusi terkecil, walaupun resolusinya sama ukuran video pasti akan jauh lebih kecil dari aslinya sehingga akan menghemat media penyimpanan serta kuota internet mu.... Bagaimana? menarik bukan? yuks dicoba ...

Untuk lebih jelasnya, silakan simak video berikut ini  ... 



Nah itulah cara memperkecil video tanpa mengurangi kualitas atau resolusi video itu sendiri. Trik ini akan sangat berguna jika memerlukan file video yang kecil untuk dikirim melalui email ataupun messenger.

Semoga bermanfaat dan Salam Smart Tekno, Smart People

Sampai jumpa lagi.

 


Post a Comment for "Cara Memperkecil Ukuran Video, Hasil Tetap Tajam tanpa Mengurangi Resolusi"