Cara Mudah Mengatasi Fingerprint Telah Berhenti atau Tidak Merespon di HP Samsung


TEKNOTenar.com – Bagaimana cara mengatasi FingerPrint di HP Samsung Galaxy A11 telah berhenti atau tidak merespon dengan mudah dan cepat tanpa reset HP? disini TEKNOTenar akan memberikan tipsnya. Namun sebelum ke topiknya, ada baiknya kita simak dulu intro berikut ini hehehe...

Smartphone merupakan suatu perangkat mobile yang saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar penduduk dunia, hal ini karena hampir seluruh kegiatan masyarakat tidak lepas dari smartphone dan fitur – fitur yang dimilikinya.

Smartphone bersistem operasi android merupakan jenis perangkat yang paling banyak digunakan diseluruh dunia dibanding dengan perangkat iOS maupun Symbian, hal ini karena android sendiri merupakan sebuah sistem operasi berbasis linux yang memungkinkan setiap vendor smartphone memodifikasi sistem operasi android untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan kompabilitas hardware perangkat ciptaan mereka.

Smartphone atau HP android terus mengalami perkembangan baik itu dari segi fitur - fitur maupun kualitas bahan yang digunakan. Selain itu, harga yang semakin terjangkau juga menjadi nilai tambah bagi konsumen untuk memilih HP android sebagai alat komunikasi dan perangkat mobile mereka.

Berbagai vendor besar HP android sebut saja Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme dan sebagainya berlomba – lomba menghadirkan berbagai fitur menarik di HP mereka dengan harga bersaing. Beberapa fitur wajib dari sebuah HP android sekarang ini adalah adanya NFC dan juga FingerPrint Scanner atau Pemindai Sidik Jari. Kurang lengkap rasanya jika sebuah HP android keluaran sekarang tidak memiliki kedua teknologi tersebut.

Teknologi NFC atau Near Field Comunication merupakan sebuah teknologi baru di HP android yang memungkinkan perangkat berbagi informasi melalui induksi elektromagnetik berkecepatan tinggi dengan hanya mendekatkan perangkat dengan kartu bank seperti BRIZZI atau kartu apapun yang memiliki teknologi serupa untuk melakukan top up atau hanya sekedar cek saldo.

FingerPrint sendiri merupakan sebuah teknologi sistem keamanan yang saat ini wajib dibenamkan dalam sebuah smartphone atau HP android selain Face Unlock yang mengandalkan citra atau gambar wajah dari pemilik perangkat. Teknologi FingerPrint atau Pemindai Sidik Jari ini mengalami perkembangan yang sangat luar biasa, karena kecepatan un-lock nya mampu mencapai 0,5 detik bahkan bisa lebih cepat.

FingerPrint biasanya terletak pada bagian belakang perangkat android. Namun ada juga yang menanamkannya pada bagian samping (side FingerPrint) dan yang terbaru ada dibagian bawah layar (under display FingerPrint).

Namun secanggih apapun sebuah teknologi FingerPrint pasti adakalanya mengalami suatu kendala, contohnya adalah FingerPrint pada HP Samsung Galaxy A11 yang admin TEKNOTenar pakai saat ini. Pada awalnya FingerPrint pada HP Samsung Galaxy A11 berfungsi dengan normal, namun memasuki usia satu tahun FingerPrint mulai bermasalah yaitu FingerPrint berhenti bekerja dan seringkali tidak merespon. Cara mengatasi FingerPrint di HP Samsung Galaxy A11 telah berhenti atau tidak merespon dengan mudah dan cepat tanpa reset HP adalah sebagai berikut :


Restart atau nyalakan ulang HP Anda

Cara pertama untuk mengatasi masalah Fingerprint Telah Berhenti atau Tidak Merespon adalah dengan merestart atau menyalakan ulang HP. Merestart HP akan menyelesaikan beberapa masalah seperti pada banyak kasus eror, lag, termasuk FingerPrint telah berhenti atau tidak merespon. Hal ini dapat mereset cache FingerPrint sehingga FingerPrint dapat digunakan kembali dengan normal. Namun cara ini tingkat keberhasilannya kecil, seringkali FingerPrint yang sudah berjalan normal kembali bermasalah saat suhu perangkat mulai naik karena lama digunakan.


Hapus Data FingerPrint

Cara kedua untuk mengatasi masalah Fingerprint Telah Berhenti atau Tidak Merespon adalah dengan menghapus data FingerPrint. Jika dengan merestart atau menyalakan ulang HP tidak menyelesaikan masalah maka Anda harus menghapus data FingerPrint secara manual.

Cara menghapus data FingerPrint di HP Samsung Galaxy A11 adalah pilih Pengaturan -> Biometrik dan Keamanan -> Sidik Jari -> Sidik Jari 1 (atau sesuai nama) -> hapus. Setelah terhapus, maka tambahkan sidik jari lagi seperti saat pertama kali Anda membuatnya. Cara ini telah diuji oleh admin TEKNOTenar sendiri pada perangkat Samsung Galaxy A11 dan hasilnya FingerPrint kembali berjalan dengan normal meskipun suhu perangkat meningkat karena lama digunakan.


Factory Reset

Cara ketiga untuk mengatasi masalah Fingerprint Telah Berhenti atau Tidak Merespon yaitu dengan melakukan factory reset. Cara yang satu ini sudah pasti berhasil asalkan tidak ada masalah pada hardware FingerPrint itu sendiri. Factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik akan menghapus seluruh cache dan data aplikasi pihak ketiga dan menyegarkan kembali sistem bawaan android sehingga siap dengan data baru. Adapun cara untuk mereset Samsung Galaxy A11 adalah sebagai berikut, masuk ke pengaturan -> Manajemen Umum -> Reset -> Reset Data Pabrik -> OK. Pastikan Anda sudah membackup atau mengemankan data dahulu ke komputer atau media lain sebelum melakukan tindakan ini.


Ganti Komponen FingerPrint

Cara ke-empat untuk mengatasi masalah Fingerprint Telah Berhenti atau Tidak Merespon adalah dengan melakukan penggantian hardware atau komponen FingerPrint. Jika dengan Factory Reset tidak menyelesaikan masalah alias FingerPrint tetap tidak dapat digunakan, maka bisa dipastikan bahwa komponen atau hardware FingerPrint nya yang rusak atau bermasalah. Caranya adalah dengan mengganti komponen FingerPrint ini dengan komponen baru.

Cara mengganti komponen FingerPrint ini cukup mudah, pada Samsung Galaxy A11 misalnya tinggal membuka bagian belakang (backcover) HP kemudian lepaskan dengan hati – hati flexibel FingerPrint dan angkat komponen FingerPrint tersebut lalu segera ganti dengan komponen FingerPrint baru.

Anda bisa membeli komponen FingerPrint ini di marketplace online seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Tinggal ketikan saja di kolom pencarian misalnya “FingerPrint Samsung Galaxy A11”, lalu akan muncul berbagai pilihan dengan harga terbaik. Namun jika dirasa tidak memungkinkan untuk menggantinya sendiri, maka lebih baik bawa saja ke service centre atau konter HP.

 

Bawa ke Konter HP

Cara terakhir dan sekaligus yang paling mujarab sedunia adalah dengan membawanya ke konter HP. Jika semua cara diatas sudah dilakukan dan tetap saja bermasalah, maka cara selanjutnya adalah dengan membawanya ke konter HP. Iya, jual saja HP nya dan beli HP baru dengan fitur FingerPrint. Awok3 ... maaf hanya bercanda ...


Nah, itulah sedikit informasi sekaligus pengalaman admin TEKNOTenar.com untuk mengatasi masalah Fingerprint Telah Berhenti atau Tidak Merespon. Cara – cara diatas dapat dipraktekan tidak hanya pada HP Samsung Galaxy a11 saja, namun bisa untuk semua HP dengan menu pengaturan disesuaikan dengan merek HP masing – masing.

Intinya apapun masalah atau eror yang terjadi pada smartphone atau HP android Anda, jangan buru – buru untuk membawanya ke tempat service apalagi konter HP. Cobalah untuk memperbaikinya sendiri. Cari cara di blog atau youtube lalu praktekan, maka selain mendapatkan ilmu baru maka Anda akan merasakan sensasi kepuasan sendiri karena telah berhasil memperbaiki si HP kesayangan.

Tetap bersyukur dengan apa yang kita miliki, jangan selalu melihat keatas karena banyak orang diluar sana yang menginginkan posisi kita. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog ini.

Salam admin TEKNOTenar. Smart Tekno, Smart People.

Post a Comment for "Cara Mudah Mengatasi Fingerprint Telah Berhenti atau Tidak Merespon di HP Samsung"