Waktu Terlarang untuk Berbelanja Online Beserta Alasannya


TEKNOTenar.com
- Seperti yang sering saya katakan di blog ini, bahwa saat ini berbelanja online bagaikan suatu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Sesuatu yang tadinya hanya trend telah menjelma menjadi sebuah 'habbit' atau kebiasaan. Hal tersebut karena rutinitas masyarakat yang semakin intens sehingga menyebabkan tidak ada waktu untuk sekadar keluar rumah membeli barang kebutuhan, maka belanja online adalah solusinya.

Berbelanja online memang menyenangkan apalagi kita bebas memilih barang - barang kebutuhan dengan banyak pilihan dan harga terbaik. Selain itu, fleksibilitas waktu dan kenyamanan lain yang ditawarkan semakin memanjakan konsumen saat berbelanja online.  Namun walaupun memiliki banyak kelebihan, jarak yang jauh antara penjual dan pembeli terkadang membuat pesanan lama sampai ketangan konsumen sehingga beberapa barang mengalami status paket ditahan sementara karena salah penyortiran atau salah kirim.


Namun, selain karena jarak yang jauh ternyata waktu berbelanja juga adalah penyebab lain barang lama sampai saat berbelanja online. Walaupun belanja online bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja namun sebaiknya hindari waktu - waktu berikut ini agar pesanan anda cepat sampai ditangan.


1. Waktu Event Besar - Besaran
Waktu Indonesia Belanja atau WIB atau event 1.1, 2.2, 3.3 dst, merupakan moment buat pemburu diskon di aplikasi - aplikasi belanja online, bagaimana tidak aplikasi e-commerce besar seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli hingga Bukalapak mengadakan diskon besar - besaran secara serentak. Waktunya bervariasi namun kebanyakan saat mememasuki awal bulan, biasarnya antara tanggal 1 - 12 setiap bulannya. Selain itu moment special seperti Ramdahan, Idul Fitri, Natal dan Imlek juga sering dijadikan ajang promo dari ribuan toko online di aplikasi tersebut.

Hal ini tentu berdampak pada armada pengiriman yang menjadi lebih padat dari biasanya sehingga paket kemungkinan mengalami beberapa kendala sehingga terjadilan status paket ditahan sementara karena menunggu jam keberangkatan pesawat, paket ditahan sementara karena terjadi kesalahan kode pengiriman TLC dan sebagainya.

Namun disini Admin bukan melarang ya, hanya memberikan sedikit pencerahan kalau hendak berbelanja online disaat tersebut ya silakan saja karena Admin juga pemburu diskon lho... awok3x... namun kalau paketnya sedikit terlambat jangan ngomels ya, apalagi menyalahkan kurir, karena mereka juga bekerja keras.

Selain itu, berhati - hatilah saat menghadapi even besar - besaran atau acara spesial yang diadakan aplikasi - aplikasi belanja online, karena pada saat itu juga marak terjadinya kasus penipuan yang mengatasnamakan even tersebut.



2. Saat Hari Raya Idul Fitri
Momen hari raya Idul Fitri identik dengan segala sesuatu yang serba baru, dari mulai baju baru, celana baru, HP baru hingga pacar atau istri baru... ups awok3x....

Sehingga momen ini akan digunakan sebagian orang untuk berbelanja online, apalagi diskon besar - besaran kembali bermunculan saat ramadhan hingga idul fitri. Namun tahukan anda jika berbelanja di saat mendekati Idul Fitri maka paket atau barang akan lebih lama sampai dibandingkan berbelanja di waktu lainnya.

Hal ini jelas karena banyak toko online hanya menerima pesanan saja tanpa langsung mengirimkannya saat itu juga. Penyebabnya karena perusahaan ekspedisi meliburkan banyak karyawannya sehingga armada pengiriman paket tentu akan terkendala oleh hal ini. Jikapun ada yang tetap beroperasi maka jumlahnya tidak akan sebanyak seperti hari biasanya.

Maka dari itu jika hendak berbelanja online untuk persiapan lebaran maka belanjalah jauh - jauh hari, apalagi jika jarak antara pembeli dan penjual berbeda provinsi atau pulau. Minimal belanjalah satu atau dua minggu menjelang hari H sehingga paket tidak akan tertahan sementara karena drop point sudah melewati batas operasional. Paket - paket yang sudah sampai di drop poin akhir bahkan sampai tangan kurirpun tidak akan langsung dikirimkan pada penerimanya karena kondisi libur hari raya.



3. Saat Terjadi Musibah atau Bencana
Musibah memang tidak ada yang tahu kapan dan dimana datangnya, namun dengan kecanggihan teknologi informasi saat ini maka bencana diujung pulau manapun akan cepat kita ketahui. Misalnya beberapa waktu lalu terjadi badai angin dipelabuhan merak sehingga mengakibatkan tidak dapat beroperasinya beberapa kapal penyeberangan untuk beberapa waktu, maka dapat dipastikan barang - barang pesana yang dikirim dari pulau jawa akan terlambat tiba di sumatera. Berbeda dengan kargo yang dikirim menggunakan pesawat dan memiliki ongkos kirim lebih mahal, paket regular biasanya menggunakan jalur darat dan laut sebagai transportasi utamanya.

Oleh karena itu, saat mendengar atau mengetahui adanya bencana dijalur ekspedisi maka sebaiknya pikirkan terlebih dahulu untuk memesan barang lewat online, atau setidaknya bersabar dalam menunggu paket datang sehingga tidak terjadi kegaduhan saat paket sampai. Kita harus sama - sama memahami situasi dan kondisi.


Nah itulah beberapa tips agar barang cepat sampai saat berbelanja online, dari mulai mengetahui waktu - waktu terlarang berbelanja online, memahami situasi dan kondisi hingga masalah toleransi karena keterlambatan paket karena ditahan sementara.

Semoga membantu, Salam Admin TEKNOTenar.com. Smart Tekno, Smart Peopole.


 







Post a Comment for "Waktu Terlarang untuk Berbelanja Online Beserta Alasannya"