Sering Telat ke Kantor? Praktekan Tips Ini, Dijamin Kamu Bangun Pagi Lebih Cepat dan Segar

 


TEKNOTenar.com – Tidur merupakan kegiatan alami manusia untuk melepas lelah dan memulihkan energi selepas bekerja atau beraktivitas. Selain makanan dan minuman, manusia juga memerlukan tidur yang cukup agar sistem imun dan syaraf tetap seimbang sehingga fungsi – fungsi tubuh dapat bekerja secara normal.

Manusia dewasa memerlukan setidaknya 8 jam dalam sehari semalam waktu tidur agar tubuh tetap sehat dan aktivitas berjalan dengan lancar keesokan harinya, namun karena beberapa hal waktu tidur seringkali terpangkas untuk hal – hal lain seperti karena bekerja lembur, main gadget maupun lain sebagainya sehingga seringkali tidur sampai larut dan menyebabkan telat bangun keesokan harinya.

Tidur terlalu larut alias begadang otomatis akan memangkas waktu tidur sebanyak 2 sampai 4 jam waktu tidur normal, sehingga menyebabkan seringnya bangun kesiangan dan badan terasa lelah saat terbangun. Selain itu, jika begadang dilakukan terlalu sering dikhawatirkan akan mengganggu sistem motorik serta jam alami dalam tubuh kita, penurunan tekanan darah, pembengkakan pada mata dan segudang efek negatif lainnya. Maka dari itu tidur yang cukup dan teratur sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Beberapa hal dibawah ini mungkin membantu sobat tekno untuk mengatur pola hidup dan waktu tidur agar bisa bangun pagi lebih cepat dan segar sehingga aktifitas berjalan lancar.

Baca Juga :8 Jenis Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil Menurut Dokter Ahli

Niat dan Kemauan

Tips pertama agar kita dapat bangun lebih pagi adalah memiliki niat dan kemauan yang kuat. Dalam hal apapun, niat dan kemauan adalah hal utama yang harus lebih dulu ditanamkan agar segala sesuatu yang akan kita kerjakan bisa konsisten sehingga membuahkan hasil yang kita inginkan. Niat ini harus berasal dari hati dan kita harus menjalankannya dengan sungguh – sungguh.


Hindari Begadang

Tips berikutnya agar kita bisa bangun lebih pagi yaitu adalah hindari begadang atau tidur terlalu larut. Begadang bagi sebagian orang tentu hal yang tidak bisa dihindari, apalagi jika sudah mengenai profesi atau pekerjaan. Namun alangkah baiknya kalaupun harus terpaksa begadang untuk menyelesaikan pekerjaan maka jangan lakukan terlalu sering, misalnya malam ini begadang maka malam besoknya jangan, atau jika malam ini begadang maka luangkan waktu sebentar untuk tidur siang dan sebagainya.


Kurangi Kafein

Tips berikutnya agar kita bisa bangun lebih cepat adalah mengurangi kadar kafein dalam darah. Kafein biasanya berasal dari makanan dan minuman seperti teh dan kopi yang bagi sebagian orang adalah minuman favoritnya, termasuk admin TEKNOTenar sendiri loh, awok3x... Kafein memiliki efek semangat dan penghilang rasa sakit, namun jika kadarnya terlalu tinggi maka akan berpengaruh pada waktu tidur kita, kita akan lebih sulit terpejam walaupun waktu sudah larut dan badan terasa lelah. Maka dari itu kurangilah kafein agar kita lebih mudah tertidur, lelap dan bangun lebih cepat dan segar. Kalaupun tidak bisa mengurangi konsumsi teh dan kopi (karena favorit), maka imbangi dengan meminum air putih yang banyak sebagai penetral kadar kafein dalam darah kita.


Kurangi bermain Gadget

Tips berikutnya agar kita bisa bangun lebih cepat adalah mengurangi bermain gadget seperti smartphone, tablet, komputer dan konsol lainnya. Disadari atau tidak, cahaya biru yang dihasilkan oleh layar gadget akan membuatmu lebih sulit tidur dari mereka yang lebih sedikit menggunakan gadget. Jika pekerjaanmu tidak bisa lepas dari gadget, maka aktifkan filter cahaya biru pada smartphone atau atur waktu minimal 2 menit menatap sekitar setelah 30 menit menggunakan komputer saat bekerja di kantor. Untuk meminimalisir efek cahaya biru pada gadget, selain mengaktifkan mode baca maka lebih baik menggunakan kaca mata yang khusus untuk pengguna gadget, selain lebih nyaman dimata juga aman untuk kesehatan mata.


Atur Alarm

Tips berikutnya untuk dapat bangun tepat waktu adalah mengaktifkan alarm, baik pada ponsel maupun jam weker. Alarm memiliki suara yang khas dan keras sehingga pastinya akan membantu kita terbangun lebih cepat. Pastikan dalam menyetel alarm untuk memajukan waktunya 5 atau 10 menit lebih awal dari jadwal bangun agar kita bisa bangun lebih awal tanpa tergesa - gesa, usahakan juga meletakan alarm tersebut jauh dari jangkauan kita tidur, karena secara alami dalam keadaan setengah sadar otot motorik kita akan secara otomatis dan reflek mencari sumber suara dan berusaha mematikannya saat alarm tersebut berbunyi. Setelah itu lanjut tidur.

Setidaknya jika tidak mempunyai pacar atau pasangan yang membangunkan kita tepat waktu, maka cukuplah dengan alarm pada ponsel maupun jam weker awok3x...


Konsumsi Vitamin Tambahan

Tips terakhir agar kita bisa bangun lebih cepat adalah mengonsumsi vitamin tambahan. Pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, melakukan olah raga secara teratur dan tidur yang cukup terkadang sulit dilakukan karena kesibukan dan jadwal setiap harinya yang berbeda – beda, oleh karenanya mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan sangatlah panting untuk menjaga kesehatan tubuh serta menunjang asupan seimbang bagi tubuh kita.


Nah itulah sedikit tips untuk dipraktekan dan informasi menganai bagaimana agar kita bisa tidur lebih cepat sehingga dapat bangun lebih pagi untuk melakukan aktivitas hebat selanjutnya...

Salam admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.

 

Post a Comment for "Sering Telat ke Kantor? Praktekan Tips Ini, Dijamin Kamu Bangun Pagi Lebih Cepat dan Segar"