Cara Merubah Domain TLD dari Blogspot menjadi COM dengan Mudah dan Cepat, Lengkap Step by Step



TEKNOTenar.com - Sebuah blog atau website tentu memiliki alamat unik yang menjadi ciri khas sekaligus sebagai URL atau link untuk mengakses halaman website tersebut. 

Domain atau sederhananya akhiran alamat sebuah website ada bermacam - macam, mulai dari .com .id .net .co .my.id .xyz .org .co.id .me .site .online dan lain-lain. Domain - domain tersebut biasa disebut sebagai domain TLD (Top Level Domain). Perlu diketahui bahwa pembelian domain di seluruh dunia adalah berdasarkan prinsip pendaftar pertama, maka yang mendaftar pertamakali untuk domain tersebutlah yang akan menjadi pemilik tunggal untuk domain tersebut.

Domain sangat penting peranannya, terutama untuk website dengan traffik tinggi dan menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan orang banyak.

Kelebihan membeli dan menggunakan domain diantaranya adalah agar,
  1. Terlihat Profesional dan serius. Sebuah website dengan domain berbayar akan terlihat resmi, elegan dan terpercaya dibandingkan dengan domain gratisan.
  2. Alamat website atau blog menjadi lebih pendek, gunanya agar alamat blog mudah diingat oleh orang lain atau pengunjung ketika hendak kembali lagi ke blog yang sama.
  3. Lebih mudah dalam monetisasi blog. Seperti yang sudah diketahui bahwa blogger pastinya mengharapkan imbalan dari monetisasi situs. Nah, dengan domain TLD ini maka proses pengajuan akan lebih cepat dibanding dengan tanpa domain TLD.
  4. Dan masih banyak alasan lain-lainnya.
Sebagai contoh, blog ini pada awalnya beralamat teknotenar.blogspot.com, nah karena admin sudah membeli domain maka alamatnya berubah menjadi www.teknotenr.com saja, terlihat lebih pendek, lebih profesional dan mudah di ingat, bukan. 

Okeh lah dari pada berlama - lama berikut ini admin sajikan cara lengkap step by step merubah domain dari blogspot menjadi com dengan mudah dan cepat sesuai pengalaman admin.

Namun bagi Anda yang belum memiliki blog, Anda bisa membuatnya dengan mengikuti panduan Cara membuat Blog dengan cepat dan mudah.

Okeh lanjut.

Sebelum merubah domain menjadi lebih premium maka langkah pertama adalah harus membeli domain terlebih dahulu, situs penyedia domain tersedia banyak sekali seperti GoDaddy, NameCheap, Niagahoster, RumahWeb dan sebagainya. Untuk langkah - langkah merubah blogspot ke custom domain TLD dari mulai membeli domain hingga mengaplikasikannya ke blog adalah sebagai berikut.


1. Pertama, buka situs tempat Anda akan membeli domain. Misalnya saya membeli domain untuk margalaksana.my.id di Rumahweb Indonesia. Maka kunjungi situs www.rumahweb.com dan lakukan pembuatan akun. Jika sudah punya akun maka tinggal Log In saja. Login juga bisa menggunakan Facebook dan Google.



2. Kedua, setelah login kemudian masuk ke tab menu Domain lalu pilih register a new domain seperti gambar berikut.



3. Ketiga, klik Order Now untuk mulai memesan domain.



4. Keempat, setelah itu maka cek dahulu ketersediaan domain sesuai nama yang Anda masukan. Misalnya saya memasukan "margalaksana" maka pilihan yang muncul akan tersedia banyak. Tinggal pilih saja sesuai keinginan.



Ada baiknya untuk mengaktifkan Privacy Protection untuk perlindungan ekstra pada privasi Anda seperti berikut ini.


Ikuti langkah demi langkah, klik lanjutkan!


5. Kelima, Chek Out pesanan lalu lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih.


Misalnya saya membayarnya dengan metode transfer Bank, maka lakukan pembayaran dengan nominal yang sama persis, sertakan kode INVOICE di catatan pembayaran sesuai perintah yang diberikan.



6. Keenam, Setelah melakukan pembayaran maka langsung lakukan konfirmasi di link yang sudah disediakan oleh sistem RumahWeb. Sertakan juga bukti Pembayaran yang diminta.


7. Ketujuh, Selanjutnya Anda bisa kembali ke halaman Dashboard Rumahweb Indonesia lalu pilih domain, pastkan domain yang di pesan sudah berstatus AKTIF. Itu tandanya domain siap digunakan. Jika masih dalam status PENDING bisa jadi pembayaran belum dikonfirmasi karena beberapa hal, salahsatunya karena masalah jaringan atau waktu pemesanan di atas pukul 21.00 malam.


Gambar apabila domain sudah aktif dan siap digunakan pada blog, jika pembayaran sudah dilakukan dan dikonfirmasi namun masih berstatus pending, maka silakan chat admin RumahWeb di live chat 24 jam mereka.


8. Kedelapan, selanjutnya pada domain yang dipilih klik pada tanda panah lalu pilih " Manage Domain " seperti pada gambar berikut.


Setelah klik pada manage domain maka akan muncul halaman baru, sebelum dilanjut maka lanjutkan dahulu ke langkah berikutnya.


9. Kesembilan, setelah itu saatnya memasang domain yang sudah dibeli tadi ke alamat blog. Langkah selanjutnya Anda bisa masuk ke blogger, setelah masuk ke halaman dasboard blogspot lalu pilih " Setelan " lalu pilih " Domain Kustom ".




10. Kesepuluh, masukan alamat blog dengan domain yang sudah dibeli kemudian klik simpan, jika ada peringatan maka abaikan saja lalu klik simpan lagi.




11. Kesebelas, perhatikan serta catat DNS, CNAME dan Tujuan seperti pada gambar lalu klik simpan lagi.


Pada tahap ini Anda pasti tidak akan bisa menyimpan karena DNS domain belum terkonfigurasi, maka langkah selanjutnya Anda bisa kembali ke halaman Rumshweb, pilih My Domain lalu pilih domain untuk di konfigurasikan DNS nya.

Klik Manage Domain pada langkah ke delapan diatas, lalu pilih DNS Management.




12. Keduabelas, Selanjutnya klik pada tombol START sampai muncul pesan jika aksi sukses. Kemudian klik lagi pada tombol UPDATE jika muncul, hal tersebut untuk mengupdate nameserver.



13. Ketigabelas, Selanjutnya klik pada menu Add New Record, jika menu tidak muncul refresh halaman dan pilih kembali DNS Management sampai menu tersebut muncul.



14. Keempatbelas, Selanjutnya isikan record pertama pada kolom sesuai yang diminta, perhatikan kembali catatan yang sudah dibuat pada langkah nomor sebelas di atas.

Keterangan :
Domain : isi dengan www
TTL : biarkan default 1440
Record Type : pilih CNAME
Hostname : isi dengan ghs.google.com

setelah terisi langsung saja klik Add Record.

Perhatikan kembali catatan yang sudah dibuat pada langkah ke 11 (sebelas)


15. Kelimabelas, Selanjutnya isikan record kedua pada kolom sesuai yang diminta, perhatikan kembali catatan yang sudah dibuat pada langkah nomor sebelas di atas.


Keterangan :
Domain : isi dengan kj3swdusfgbc
TTL : biarkan default 1440
Record Type : pilih CNAME
Hostname : isi dengan gv-lwsyuiw3u4rsbs.dv.googlehosted.com

setelah terisi langsung saja klik Add Record.


16. Keenambelas, Selanjutnya isikan record ketiga - keenam pada kolom dengan menyesuaikan seperti keterangan berikut.

Keterangan :
Domain : kosongkan
TTL : biarkan default 1440
Record Type : pilih A
IP or Hostname : isi dengan IP Address Google, yaitu 216.239.32.21

Jika sudah, ulangi langkah 16 diatas dengan memasukan IP berikut ini,

216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Lakukan satu persatu. Satu IP untuk satu Record.


17. Ketujuhbelas, Selanjutnya kembali ke dashboard blogger lagi, menuju ke setelan lalu pilih domain kustom, isikan kembali alamat blog sesuai dengan domain yang dibeli. lalu pilih simpan.

Mungkin perlu beberapa waktu sampai domain pada blog dapat tersimpan dan benar - benar berubah. hal tersebut adalah wajar karena menyesuaikan dengan perubahan pada situs RumahWeb tempat membeli domain.

Jika sudah menunggu namun tidak juga dapat disimpan, maka refresh halaman blogger Anda lalu masukan ulang alamat blog beserta domainnya lalu simpan.


18. Kedelapanbelas, Jika domain sudah berhasil disimpan dan diperbaharui di blogger maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan check list atau menghidupkan pilihan pada pengalihan domain dan ketersediaan https pada setelah blog.



19. Kesembilanbelas, Selesai

20. Keduapuluh, Silakan coba akses blog Anda dengan memasukan alamat yang baru. Jika berhasil maka penyertaan domain sudah sepenuhnya berhasil. Jika belum maka tunggu saja beberapa menit sampai benar - benar berhasil.

Pada beberapa kasus penyesuaian domain ini memerlukan waktu setidaknya 30 menit namun ada juga yang hanya beberapa menit saja.


Nah, itulah cara Merubah Domain TLD dari Blogspot menjadi COM dengan Mudah dan Cepat, Lengkap Step by Step yang dapat admin berikan, semoga membantu bagi Anda yang baru memulai blog dan ingin terlihat profesional dengan custom domain.

Semoga membantu, salam admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.

Post a Comment for "Cara Merubah Domain TLD dari Blogspot menjadi COM dengan Mudah dan Cepat, Lengkap Step by Step"