Cara Cepat Membuat Blog dengan Benar, Mudah dan Gratis di Blogspot


TEKNOTenar.com - Hello lagi sobat TEKNO, yang semakin hari semakin Tenar. Pada kali ini TEKNOTenar.com akan membuat tutorial mengenai bagaimana cara membuat blog dengan benar, mudah dan tentu saja gratis.

Blog merupakan sebuah website yang berisi berbagai konten seperti artikel, foto, video maupun audio yang dibuat dan dibagikan oleh seorang atau beberapa orang penulis melalui sebuah akun blog kepada pengunjung atau pengguna internet. Penulis blog sendiri biasa disebut sebagai blogger atau penulis blog. Sementara blogging adalah kegiatan mengunjungi sebuah blog.

Blog biasanya dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan suatu produk, jasa dan juga sekedar berbagi informasiatau berita yang selalu diperbaharui secara rutin dan terus menerus. Namun selain itu, blog juga bisa menghasilkan uang melalui iklan adsense yang muncul bila blog sudah monetisasi.

Oleh karenanya jika sobat ingin menjadi seorang blogger yang dapat menhasilkan uang dari situs blognya, maka cara pertama yaitu harus memiliki sebuah akun blog. Situs penyedia blog sangat banyak, seperti yang terkenal saat ini adalah Blogger dan WordPress.

Pada tutorial dibawah ini kita akan sama – sama membuat sebuah blog di situs blogger, tanpa berlama – lama mari kita mulai tutorialnya.

Pertama, syarat utama untuk membuat blog di situs blogger adalah sobat harus mempunyai akun google (@gmail.com), karena blogger itu sendiri merupakan suatu produk google.

Kedua, silakan kunjungi atau klik tautan berikut ini : https://www.blogger.com menggunakan browser google chrome, maka sobat akan dibawa ke halaman utama situs blogger milik google tersebut. Setelah halaman terbuka maka langsung saja kita klik “Create Your Blog”


Ketiga, setelah sobat meng-klik “Create Your Blog” maka sobat akan diarahkan agar sobat login terlebih dahulu ke akun google milikmu.


Keempat, setelah masuk ke akun google maka langkah selanjutnya adalah membuat nama untuk situs blogmu, buatlah nama seunik dan semenarik mungkin namun usahakan tetap sesuai dengan niche blog yang sobat pilih. Setelah itu klik menu “Berikutnya” dibagian bawah.


Kelima, tentukan URL atau alamat untuk blog sobat. Alamat yang bagus biasanya pendek dan mudah di ingat, maka buatlah alamat sesuai dengan nama blog atau peruntukan blog sobat. Alamat blog atau website apapun di seluruh dunia tidak akan ada yang sama. URL pada blogger milik google ini berakhiran (.blogspot), kita bisa merubahkan menjadi
(.com, .id, .xyz, dll.) di menu custom domain yang akan kita bahas pada postingan lain. Setelah itu klik menu “Berikutnya” dibagian bawah.


Keenam, selanjutnya menentukan nama yang akan ditampilkan di halaman utama atau beranda blog kita, saran saya gunakan saja nama yang sama persis seperti nama yang sobat buat di langkah keempat tadi. Selanjutnya pilih menu “Selesai” dibagian bawah dan sampai disini akun blog sobat sudah selesai dibuat dan siap untuk diisi konten baik itu artikel, gambar, video maupun audio.


Ketujuh, setelah itu kita akan disuguhkan kedalam dasboard blogger atau blogspot, terdapat beberapa menu yang sobat bisa pelajari sendiri nantinya. Pada langkah ini kita langsung saja membuat sebuah postingan perdana dengan men-klik menu “Postingan Baru”


Kedelapan, saatnya membuat postingan pertama blogmu. Buatlah postingan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Buatlah judul postingan dengan kalimat yang menarik, sementara jumlah kata yang ideal pada isi postingan minimal 500 kata per postingan dan semakin banyak semakin bagus. Setelah dirasa cukup, maka saatnya sobat mempostingnya agar bisa dibaca oleh pengunjung blog sobat,  klik menu “Publikasikan”.


Kesembilan, kita akan melihat daftar artikel yang sudah kita buat dan publikasikan, karena kita tadi baru membuat satu artikel maka yang muncul baru satu artikel. Untuk melihat hasil blog sobat, pada bagian kiri bawah terdapat menu “Lihat Blog” klik menu tersebut dan sobat akan dibawa ke blog sobat.


Kesepuluh, maka sobat akan melihat tampilan beranda atau tampilan awal blog sobat dengan artikel yang baru saja sobat buat.


Sampai saat ini sobat sudah berhasil membuat blog dan memposting sebuah artikel, maka langkah selanjutnya adalah rajin memposting artikel – artikel berkualitas dan mempromosikan blog kita agar banyak pengunjung. Dengan banyaknya pengunjung maka sobat berkesempatan untuk memonetisasi blog sobat dan mulai mendapatkan uang.

Baca Juga : Cara Mengetahui Letak Album Arsip Gambar di Blog

Nah itulah sedikit cara tentang bagaimana membuat blog dengan mudah, semoga bermanfaat dan Salam Smart Tekno, Smart People..

Post a Comment for "Cara Cepat Membuat Blog dengan Benar, Mudah dan Gratis di Blogspot"