5 Efek Samping Menggunakan Ponsel dalam Jangka Waktu Lama

 

TEKNOTenar.com - Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan ponsel saat ini sudah menjadi kebutuhan primer. Selain digunakan untuk sarana komunikasi, ponsel juga sebagai sarana mencari informasi dan hiburan. Maka tak ayal penggunaan ponsel yang intens kerap kali terjadi di kalangan masyarakat.

Penggunaan ponsel dalam waktu lama tentu saja menyebabkan berbagai efek negatif, efek negatif ponsel ini tidak hanya berbahaya bagi anak - anak dan remaja, namun juga dapat berefek pada orang dewasa.

Baca : Dampak Negatif Ponsel Bagi Anak Usia DIni

Nah, apa saja efek negatif penggunaan ponsel secara berlebihan ini? Berikut TEKNOTenar rangkum berdasarkan pengalaman pribadi yang dibenarkan lagi oleh informasi dari berbagai sumber. 


1. Mengurangi Ketajaman Mata

Mata merupakan indera penglihatan yang sangat penting perannya dalam kehidupan. Penglihatan yang tajam akan sangat membantu untuk mengerjakan berbagai hal sehari - hari. Namun apa jadinya jika mata berkurang ketajamannya? Tentu saja akan berdampak serius kesemua aspek kehidupan, terutama dalam membaca jarak jauh, melihat objek tertentu, kesulitan mengenali seseorang dan lain sebagainya.

Menggunakan hp dalam jangka waktu lama akan berpengaruh pada ketajaman mata Anda, efek sinar biru pada layar hp sangat buruk dampaknya untuk indera penglihatan ini. Oleh karenanya gunakanlah hp secukupnya saja, dan jika memang mengharuskan menggunakannya dalam waktu lama maka pakailah kacamata anti radiasi atau sesekali pandangi sekitar selain layar hp untuk menyegarkan mata.


2. Menyebabkan Efek Vertigo

Selain dapat mengurangi ketajaman mata, efek sinar biru (bluelight) pada layar hp juga dapat menyebabkan pusing dan sakit kepala atau yang lebih dikenal sebagai efek vertigo. Dampak ini tentu saja sangat mengganggu aktivitas Anda sehari - hari. Efek samping ini timbul sebab poin nomor satu diatas, saat mata terlalu lelah namun dipaksa terus menatap layar hp. Saat mata lelah biasanya mata akan terasa pedih dan mengeluarkan air. Namun jika tanda alami mata yang butuh istirahat itu tidak dihiraukan maka timbulah efek vertigo yaitu peerasaan pusing dan sakit kepala.


3. Menyebabkan Stress dan Susah Tidur

Bluelight atau cahaya biru pada layar ponsel dapat mempengaruhi tingkat emosi pada manusia, hal tersebut karena cahaya biru ini dapat menggangu hormon manusia, salahsatunya adalah hormon untuk tidur.

Baca : Cara Bangun Tidur Lebih Cepat dan Bangun Lebih Segar

Banyak penelitian menjelaskan bahwa radiasi ponsel dapat memicu tumbuhnya tumor otak dan penyakit insomnia. Namun yang paling sering dialami sampai saat ini adalah kesulitan tidur setelah menggunakan ponsel dalam jangka waktu lama, dan efek ini akan timbul secara perlahan dan bisa saja permanen jika hal tersebut dilakukan terus - menerus. Jika Insomnia berlangsung lama maka tubuh akan mengalami stress dan ini sangat buruk bagi kesehatan Anda.


4. Menyebabkan Sakit Punggung dan Nyeri Dada

Dampak negatif lain dari penggunaan hp secara intens adalah timbulnya sakit punggung, hal ini sebenarnya karena tubuh mengalami penekukan otot dan tidak bergerak dalam jangka waktu lama. Seperti pada umumnya jika sedang menggunakan hp dan bermain game atau sosial media maka tidak terasa waktu akan cepat sekali berjalan, hal itulah yang menyebabkan punggung terasa sakit.

Penggunaan ponsel secara berlebih juga dapat menyebabkan nyeri dada, hal tersebut bisa jadi berhubungan dengan kondisi jantung anda. Jika memiliki lemah jantung maka hal ini lebih besar kemungkinannya untuk terjadi, dada berdebar, sakit ulu hati dan bisa pingsan seketika.


5. Menyebabkan Kematian

Masih ingat kasus seorang anak yang kecanduan game kemudian meninggal? nah hal itu sebenarnya dapat dijelaskan secara rasional. Ketika tubuh lama tidak bergerak, sementara mata terus bekerja keras sehingga tubuh mengalami stress, namun karena kesadaran tidak bekerja (karena asik bermain game) sepenuhnya maka bisa saja jantung melemah sehingga kematian bisa saja terjadi.


Nah itulah 5 dampak negatif dari penggunaan hp secara berlebihan, sangat mengerikan bukan? maka dari itu gunakanlah segala perangkat elektronik secara bijak dan sewajarnya saja. Ingat bahwa tubuh kita perlu istirahat yang cukup untuk dapat berfungsi dengan baik. 

Semoga membantu, Salam Admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.




Post a Comment for "5 Efek Samping Menggunakan Ponsel dalam Jangka Waktu Lama"