[ SOLVED ] Cara Mengatasi Start Menu Windows 10 Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah

 
Salahsatu masalah yang kerap muncul pada windows 10 adalah dimana menu start tidak bisa di buka saat di klik, masalah tersebut tentu saja membuat stress dimana saat kita terburu - buru memerlukan fitur atau program yang hanya dapat diakses melalui menu start tersebut.

Beberapa penyebab menu start tidak berfungsi di windows 10 diantaranya karena terdapat file system yang corrupt atau rusak, program lag atau malfungsi, kesalahan pengguna, atau mungkin saja ada virus yang menyebabkan menu start tidak bisa di klik sehingga terkadang stuck di full screen saja. Menu start yang tidak bisa di klik ini sering kali disertai dengan menu search yang juga tidak bisa diketik.

Cara mengatasinya adalah tergantung penyebabnya, disini TEKNOTenar akan mencoba membahas satu demi satu,


1. File System Corrupt
Jjika terdapat file system yang hilang atau rusak maka sobat hanya perlu mengganti filenya saja sesuai path yang ditunjukan. Pertama – tama silakan buka command prompt (CMD) lalu ketikkan perintah : sfc /scannow


lalu tunggu prosesnya sampai selesai, program akan menampilkan file system yang corrupt lengkap dengan path-nya.



2. Program Malfungsi
Terkadang bisa saja program windows berhenti berfungsi, menu start adalah bagian dari program windows explorer. Jika keadaanya memang demikian seharusnya bisa diatasi hanya dengan merestart komputer, namun apabila sobat enggan merestart komputer maka bisa dilakukan dengan merestart program windows explorer saja dengan cara sebagai berikut.


Pertama – tama masuk ke Task Manager dengan cara tekan kombinasi tombol CTRL + Shift + Esc lalu cari Windows Explorer lalu klik kanan dan pilih restart, tampilan akan blank sesaat lalu akan berjalan normal Kembali.


3. Kesalahan User / Pengguna
Jika masalah belum teratasi, maka kemungkinan selanjutnya adalah karena adanya kesalahan dari pengguna atau user itu sendiri, mungkin beberapa waktu lalu sobat ada salah klik atau salah pilih pengaturan yang menyebabkan menu start tidak berfungfi saat di klik. Maka langkah yang harus sobat lakukan adalah dengan mencoba membuat user akun (account) baru.



 
Langkah – langkahnya adalah, pertama – tama buka CMD lalu ketik Control Panel (control panel bisa diakses lewat menu setting, ini digunakan jika menu setting juga tidak bisa dibuka) lalu pilih User Account > Manage Account > Make New Account, lalu ikuti saja sampai selesai.


4. Kegagalan Update System Windows
Windows kerap melakukan update secara berkala Ketika terkoneksi ke jaringan internet, system akan secara otomatis mendownload file patch penting lalu menginstalnya ke system computer sobat dengan sendirinya. Namun update ini tidak selamanya berhasil, terkadang karena terkendala beberapa hal sepert kondisi jaringan yang minim dan sebagainya maka update akan berhenti di tengah – tengah bahkan akan gagal, nah kondisi update yang gagal inilah yang sering menyebabkan beberapa program tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya termasuk program windows explorer ini (menu start)



Jika masalah disebabkan karena factor ini, maka ada baiknya sobat menggunakan fitur recovery bawaan windows 10, recovery adalah fitur yang memungkinkan sobat mengembalikan setelan bahkan file system yang hilang ke tanggal tertentu sebelum masalah terjadi.

Langkah melakukannya adalah dengan membuka menu setting lalu pilih update and security lalu pilih recovery, ikuti langkahnya sampai selesai.



5. Virus
Jika masalahnya adalah virus, maka pertama – tama lakukan recovery dengan langkah – langkah seperti diatas. Selanjutnya lakukan scan dan fix menggunakan antivirus terpercaya. Jika memang masih membandel maka langkah terakhir yaitu dengan melakukan inul alias install ulang. Pastikan melakukan backup data dahulu sebelum memformal seluruh disk. Windows explorer masih bisa diakses dengan shortcut tombol Win + E walaupun menu start tidak bisa dibuka.
 
 
Nah itulah cara mengatasi menu start tidak bisa dibuka di windows 10, semoga membantu. Salam admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.
 

Post a Comment for "[ SOLVED ] Cara Mengatasi Start Menu Windows 10 Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah"