Dulu Sempat Ditolak Investor, Inilah Sejarah dan Versi Android dari Masa ke Masa



TEKNOTenar.com - Hari ini siapa yang tidak kenal Android, sebagian orang mungkin akan berfikir tentang smartphone atau ponsel cerdas ketika mendengar kata Android. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena Android memang sebuah sistem operasi yang banyak digunakan pada perangkat smartphone atau ponsel cerdas. Namun selain itu Android juga digunakan pada perangkat lain seperti Smart Watch, Tablet dan peralatan lain yang menggunakan koneksi internet atau bluetooth termasuk barang - barang elektronik yang biasanya tersinkronisasi dengan sistem rumah cerdas atau Smart Home.


Sistem operasi atau OS (Operatis System) Android pada awalnya merupakan sebuah proyek yang diciptakan oleh Andy Rubin bersama beberapa orang temannya pada tahun 2004 silam melalui perusahaan yang bernama Android Inc. dimana kelompok Andy ini adalah pencetus awal, pendiri sekaligus pemilik dari perusahaan yang terletak di California tersebut. Adapun beberapa teman Andy Rubin yang berkontribusi sejak awal adalah Rich Miner, Chris White dan Nick Sears.

Pada saat itu, demi mewujudkan proyek Android ini Tim Andy Rubin mencari dan menemui beberapa calon investor untuk mencari dana, namun apa boleh dikata para investor yang mereka temui menolak mentah - mentah gagasan Rubin. Hal ini mungkin karena saat itu calon investor melihat proyek tersebut hanya dikerjakan oleh beberapa orang saja dan belum melihat adanya potensi perkembangan. Menurut beberapa sumber, Samsung sebagai perusahaan elektronik terbesar saat itu juga ternyata termasuk perusahaan yang pernah menolak sistem operasi Android. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut justru menolak dan meremehkan gagasan Rubin dan timnya saat itu. 

Namun teknologi selalu menemukan jalan untuk berkembang, hanya berselang beberapa minggu saja sejak penolakan Android oleh Samsung, Android resmi diakusisi oleh perusahaan IT raksasa yaitu Google LLC. pada 17 Agustus 2005 dengan nilai fantastis yaitu $50.000.000 (Lima Puluh Juta Dollar) Amerika Serikat. Sebuah pencapaian terbesar Android Inc sekaligus awal yang bagus untuk cikal Teknologi Sistem Operasi Mobile terbesar saat ini. Google kemudian melakukan riset secara menyeluruh selama 3 tahun sebelum merilis Android versi 1.0 pada tahun 2008 bersama brand HTC.

Jika melihat kegunaan serta kemudahan yang dihadirkan oleh sistem operasi Android saat ini, maka tidak heran jika Android sangat terkenal bahkan penggunaannya untuk ponsel cerdas berhasil menduduki nomor satu di seluruh dunia, disusul kemudian oleh sistem operasi iOS besutan Apple pada posisi kedua. Kita lihat saja, hampir semua brand smartphone menggunakan sistem operasi yang satu ini, walaupun masing - masing merk memang mempunyai modifikasi UI (User Interface) maupun fitur sebagai ciri khas mereka, namun basisnya tetaplah sistem Android murni yang dimodifikasi.

Nah, setelah kita mengetahui sejarah singkat Android maka disini TEKNOTenar.com telah merangkum versi - versi Android dari awal perilisan hingga yang terbaru saat ini, dan inilah vesi - versi Android dari masa ke masa.


1. Android 1.0 (Astro)
Google merilis Android Astro pada 23 September 2008 dan merupakan versi Android dengan tujuan komersil pertama di dunia. Android Astro dikenal juga dengan sebutan Android Alpha dan digunakan pertama kali pada ponsel HTC Dream.


2. Android 1.1 (Bender)
Selanjutnya Google merilis Android versi 1.1 ini pada 9 Februari 2009 silam. Android Bender dikenal juga sebagai Android Beta dan membawa pembaharuan dari versi sebelumnya, salahsatunya adalah dirilisnya Google PlayStore yang saat itu masih bernama Android Market.


3. Android 1.5 (CupCake)
Selang beberapa bulan Google kembali meluncurkan versi Android 1.5 dengan nama Cupcake, versi ini memperkenalkan fitur On Screen Keyboard untuk pertama kalinya. Dengan demikian inilah cikal bakal ponsel dengan layar besar tanpa keyboard fisik.


4. Android 1.6 (Donut)
Selanjutnya Google memperkenalkan Android  versi 1.6 dengan dukungan teknologi CDMA/EVDO, 802.1 x, VPNs pada ponsel cerdas. Android Donut ini rilis tepatnya pada 15 September 2009 silam.


5. Android 2.1 (Eclair)
Selang beberapa minggu saja Google kembali merilis Android versi 2.0 dengan memperkenalkan sistem peta konvensional pada aplikasi Google Maps, kemudian menyempurnakannya di versi 2.1 pada 26 Oktober 2009 silam dengan perbaikan pada fitur navigasinya.


6. Android 2.2 (Froyo)
Mungkin ada yang belum tahu kalau Froyo merupakan singkatan dari Frozen Yoghurt. Android versi 2.2 ini diperkenalkan pada 20 Mei 2010 dan pada rilis kali ini Google melakukan perbaikan - perbaikan bug serta penyempurnaan pada sistem Android sebelumnya.


7. Android 2.3 (GingerBread)
Rilis pada 6 Desember 2010 silam, Google melakukan beberapa pembaharuan pada sistem Android 2.3 ini, mulai dari perbaikan aplikasi hingga peningkatan performa.


8. Android 3.0 (HoneyComb)
Google memperkenalkan Android versi 3.0 ini pada 22 Februari 2011. Android HoneyComb merupakan Android pertama yang dapat digunakan pada perangkat Tablet, google menyempurnakannya pada rilisan versi 3.1 beberapa minggu setelahnya.


9. Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Google merilis Android versi 4.0 pada 19 Oktober 2011 dan menambahkan fitur - fitur yang hanya ada pada Tablet ke perangkat Ponsel dan menyempurnakannya.


10. Android 4.1 (Jelly Bean)
Jelly Bean merupakan versi Android pertama yang mendukung voice assistant atau asisten suara melalui aplikasi Google Now, saat itu perintah suara pada ponsel cerdas merupakan sebuah terobosan besar dan terasa sangat keren jika digunakan. Google juga menambahkan beberapa fitur seperti DayDream dan Photo Sphere pada update selanjutnya yaitu versi 4.2 dan kemudian menyempurnakannya pada versi 4.3 di tahun 2012 silam.


11. Android 4.4 (KitKat)
Android KitKat dikenal juga sebagai Android Key Lime Pie, Google merilisnya pertama kali pada 31 Oktober 2013 dengan membawa banyak pembaharuan serta fitur yang belum ada pada versi sebelumnya. Dengan banyaknya fitur yang dibawa, Android KitKAt 4.4 ini hanya dapat berjalan mulus pada ponsel dengan minilam RAM sebesar 512 MB atau lebih tinggi.


12. Android 5.0 (Lolipop)
Selanjutnya Google merilis Android 5.0 atau Lolipop pada 12 Noverber 2014. Android Lolipop ini memperkenalkan desain User Interface baru yang lebih clean serta responsive dari versi sebelumnya sehingga efeknya terasa pada baterai yang lebih hemat daya.


13. Android 6.0 (Marshmallow)
Fitur FingerPrint atau sensor sidik jari diperkenalkan pertama kali melalui Android Marshmallow pada 5 Oktober 2015. Bersama itu pula Android membawa beberapa fitur canggih seperti Search Bar, Penghemat Baterai, Pengoptimalan Memori dan sebagainya.



14. Android 7.0 (Nougat)
Rilis pada 23 Agustus 2016, Android Nougat membawa banyak perubahan besar pada sistem Android, salah satunya adalah fitur multi-windows dan tambahan sebanyak 63 emoji baru yang fresh, berguna dan juga lucu.


15. Android 8.0 (Oreo)
Pada versi 8.0 ini Android mengalami perbaikan dibanyak aspek, mulai dari bentuk ikon, peningkatan performa, pengoptimalan multitasking dan sebagainya. Namun yang lebih terasa adalah adanya perubahan pada fitur multitasking dan susunan sistem UI yang lebih simpel, rapi dan menarik. Google merilisnya pada 21 Agustus 2017 silam dan Android Oreo ini merupakan salah satu versi yang ditunggu - tunggu oleh Android user.


16. Android 9.0 (Pie)
Pada 6 Agustus 2018 Google kebali memperkenalkan Android 9.0 Pie dengan membawa segudang fitur baru, salah satunya adalah fitur smart replay, digital wellbeing dan adaptive battery yang disempurnakan.


17. Android 10 (Android Q)
Android 10 diperkenalkan pada 3 September 2019 dengan membawa fitur navigasi terbaru yang dapat dilakukan lewat layar utama, pengelola izin aplikasi dan izin akses media penyimpanan yang membuat android 10 ini disinyalir lebih aman dari versi sebelumnya karena hanya pengguna yang dapat memberi izin suatu aplikasi untuk mengakses media penyimpanan seperti gambar, suara dan file - file lain.

Sayangnya Android 10 tidak memiliki nama lain seperti pendahulunya yang identik dengan makanan manis. Selain karena berawalan Q, Android juga tidak berasal dari Indonesia. Coba kalau Android diciptakan oleh admin TEKNOTenar.com pasti namanya kalau tidak Qerufuk Manis ya Qolak Fisang, Awok3x....



18. Android 11 (Red Velvet)
Android 11 dikenal dengan sebutan Red Velvet. Android versi ini membawa fitur - fitur baru yang lebih lengkap dari versi sebelumnya, sebut saja seperti kontrol izin yang disempurnakan, fitur chat bubble, kontrol notifikasi, perekaman layar dan sebagainya. Google merilis Android 11 pada tanggal 8 September 2020 silam, berselang setahun setelah perilisan Android Qolak Fisang.


19. Android 12 (Snow Cone)
Android 12 resmi diluncurkan Google pada 4 Oktober 2021 silam, meskipun kabar tentang Android 12 ini sudah terdengar sejak bulan Februari 2021. Android 12 membawa fitur baru yang ciamik dan useful sekali, terutama saat sekarang ini. Contoh fitur yang dibawa Android Snow Cone adalah kemudahan berbagi WiFi melalui Scanning dan Tathering, Mengambil Screen Shoot panjang, Zoom Area, Support Gambar AVIF, Mode Satu Tangan dan banyak  fitur lain yang sangat berguna.


20. Android 12L (Tiramisu)
Android 12L ini pada awalnya direncanakan meluncur pada awal tahun 2022 ini, dan menyasar pada perangkat smartphone lipat atau yang berlayar besar, Tablet maupun perangkat Chrome Book.

Versi ini kemungkinan rilis resmi pada September 2022 atau kita tunggu saja kapan Android 12L ini diperkenalkan Google ke publik.


Android versi terbaru biasanya hadir pada perangkat keluaran terbaru, sedangkan pada perangkat lama biasanya update akan stuck atau berhenti pada versi - versi tertentu tergantung pada developer dari masing - masing brand smartphone. Hal ini terjadi karena Android versi baru juga harus menyesuaikan kemampuan dari perangkat Android tersebut, baik itu dari sisi RAM, Media Penyimpanan maupun Chipset yang dipakai.

Oleh karenanya kalau ingin selalu dapat update Android versi baru maka usahakan gunakan perangkat Android terbaru, kalau perangkat tidak support lagi update secara OTA maupun offline maka tinggal pergi saja ke konter lalu jual HP lama atau tukar tambah dengan HP baru... Awok3x...

Kalau belum memiliki modal, silakan baca ini dulu ya..


Namun admin sarankan untuk tetap bersyukur dengan hp atau gadget yang kita miliki saat ini, karena diluar sana bahkan banyak orang yang mendambakan kehdupan dan apa pun yang kita miliki, gunakan gadget sesuai kebutuhan dan kemampuan.


Nah itulah sejarah singkat Android serta versi - versinya dari awal hingga yang terbaru saat ini. Untuk diketahui bahwa artikel ini akan selalu update menyesuaikan dan menambah versi Android terbaru yang sudah dan akan rilis berikutnya.

Jangan lupa kunjungi juga YouTube TEKNOTenar untuk informasi seputar Gadget dan Tutorial bermanfaat lainnya, semoga membantu. Salam admin TEKNOTenar.com, Smart Tekno, Smart People.

Post a Comment for "Dulu Sempat Ditolak Investor, Inilah Sejarah dan Versi Android dari Masa ke Masa"