Sehari Langsung Cair, Syarat Pengajuan KUR BRI Terbaru Tahun 2022!

 



TEKNOTenar.com – Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan sebuah Program Pemerintah melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) berupa pinjaman modal usaha atau kredit yang bertujuan untuk membantu permodalan usaha kecil hingga menengah, dengan adanya program Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat.

KUR BRI menjamin kemudahan serta transparansi dalam penyalurannya. Kemudahan dalam pengajuan dana KUR ini juga selain dirasakan oleh para pelaku usaha juga dirasakan oleh kalangan masyarakat seperti buruh dan petani lokal.

Tahun 2022 ini, pemerintah melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) menganggarkan dana senilai 373 Triliun guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan pinjaman modal usaha ini, besaran tersebut naik dari tahun 2021 yang senilai 285 Triliun. Pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) sendiri menyiapkan strategi lanjutan untuk menjangkau lebih banyak pelaku usaha di masyarakat khususnya pelaku UMKM dan kebutuhan modal Pertanian / Perkebunan.

Syarat pengajuan dana KUR di tahun 2022 ini sangatlah mudah, admin TEKNOTenar sendiri sempat berbincang dengan salah satu manager BRI cabang Muara Bungo sekaligus mengurus pendanaan KUR ini beberapa hari lalu. Adapun syarat – syaratnya antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Foto Copy KTP Suami Isteri (2 Lembar)
  2. Foto Copy Kartu Keluarga (1 Lembar)
  3. Foto Copy Surat Nikah (1 Lembar)
  4. Pass Foto Suami Isteri 3x4 (1 Lembar)
  5. Surat Keterangan Usaha dari Kades atau Lurah
  6. Map Plastik Tulang

Setelah mengetahui persyaratan pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di atas, langkah selanjutnya adalah pengajuan ke Bank Rakyat Indonesia (BRI) terdekat. Jika Anda berminat, langkah – langkah pengajuannya adalah sebagai berikut :

 

Siapkan dan Lengkapi Berkas

Anda bisa dengan mudah menyiapkan berkas persyaratan pengajuan Kradit Usaha Rakyat (KUR) ini dengan hanya pergi tempat Foto Copy lalu ke balai desa untuk membuat Surat Keterangan Usaha (SKU)

 

Pergi ke BRI terdekat

Langkah selanjutnya setelah berkas lengkap, langsung saja bawa berkas tersebut ke Bank Rakyat Indonesia (BRI) terdekat. Jangan lupa rapikan dan masukan semua berkas kedalam map tulang berwarna biru atau kuning, setelah itu ambil nomor antrian dan tunggu sampai dipanggil oleh Costumer Service (CS).

 

Jawab Pertanyaan CS dengan Jujur

Setelah nama anda dipanggil dan dihadapkan dengan Costumer Service (CS) biasanya ada beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan, baik itu seputar identitas diri, keadaan ekonomi, perihal jaminan, hingga status pinjaman di pihak ketiga. Ada baiknya Anda untuk menjawab semua pertanyaan tersebut dengan jujur, karena diketahui atau tidak dengan hanya memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kita ke sistem Bank, mereka akan tahu riwayat pinjaman hingga apapun yang berhubungan dengan keuangan kita di pihak ketiga. Sehingga jika Anda ada maksud untuk tidak jujur, pihak Bank justeru akan mulai ragu dan kehilangan kepercayaan terhadap Anda.

 

Melakukan Survey Lapangan

Pada tahap ini biasanya Petugas Bank bagian lapangan akan langsung turun dan mengunjungi tempat kediaman Anda, mereka akan mengecek kebenaran informasi yang Anda berikan mengenai alamat tempat tinggal, keadaan rumah hingga tempat usaha. Petuga Bank pun akan meminta Anda untuk mendampinginya mengunjungi kebun atau tempat bertani Anda. Petugas Bank juga akan memastikan Jaminan seperti BPKB, Surat Berharga (Segel atau Sertifikat) benar – benar milik Anda. Pada beberapa kasus, tanpa diketahui oleh Anda, Petugas Lapangan biasanya diam – diam akan bertanya kepada tetangga sekita rumah demi memvalidasi informasi yang anda berikan.

 

BI Checking

Setelah survey lapangan, bagian kantor atau admin biasanya akan mengecek berkas – berkas Anda secara lebih lanjut atau apa yang sering kita dengar sebagai BI Checking atau menggali informasi mengenai status keuangan Anda dengan pihak ketiga seperti besaran pinjaman serta kelancaran cicilan sebelumnya. Semua data orang yang pernah melakukan transaksi keuangan seperti pinjaman online atau semacamnya akan terdeteksi karena Nomor Induk Kependudukan (NIK) sudah terekam pada sebuah Sistem Layanan Informasi Keuangan.

 

Tunggu Panggilan / Petugas Datang

Setelah semua tahapan selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah menunggu panggilan untuk pencairan. Mereka akan menghubungi lewat telepon atau akan datang secara langsung kerumah Anda sekaligus menjelaskan beberapa hal sebagai syarat pencairan dana. Pada tahap ini biasanya Petugas akan meminta Surat Jaminan seperti BPKB, Sertifikat atau Segel Tanah / Bangunan (tergantung apa yang Anda jaminkan) dan beberapa lembar Materai sebagai syarat terakhir untuk pencairan dana. Pada tahap ini juga Petugas Bank biasanya akan menjelaskan perihal angsuran serta konsekuensi jika menunggak dan lain sebagainya. Pada tahap ini biasanya Petugas Bank akan sekaligus menyampaikan diterima atau ditolaknya pengajuan Anda untuk dana KUR ini.

 

Pencairan

Ini merupakan tahapan yang ditunggu – tunggu, setelah semua tahapan diatas dilalui dengan lancar langkah selanjutnya adalah pencairan dana. Pencairan biasanya dilakukan setalah mendapat konfirmasi sebelumnya. Pencairan KUR ini dapat dilakukan jika semua bahan lengkap, lolos survey lapangan serta BI Checking. Selamat, Anda akan diberikan sebuah buku tabungan lengkap dengan kartu ATM berisi uang pinjaman anda.

 

Bagaimana Sobat, mudah sekali bukan syarat pengajuan KUR BRI 2022 ini? Admin TEKNOTenar sendiri sudah membuktikannya, terlebih diawal tahun 2022 ini Bank Rakyat Indonesia sedang gencar – gencarnya menyalurkan dana KUR ini. Mereka harus bersaing ekstra keras baik itu dari kualitas pelayanan, kemudahan persyaratan hingga sosialisasi kepada masyarakat karena Koperasi – Koperasi Mandiri kian banyak bermunculan dengan segala kemudahan yang mereka tawarkan.

 

Nah, itulah sedikit syarat serta langkah – langkah pengajuan KUR BRI 2022 yang Admin TEKNOTenar sendiri alami. Kurang lebih dua hari sejak datang ke BANK, dana KUR yang Admin TEKNOTenar ajukanpun langsung cair.

Yuks, segera ajukan pinjaman modal Anda dan kembangkan usaha Anda bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Semoga kita selalu diberikan kemudahan urusan serta kesehatan badan. Salam Admin, Smart Tekno, Smart People.

 

 

Post a Comment for "Sehari Langsung Cair, Syarat Pengajuan KUR BRI Terbaru Tahun 2022!"