5 Smartphone 5G Terbaik dan Termurah di Awal Tahun 2022

 


TEKNOTenar.com – Tak bisa dipungkiri bahwa seiring berjalannya waktu teknologi smartphone berkembang semakin canggih, baik dari segi software maupun hardware yang jelas berpengaruh besar terhadap performa smartphone, sektor kamera pada sebuah smartphone juga menjadi perhatian para produsen, mereka berlomba – lomba membuat kamera smartphone yang bisa menangkap foto maupun merekam video dengan sempurna, terlebih ketika demam selfie atau memotret diri sendiri yang sempat booming pada saat itu.

Perkembangan teknologi smartphone tentu diimbangi dengan perkembangan teknologi jaringannya. Perkembangan teknologi jaringan untuk sebuah ponsel termasuk sangat cepat, dahulu tentu kita masih ingat awal – awal  dapat mengakses internet menggunakan sebuah ponsel, kita harus mengatur jaringan menggunakan kode dial secara manual sesuai operator hanya agar dapat terhubung ke jaringan GPRS, kemudian tak lama kemudian muncul teknologi H+ atau HSPA dan disusul lagi oleh kemunculan jaringan 3G yang fenomenal pada saat itu. Setelah itu, jaringan 3G mengalami peningkatan menjadi 3.5G dan disempurnakan menjadi 4G melalui penemuan seorang jenius asal Indonesia bernama Prof. Dr. Khoirul Anwar. Beliaulah yang menemukan sekaligus memiliki paten atas teknologi jaringan 4G ini.

Pada tahun 2020 lahirlah sebuah teknologi jaringan generasi kelima yaitu jaringan 5G. Meskipun pada saat itu jaringan 5G belum dapat dinikmati di Indonesia. Jaringan 5G sendiri merupakan evolusi dari jaringan 4G yang serta merta menawarkan kecepatan akses data serta kestabilan jaringan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan 4G. Indonesia sendiri mulai memasuki era jaringan 5G pada tahun 2021 melalui provider Telkomsel dan menggunakan beberapa smartphone flagship yang harganya relatif mahal.

Barulah pada tahun 2022 ini jaringan 5G mulai tenar di Indonesia meskipun belum merata dan hanya terdapat di beberapa wilayah atau kota saja. Adapun kota – kota yang sudah bisa menikmati jaringan 5G antara lain adalah Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikpapan, Makassar, Surakarta, Medan, Denpasar dan Surabaya melalui provider XL Axiata dan disusul oleh Indosat Ooredoo.

Selain jumlah kota yang dapat frekuensi 5G semakin bertambah, ketenaran jaringan 5G di Indonesia sendiri tak lepas dari semakin banyaknya bermunculan smartphone berteknologi 5G dengan harga terjangkau. Inilah 5 smartphone 5G termurah dan terbaik versi TEKNOTenar yang berhasil admin rangkum.

 

1. Xiaomi Redmi Note 10 5G

Brand bertema Orange Xiaomi tampaknya tak pernah ketinggalan trend terkini, termasuk trend smartphone 5G saat ini. Xiaomi menghadirkan smartphone dari seri Redmi yaitu Redmi Note 10 5G yang ditenagai dengan chipset besutan mediatek yakni Dimensity 700, chipset berteknologi 7 nm yang sudah mendukung 5G. Redmi Note 10 5G varian tertinggi memiliki kapasitas RAM 8 GB dengan ROM 128 GB. Selain itu Xiaomi tak lupa membenamkan baterai jumbo berkapasitas 5000 mAh berteknologi fast charging 33 Watt pada body ramping Redmi Note 10 5G ini.

Kapasitas penyimpanan lega dipadukan dengan chipset hemat daya dan baterai tahan lama menjadikan Redmi Note 10 5G sebuah perpaduan yang hampir sempurna, namun sayangnya layar yang diusung masih berjenis IPS LCD meskipun sudah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 3. Untuk lebih jelas mengenai spesifikasi dari Redmi Note 10 series ini baca : Perbandingan Spesifikasi Redmi Note 10 Series

Harga termurah di toko online untuk Xiaomi Redmi Note 10 5G adalah Rp. 2.749.000,-


2. Poco M3 Pro 5G

Bisa dibilang bahwa Poco M3 Pro 5G ini merupakan saudara kembar dari Redmi Note 10 5G. Bagaimana tidak, chipset yang diusung sama – sama menggunakan Mediatek Dimensity 700 berteknologi 7 nm, bentang layar sama seluas 6.5 inch refresh rate 90 Hz, kapasitas penyimpanan juga mencapai 128 GB dan baterai sama berkapasitas 5000 mAh.

Perbedaan yang paling mencolok antara Xiaomi Redmi Note 10 5G dengan Poco M3 Pro 5G ini adalah pada bagian desain dan fitur fast charging yang mentok di 18 Watt saja. Namun meskipun demikian hal tersebut adalah wajar mengingat harga dari Poco M3 Pro 5G ini selisih sekitar 200 ribu lebih murah dari saudara kembarnya.

Harga termurah di toko online untuk Poco M3 Pro 5G adalah Rp. 2.541.000,-


3. Samsung Galaxy A22 5G

Sebagai sebuah brand besar berwarna biru, Samsung juga tampaknya tidak mau kalah dalam meramaikan fenomena 5G khususnya di Indonesia, samsung akhir – akhir ini mulai berbaik hati dengan menghadirkan smartphone – smartphone entry level yang berkualitas dengan harga yang relatif lebih murah dari biasanya brand samsung, entah karena tidak ingin tersaingi atau mereka mulai sadar bahwa konsumen di Indonesia ini lebih banyak yang mementingkan spesifikasi serta fungsi dari sebuah smartphone dibandingkan dengan merek atau nama besar Samsung.

Samsung Galaxy A22 hadir dalam dua varian yakni Samsung Galaxy A22 4G dan Samsung Galaxy A22 5G, keduanya sama – sama menggunakan layar seluas 6.6 inch bertype Super AMOLED dengan refresh rate 90 Hz. Kapasitas RAM serta ROM yang digunakan pun sama yaitu 6/128 GB dengan dukungan slot microSD hingga 1 TB. Kedua Samsung Galaxy seri A22 sama - sama memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh dengan teknologi fast charging 15 Watt.

Adapun yang membedakan adalah dari segi chipset yang digunakan, pada varian 5G menggunakan chipset besutan Mediatek yaitu Dimensity 700 sedangkan pada varian 4G menggunakan chipset Mediatek Helio G80. Perbedaan yang paling mencolok lainnya adalah terdapat pada kamera, yaitu terdapatnya fitur OIS pada varian 4G yang tidak dapat ditemui pada varian 5G.

Harga termurah di toko online untuk Samsung Galaxy A22 5G adalah Rp. 2.899.000,-


4. OPPO A74 5G

Brand dengan warna khas hijau asal negeri tirai bambu ini sejak dulu terkenal dengan kualitas kameranya yang ciamik, bisa membuat si penggunanya merasa bangga karena foto mereka mendadak cantik dan tampan awok3x...

OPPO A74 5G merupakan smartphone 5G seri termurah dari brand OPPO, memiliki bentang layar seluas 6,43 inci beresolusi full HD+ 2400 x 1080 pixel. Layar smartphone ini juga sudah dibekali dengan refresh rate 90Hz untuk sensitivitas yang lebih baik. Ditenagai dengan chipset besutan Snapdragon yakni Snapdragon 480 5G yang hemat daya, dipadukan dengan baterai jumbo 5000 mAh menjadikan OPPO A74 5G ini bisa lebih lama menemani aktivitasmu di luar ruangan. Memiliki kapasitas penyimpanan sampai 128 GB menjadikannya lebih lega dalam memuat foto maupun video hasil jepretan kameranya yang beresolusi 48.8.2.2 MP untuk kamera belakang dan 16 MP untuk kamera selfie.

Adapun harga termurah untuk OPPO A74 5G di OPPO Store adalah Rp. 3.699.000


5. Realme 8 5G

Realme 8 5G adalah smartphone 5G termurah dari brand Realme. Sub Brand dari OPPO ini merupakan penghasil smartphone – smartphone yang ditujukan untuk kawula muda dengan semangat membara. Realme 8 5G hadir membawa teknologi 5G yang memastikan kawula muda untuk dapat berinteraksi dengan dunianya secara lebih cepat dan stabil.

Realme 8 5G cocok digunakan sebagai daily driver atau hanya sekedar menikmati hiburan dan bersosial media. Realme 8 5G dibekali tiga buah kamera beresolusi 48.2.2 MP untuk kamera belakang dan 16 MP untuk kamera depan dan memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 8/128 GB sehingga cocok untuk kawula muda pemula belajar membuat konten seperti Youtube dan TikTok.

Realme 8 5G ditenagai dengan chipset hemat daya besutan Mediatek yaitu Dimensity 700 dan berpadu dengan baterai 5000 mAh menjadikannya bakalan tahan dipakai seharian dalam kapasitas normal, apalagi baterai tersebut sudah dilengkapi teknologi fast charging sebesar 18 Watt.

Harga Realme 8 5G di toko online masih berkisar di angka 3.199.000 ,-

 

Nah itulah 5 smartphone 5G termurah dan terbaik di awal tahun 2022 versi TEKNOTenar, semoga jaringan 5G di Indonesia segera merata dalam menjangkau lebih banyak wilayah dan kotamu adalah salah satunya, sehingga akan sangat berguna jika sobat tekno berniat membeli salahsatu smartphone di atas.


Salam Smart Tekno, Smart People.

 

Post a Comment for "5 Smartphone 5G Terbaik dan Termurah di Awal Tahun 2022"