Perbandingan Lengkap Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10 Series

TEKNOTenar.com – Siapa yang tidak kenal dengan brand HP Xiaomi, HP asal Negeri Tirai Bambu yang sejak pertama kemunculannya sudah dianggap sebagai perusak harga pasar HP.

Bagaimana tidak, sebut saja Redmi 1S yang merupakan seri Redmi pertama yang masuk ke Indonesia. Spesifikasi yang ditawarkan Redmi 1S pada tahun 2014 silam termasuk menggemparkan sekaligus menggembirakan, karena spesifikasi yang dibawanya jauh melebihi pesaingnya di rentang harga 1 jutaan saat itu. Sebut saja dari desain yang fresh, UI yang clean dan nyaman, Chipset Snapdragon Seri 400 dan layarnya sudah terlapisi kaca anti pecah Corning Gorilla Glass.

Setiap tahun Xiaomi terus menghadirkan HP yang berkualitas baik itu dari seri Redmi, redmi Note, Xiaomi Mi, Mi Note maupun yang terbaru saat ini yaitu seri POCO. Xiaomi tidak pernah meninggalkan ciri khasnya sejak pertama mendarat di Indonesia, yaitu menghadirkan HP yang berspesifikasi di atas pesaing – pesaingnya di rentang harga yang sama.

Harga terjangkau dengan spesifikasi epic membuat produk Xiaomi selalu diburu oleh Mi Fans pada saat Flash Sale nya. Ya, Xiaomi pada awal kemunculannya selalu menjual produk mereka secara online, sehingga bagi sebagian orang sangat susah didapatkan dan terkesan ghoib karena menjadi barang langka dan cepat sekali kehabisan stok. Seorang Youtuber Gadget terkenal yaitu David GadgetIn bahkan sempat berburu Xiaomi Redmi Note 7 sampai ke Gudang dan Pabrik pembuatannya, sungguh antusiasme yang luar biasa.

Seri Redmi yang terkenal sulit dicari pada masanya yaitu Redmi 7 dan Redmi Note 7, sedangkan seri Redmi terbaik pada masanya yaitu Redmi Note 8 yang sangat populer bahkan sampai tahun 2020 dimana Redmi seri 9 sudah beredar.

Akhir tahun 2021 hingga awal 2022 ini seri Redmi terbaik menurut TEKNOTenar adalah seri Redmi Note 10 Series yang terdiri dari Redmi Note 10, Redmi Note 10S dan Redmi Note 10 Pro. Adapun perbedaan dari ketiga varian Xiaomi Redmi Note 10 series adalah seperti yang terdapat pada tabel berikut :


Jika kita perhatikan, seri Redmi Note 10 rilis di Indonesia hampir bersamaan yakni hanya berselang satu bulan saja, Redmi Note 10 rilis pada 4 Maret 2021 disusul versi Pro pada 24 Maret 2021, tak berselang lama kemudian seri Redmi Note 10S hadir bersamaan dengan versi 5G nya yakni pada 28 April 2021 yang semakin melengkapi seri Redmi Note 10.

Dimensi serta desain ke-empat HP Redmi 10 series hampir mirip, begitu juga dengan tampilannya baik depan maupun belakang, hanya terdapat beberapa perbedaan terutama di bagian kamera belakang meskipun tidak begitu mencolok.

Desain keren ditambah layar bagus memang menjadi impian setiap pengguna smartphone atau HP, sama halnya para Mi Fans yang sempat dibuat galau karena varian 4G seperti Redmi Note 10, Redmi Note 10S dan Redmi Note 10 Pro sudah menggunakan panel Super AMOLED sementara Redmi Note 10 5G masih berpanel IPS LCD. Pilih yang 4G Super AMOLED atau 5G tapi masih IPS? Kalau admin TEKNOTenar sendiri lebih memilih yang varian 4G tapi Super AMOLED hehehe... karena berbagai alasan, salah satunya karena admin lebih mementingkan tampilan serta kualitas gambar dan sementara ini jaringan 5G di Indonesia masih belum dapat dinikmati secara luas.

Masih berkaitan dengan desain, layar Redmi Note 10, Redmi Note 10S dan Redmi Note 10 5G memiliki refresh rate 90 Hz dan dilapisi Corning Gorilla Glass sementara backcover dan framenya masing – masing masih menggunakan plastik policarbonat, sedangkan untuk varian Redmi Note 10 Pro sudah dilapisi dengan kaca Corning Gorilla Glass versi 5 pada bagian depan maupun belakang, dan layarnyapun sudah mendukung refresh rate sampai dengan 120 Hz.

Beralih ke segi performa, diatas kertas Redmi Note 10 Pro jelas terlihat paling baik dengan Snapdragon 732G (8 nm) dipadukan dengan pengolah grafis Adreno 618, pasti akan sangat lancar digunakan seharian dengan penuh multitasking aplikasi, namun dari segi pengalaman gaming TEKNOTenar berani menyatakan bahwa Mediatek Helio G96 pada Redmi Note 10S berani diadu tanding.

Kemudian varian Redmi Note 10 dengan Snapdragon 678 (11 nm) masih sangat lancar digunakan untuk dijadikan daily driver atau sekedar bersosial media meskipun masih kalah jika dibandingkan dengan versi Pro nya. Namun dari segi keawetan baterai Redmi Note 10 5G dengan Mediatek Dimensity 700 (7 nm) jelas memegang juaranya. Seri Dimensity 700 ini selain terkenal sebagai chipset powerfull yang hemat daya juga merupakan salahsatu Chipset yang mendukung performa jaringan 5G di Indonesia.

Beralih ke sektor kamera, Redmi Note 10 versi biasa memiliki setup quad kamera belakang 48.8.2.2 MP dengan kamera selfie sebesar 13 MP. Redmi Note 10S memiliki setup quad kamera belakang 64.8.2.2 MP dengan kamera selfie sama – sama sebesar 13 MP sedangakn untuk varian Redmi Note 10 Pro sudah mengusung setup quad kamera belakang sebesar 108.8.5.2 MP dan kamera selfie sebesar 16 MP. Sementara untuk varian Redmi Note 10 5G hanya dibekali dengan kamera belakang ber­-setup triple kamera 48.2.2 dan kamera selfie sebesar 8 MP saja.

HP dengan desain keren dan kamera yang mumpuni tidak akan berguna tanpa penyimpanan yang memadai, namun kabar baiknya semua varian Redmi Note 10 sudah dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan (ROM) sampai dengan 128 GB sehingga bisa lebih lega dan leluasa untuk menginstal banyak aplikasi favorit dan menyimpan lebih banyak foto maupun video momen – momen penting hehehe ...

Sementara untuk kapasitas RAM sendiri bisa sobat lihat saja pada tabel diatas, bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita, misalnya jika kita lebih condong ke kegiatan multitasking dan juga gaming maka pilihlah RAM dengan kapasitas terbesar agar lebih smooth saat berpindah aplikasi maupun saat bermain game.

Terakhir mengenai kapasitas baterai, kabar bagus sekali karena semua varian Redmi Note 10 sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan pengisian cepat bernama Mi Turbo Fast Charge 33 Watt, kecuali untuk varian Redmi Note 10 5G yang hanya sampai 18 Watt saja.

Namun sekali lagi semua pilihan ada pada tangan Anda, tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget yang kita miliki. Segera kunjungi Xiaomi Official Store di Shopee, Tokopedia ataupun marketplace kesayangan Anda sebelum kehabisan.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan ini ya ...

Salam admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.

 

 

Post a Comment for "Perbandingan Lengkap Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10 Series"