Cara Membuat Vlog dengan HP Agar Hasilnya Bagus


Pada postingan kali ini admin akan berbicara mengenai cara atau tips untuk membuat vlog dengen menggunakan HP agar hasilnya bagus bahkan setara DSLR.

Saat ini hampir semua kegiatan seru dapat kita abadikan dengan menggunakan HP, kegiatan mengambil video tersebut sering kita sebut dengan Vlog atau Video Blog.

Nge-Vlog sangat menyenangkan apalagi dilakukan bersama teman - teman atau keluarga tercinta. Untuk membuat vlog memang diperlukan kamera yang bagus agar hasilnya juga bagus, namun bagi kita yang belum mempunyai kamera maka kita bisa memanfaatkan kamera pada HP sebagai alat utamanya.
Membuat vlog dengan menggunakan HP juga bisa menghasilkan video bagus dan berkualitas jika dilakukan secara benar. Nah, berikut ini adalah tips atau cara membuat vlog dengan HP agar hasilnya bagus.


Ambil Video Secara Horizontal

Video yang diambil dengan mode landscape atau horizontal sangat bagus terutama untuk diupload di YouTube, tampilan akan menjadi full screen dan selalu menarik ditonton. Pengambilan video secara landscape juga bertujuan untuk membuat video lebih mudah diedit diaplikasi edit video sehingga video akan lebih keren, lebih indah dan menarik.


Pada beberapa kasus, pengambilan video vlog dalam bentuk vertikal juga memang diperlukan, terutama jika tujuannya untuk diupload ke TikTok, Instagram, Faceboo Fans Page dan sosial media lain yang menyediakan mode pengeditan dalam aplikasi serta menuntut kecepatan dalam membuat konten. Namun untuk vlog di Youtube sendiri admin sarankan untuk memilih mode landscape (kecuali YT Short pada mode Portrait).


Gunakan Microfon Tambahan

Audio merupakan komponen terpenting selain gambar pada sebuah video. Untuk mendapatkan suara yang bening dan bersih, sebaiknya menggunakan microfon tambahan yang bisa dikoneksikan dengan hp atau smartphone.


Saat ini banyak sekali microfon murah berkualitas dijual di marketplace yang bisa digunakan untuk mereka audio dengan lebih jelas dan bersih. Namun jika memang belum memiliki microfon dan kebetulan memiliki dua hp atau smartphone, maka gunakan saja keduanya. Satu untuk mengambil gambar dan satu lagi untuk merekam audio atau suara.


Untuk menggunakan hp atau smartphone sebagai perekam audio, letakkan satu smartphone di depan untuk merekam gambar, dan gunakan ponsel lain yang lebih dekat ke sumber suara kita untuk merekam suara. Hal ini diperlukan karena rata - rata jika langsung merekamnya saat mengambil video dengan hanya satu smartphone saja maka hasilnya akan lebih banyak noise dan kurang jelas.
Untuk hasil terbaik, gunakan aplikasi perekam suara seperti ASR, Lexis Audio Editor dan lain-lain. Setelah prosesnya selesai, gabungkan audio dan video tadi menjadi satu dengan aplikasi video editing.



Pakai Tripod dan Stabilizer

Jika ingin mengambil video tepat di wajah dan mendapatkan hasil yang baik, beli dan gunakanlah tripod. Untuk hp atau smartphone, tripod yang diperlukan cukup membeli yang kecil saja, lebih praktis dan harganya pun sangat terjangkau. Dengan menggunakan tripod, video yang direkam tidak akan bergoyang sehingga hasilnya lebih stabil dan bagus.

Jika vlognya dalam keadaan bergerak, maka stabilizer lebih baik dipilih dibanding tripod. Stabilizer memang memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan tripod, namun hasilnya akan lebih maksimal lagi terlebih jika vlog yang akan kita buat lebih banyak bergerak seperti berjalan, berlari atau berperahu.


Jangan Menggunakan Fitur Zoom

Fitur Zoom memang sangat membantu dalam mengambil video untuk objek dengan jarak jauh, namun menggunakan fitur zoom akan membuat video tampak buram dan tentu saja kualitasnya lebih rendah. Daripada menggunakan fitur zoom, lebih baik mendekatkan smartphone dengan objek yang akan diambil gambarnya.


Gunakan Lampu atau Cahaya Alami

Jika vlog dilakukan diluar ruangan, cahaya alami akan sangat bagus untuk hasil video dibandingakan dengan memakai pencahayaan buatan seperti lampu. Pemakaian lampu lightning diperlukan jika pencahayaan kurang seperti saat merekam vlog didalam ruangan.

Keduanya sangat penting dalam merekam video, maka pastikan tersedia cahaya yang cukup untuk hasil vlog berkualitas, penuh warna dan enak dipandang.


Gunakan Aplikasi Video Editing yang Sesuai

Bagi pengguna HP, aplikasi Pro Filmis sangat baik untuk menstabilkan video, pilihan aplikasi lain seperti KineMaster, Filmora Go maupun CyberLink PowerDirector sangat cocok untuk melakukan pengeditan video langsung di HP dengan hasil yang sangat baik.

Sementara itu, jika menggunakan komputer atau laptop untuk proses editing, aplikasi ScreenFlow dan Camtasia juga bisa menjadi alternatif yang hebat. Suatu aplikasi yang mudah digunakan, bahkan bisa digunakan untuk screen capture atau merekam layar dengan hasil yang memuaskan. Namun jika spesifikasi komputer atau laptop memadai, maka bisa menggunakan Adobe Premiere Pro untuk hasil lebih maksimal.


Nah, itulah cara membuat vlog dengan HP agar hasilnya bagus, praktekan tips ini dan segera mulai untuk membuat vlog pertama dengan semangat.





Post a Comment for "Cara Membuat Vlog dengan HP Agar Hasilnya Bagus"