Jangan Dibiarkan, Ini Cara Jitu Mengatasi Kecanduan Gadget Secara Benar dan Pasti Berhasil



TEKNOTenar.com - Sebelum pada inti pembahasan, admin TEKNOTenar.com mau bertanya dulu nich... Siapa disini yang merasa dirinya tidak bisa lepas dari gadget?

Hmmm... Admin rasa untuk saat ini hampir semua orang khususnya yang melek teknologi memang tidak bisa lepas dari gadget di kehidupan sehari - harinya. Hal tersebut terbilang wajar karena hampir semua aspek kehidupan saat ini memerlukan gadget untuk mengaksesnya, selain itu dengan adanya gadget tentu sangat mempermudah berbagai aktivitas, baik itu dalam proses belajar, mencari informasi, menikmati konten hiburan, berbelanja online dan lain sebagainya. Semua itu dapat dengan mudah dilakukan lewat layar seluas 5 inchi dalam genggaman tangan.


Gadget bisa berupa smartphone, laptop, tablet, komputer maupun alat elektronik lain yang sejatinya diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia.

Namun walaupun demikian, sebaiknya kita tidak terlalu bergantung pada gadget karena dikhawatirkan terjadinya kecanduan terhadap gadget yang akan menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Adapun tanda - tanda jikalau sudah kecanduan gadget mulai dari yang terlihat maupun yang hanya dirasakan menurut TEKNOTenar.com adalah sebagai berikut :

1. Khawatir jika smartphone tertinggal
2. Takut kehabisan daya baterai smartphone
3. Setiap saat mengecek notifikasi SMS, WA, FB dll.
4. Merasa tidak nyaman saat tidak memegang gadget saat santai
5. Update status sosmed secara berlebihan


Berikut ini adalah penjelasan mengenai tanda - tanda kalau kita sudah kecanduan gadget.

1. Khawatir jika smartphone tertinggal
Tanda pertama kalau kita sudah kecanduan gadget adalah adanya perasaan khawatir yang berlebihan saat gadget atau sebut saja HP kita tertinggal dirumah, perlu digaris bawahi adalah dirumah. Ya, walaupun tertinggal dirumah sendiri namun kita sangat khawatir kalau - kalau ada notifikasi penting yang terlewatkan. Kita memang boleh saja khawatir jika tidak membawa HP dalam waktu lama, karena pasti kesulitan dalam melakukan hubungan dengan orang lain, namun bukan berarti kekhawatiran itu timbul walau pergi kewarung sebentar saja tanpa membawa smartphone.

2. Takut kehabisan daya baterai smartphone
Tanda berikutnya kita kecanduan gadget adalah ada rasa khawatir atau was - was jika baterat HP kita sudah low atau hampir habis. Hal tersebut mungkin saja wajar karena jika baterai HP habis maka kita akan kesulitan menghubungi orang lain. Namun yang jadi masalah adalah rasa khawatir berlebihan yang timbul karena berkuangnya persen baterai pada HP kita sehingga kemana - mana siap sedia power bank, casan dan stop kontak listrik, apalagi dalam kasus tertentu ada orang yang khawatir bahkan saat baterai HP baru berkurang 10 persen saja.


3. Setiap saat mengecek notifikasi SMS, WA, FB dll.
Seberapa pentingnya sih kita? selebritis atau pejabat negara? sehingga sering sekali mengecek notifikasi pada smartphone kita. Terlalu sering mengecek notifikasi bisa menandakan bahwa kita sudah kecanduan gadget. Melihat dan menanggapi notifikasi pada aplikasi perpesanan seperti WA dan Facebook memang hendaknya dilakukan sesegera mungkin karena lawat chat kita sangat menantikan balasan dari kita. Namun yang perlu digarisbawahi disini adalah kita lihat urgensinya atau kepentingannya, pastikan notifikasi tersebut sangat penting sehingga kita harus cepat menanggapinya, jika kurang penting maka abaikan saja sehingga kita bisa fokus pada hal lain. Gunakan juga manajemen notifikasi untuk mengatur tampilan notifikasi berdasarkan urgensi yang kita pilih.


4. Merasa tidak nyaman saat tidak memegang gadget saat santai
Sering kali kita merasa tidak nyaman alias risih sendiri saat duduk bersantai namun tidak memegang dan memainkan handphone. Alih - alih memikirkan utang yang belum dibayar.... ups. awok3x... maaf admin serius, atau memikirkan hal bermanfaat lain kita lebih memilih memainkan smartphone dan scrol sosial media walaupun saat santai. Hal tersebut memang boleh saja dilakukan selama dalam batas wajar, namun jika kita melakukannya selama berjam - jam maka dapat dipastikan kita sudah kecanduan gadget.

5. Update status sosmed secara berlebihan
Ada kalanya kita harus update di media sosial untuk menyimpan kenangan dan sekadar berbagi kepada kawan - kawan kita di Facebook dan Instagram, namun sekedarnya saja dan tidak perlu berlebihan, cukup menyatakan bahwa kita juga aktif di dunia maya. Namun ada kasus tertentu orang - orang yang setiap saat setiap waktu update status bahkan yang terbilang kurang penting dan tidak pentas dibagikan di story IG, beranda FB maupun di status WA dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi. Jika kita merasa melakukannya maka dapat dipastikan kita sudah kecanduan gadget level akut.



Maka dari itu ada baiknya kita mulai membiasakan diri dan berlatih untuk tidak bergantung pada gadget, karena ada hal - hal lain yang kita lewatkan dan banyak waktu yang terbuang sia - sia saat kita berjam - jam scroll sosial media. Selain itu, kita harus menyadari bahwa kita hidup didunia nyata dan sebagai makhluk sosial kita tentunya harus bersosialisasi dengan orang lain, ada kalanya hal - hal tertentu tidak dapat kita lakukan hanya lewat gadget melainkan harus secara langsung bertemu dan bertatap muka.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk setidaknya mengurangi dampak bahkan menghilangkan efek kecanduan gadget yang sudah admin jalani dan berhasil, adapun cara jitu mengatasi kecanduan gadget secara benar adalah sebagai berikut :

1. Niat serta Komitmen
2. Kurangi pemakaian gadget secara bertahap
3. Buat level urgensi menggunakan gadget
4. Sediakan waktu lebih bersama keluarga
5. Mulai fokus di aktivitas lain yang bermanfaat

Berikut ini admin mencoba menjelaskan poin - poin diatas secara singkat jelas dan empuk agar pembaca setia TEKNOTenar.com semakin betah, kalau sudah betah maka akan mencarinya di YouTube TEKNOTenar dan melakukan SUBSCRIBE, awok3x...




1. Niat serta Komitmen
Setiap suatu tujuan pastikan kita memulainya dengan niat. Niat yang kuat dan berasal dari lubuk hati yang ikhlas akan memastikan keberhasilan tujuan tersebut. Setelah niat yang kuat maka segera lakukan tips dibawah dari point 2 - 5 dan pastikan dalam melakukannya kita kuga menyertakan komitmen yang sama - sama kuat agar tujuan untuk mengurangi efek kecanduan gadget dapat berhasil.

2. Kurangi pemakaian gadget secara bertahap
Langkah selanjutnya adalah mengurangi pemakaian gadget secara bertahap. Kita yang sehari - hari intens menggunakan gadget dan ingin menguranginya, maka kurangilah secara bertahap, sangat berbahaya dan berat jika kita langsung menguranginya secara total alias langsung tidak menggunakan gadget dalam proses ini, bisa menyebabkan stress dan kondisi perasaan tidak stabil. Caranya misalnya kita yang seharinya menggunakan gadget total selama 10 jam maka kurangi waktu tersebut terutama saat kita scroll media sosial, YouTube, TikTok dll yang banyak menyita waktu. Kurangi setidaknya menjadi 9 jam selama 1 minggu, kemudian 8 jam pada minggu berikutnya dan seterusnya sampai setidaknya kita tidak lagi scroll TikTok sampai lupa waktu.

3. Buat level urgensi menggunakan gadget
Perlu diketahui bahwa tips ini tidak berlaku pada pebisnis online, karena disini yang kita bahas adalah waktu setelah bekerja atau waktu luang yang kita gunakan untuk bermain gadget. Bagi para penjual online atau content creator tentu mereka mau tidak mau akan menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan gadget dan itu adalah keharusan dan kita kecualikan pada tips kali ini.


Adapun maksud dari membuat level urgensi adalah seperti penjelasan sebelumnya bahka kita dapat mengatur tingkat kepentingan suatu notifikasi pada gadget kita, sehingga notifikasi permintaan pertemanan, hari ulang tahun teman facebook serta komentar pada grup debat dapat kita abaikan dengan mudah. Gunakan fitur manajemen notifikasi pada smartphone kita untuk mulai mengatur tingkat urgensi setiap notifikasi yang muncul.

Kita hanya akan menanggapi notifikasi penting yang sudah kita pilih sebelumnya saja misalnya panggilan dari keluarga, notifikasi m-banking, peringatan keamanan dan sebagainya sehingga kita dapat lebih fokus melakukan kegiatan lain.

4. Sediakan waktu berkualitas bersama keluarga
Kebanyakan dari kita yang sudah kecanduan gadget akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama gadget kesayangan serta berpotensi mengabaikan keluarga. Saat ini juga, buat keputusan untuk misalnya :

a. Tidak bermain HP saat kumpul bersama keluarga
b. Tidak menyentuh HP saat menjelang tidur malam
c. Buat jam bebas gadget sesuai keinginan, sesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan

Dengan menyediakan waktu lebih bersama keluarga denga bersenda gurau, bercerita santai pada zaman dahulu, menceritakan kisah nabi pada anak - anak dan sebagainya maka lambat laun kecanduan gadget akan mulai berkurang. Meskipun pada awalnya akant terasa berat, namun komitmen akan menentukan keberhasilan program mengatasi kecanduan gadget pada diri kita. Selain itu, percaya atau tidak anak - anak akan meniru kebiasaan kita dalam menggunakan teknologi termasuk gadget ini, anak - anak akan ikut kecanduan gadget sejak dini jika sehari - harinya mereka meliha orang tuanya banyak bermain HP didepan mereka.


5. Mulai fokus di aktivitas lain yang bermanfaat
Cara selanjutnya untuk mengatasi kecanduan gadget secara benar dan pasti berhasil adalan dengan memulai aktivitas offline lain yang juga bermanfaat, misalnya memasak, berkebun, memelihara ikan, ayam dan makhluk hidup lucu lain yang mengharuskan kita untuk fokus. Selain mengurangi kecanduan gadget, melakukan hal - hal diatas akan mendatangkan pundi - pundi rupiah baru nantinya, bahkan jika dilakukan secara serius bukan tidak mungkin berternak dan berkebun akan menjadi penghasilan sampingan kita suatu hari nanti.


Nah itulah bagaimana trik dan tips atau cara jitu mengatasi kecanduan gadget secara benar dan pasti berhasil yang dapat admin TEKNOTenar.com bagikan. Cara ini sudah admin buktikan karena sebenarnya admin juga sempat kecanduan gadget. Semoga membantu bagi siapapun yang berniat untuk mengurangi kecanduan terhadap gadget ini, semoga membantu. Salam admin TEKNOTenar.com, Smart Tekno, Smart People.


Post a Comment for "Jangan Dibiarkan, Ini Cara Jitu Mengatasi Kecanduan Gadget Secara Benar dan Pasti Berhasil"