Cara Memilih Smartphone yang Cocok sesuai Pekerjaanmu



TEKNOTenar.com - Hampir semua jenis pekerjaan saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone, baik itu memang menggunakan aplikasi dari perusahaan atau hanya sekedar berkomunikasi menggunakan Whatsapp. Memilih smartphone untuk kebutuhan bekerja bukanlah hal yang sederhana, kita wajib mengetahui kebutuhan serta fitur apa saja yang kita butuhkan dari sebuah smartphone yang nantinya akan memudahkan kita dalam bekerja.

Adapun hal – hal yang perlu diperhatikan dalam memilih smartphone untuk bekerja menurut teknotenar.com adalah sebagai berikut.

 

1. Kapasitas Penyimpanan

Pilihlah smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan memadai jika pekerjaan kita berhubungan dengan file – file besar yang perlu dikirim cepat, baik itu melalui email maupun aplikasi messeger lain. Kapasitas penyimpanan juga sangat penting bagi jenis pekerjaan yang berhubungan dengan fotography dan videography, yaitu pekerjaan yang menuntut kita untuk membuat video ataupun mengambil foto – foto saat kerja dilapangan. Kapasitas penyimpanan standar di tahun 2022 misalnya adalah minimal sebesar 128 GB untuk ROM dan sekitar 6 GB untuk RAM.

 

2. Kapasitas Baterai

Pilihlah smartphone dengan kapasitas baterai besar jika pekerjaan kita lebih sering berada dilapangan dan memerlukan fitur GPS, karena fitur GPS ini merupakan fitur berbasis satelit yang sangat menguras daya baterai jika terus menerus digunakan. Kapasitas baterai standar di tahun 2022 untuk pekerjaan OJOL atau Ojek Online misalnya adalah minimal sebesar 5.000 mAH dan itupun terkadang harus dibarengi dengan Power Bank untuk dapat digunakan seharian.

 

3. Kamera Bagus

Fitur kamera di smartphone dewasa ini semakin lengkap dan keren, tentu saja hal ini dimanfaatkan para Content Creator yang sering membuat Vlog ataupun sekedar foto – foto yang dimaksudkan untuk diupload ke media sosial. Oleh karenanya smartphone dengan fitur kamera bagus sangat penting dipilih jika kita sering membuat Vlog ataupun berfoto dengan tujuan kualitas video atau foto itu sendiri, jadi bukan sekedar foto untuk keperluan dokumentasi pekerjaan saja.

 

4. Chipset

Chipset merupakan otak dari sebuah smartphone, semakin bagus sebuah chipset semakin gahar performa dan semakin mahal pula harga sebuah smartphone. Pilihlah jenis smartphone dengan chipset bagus jika kita adalah seorang Content Creator Gaming ataupun yang sering melakukan editing video pada sebuah smartphone. Smartphone jenis ini juga cocok untuk pekerjaan multitasking dalam menggunakan aplikasi seperti seorang admin Online Shop ataupun seorang Digital Marketing.

 

5. Ukuran Layar

Untuk anak – anak yang menggunakan smartphone untuk sekolah online (daring) bisa memilih smartphone dengan layar luas agar memudahkan dalam mengikuti pelajaran secara online. Ukuran layar yang luas juga memungkinkan anak – anak tidak mudah bosan dan mengantuk dikarenakan melihat tulisan yang terlalu kecil. Smartphone yang cocok untuk sekolah daring biasanya berupa tablet sederhana, walaupun dengan kapasitas penyimpanan 16 GB untuk ROM dan 2 GB untuk RAM asalkan internet lancar sudah cukup mumpuni digunakan untuk sekolah online.

 

Nah, demikianlah salahsatu cara memilih smartphone yang cocok untuk pekerjaanmu. Dalam hal memilih smartphone kita memang bebas memilih asalkan nyaman saat kita gunakan dan yang terpenting sesuai budget. Pilihlah smartphone sesuai kebutuhan kita, bukan sesuai keinginan. Semoga bermanfaat dan Salam Smart Tekno, Smart People.

Post a Comment for "Cara Memilih Smartphone yang Cocok sesuai Pekerjaanmu"