10 Cara Meningkatkan Trafik Blog Secara Organik Paling Ampuh

 


TEKNOTenar.com – Nyawa dari sebuah blog adalah pengunjung blog itu sendiri, semakin banyak orang mengunjungi suatu blog maka secara otomatis menaikan ranking search pada mesin pencari google, selain itu jika blog sudah dimonetisasi dan menampilkan iklan, maka kesempatan untuk memperoleh penghasilan juga akan semakin besar.

Pertanyaanya adalah bagaimana cara menaikan traffic blog? Terutama bagi blogger baru atau situs yang baru saja di approve adsense.

Berikut ini TEKNOTenar akan mencoba memberikan tips agar pengunjung blog meningkat atau cara meningkatkan traffic blog secara organik.

Adapun langkah – langkahnya adalah sebagai berikut,

  1. Riset Keyword
  2. Judul Artikel yang Menarik
  3. Isi Artikel yang berkualitas
  4. Gunakan Internal Link
  5. Gunakan Backlink 
  6. Share Blog atau Artikel
  7. Aktif di Situs
  8. Hubungkan Blog dengan Media Sosial lain
  9. Selalu Update Artikel
  10. Konsisten


Mari kita kupas, uraikan dan pahami satu persatu ...

1. Riset Keyword

Riset Keyword sengaja admin jadikan urutan pertama, karena riset keyword atau mencari kata kunci sangat penting sebelum sobat menulis atau membuat sebuah artikel. Riset keyword artinya menemukan kata kunci yang paling sesuai dengan judul serta tema artikel dan tentu saja yang paling banyak dicari oleh pengguna saat ini. Selain itu, riset kata kunci ini juga bertujuan untuk memudahkan mesin pencari mengindex serta menyajikan artikel sobat kepada pengunjung yang relevan, artinya pengunjung blog dengan minat yang sama dan dengan begitu dapat dipastikan mereka akan betah berlama – lama berada di blog sobat.

Saat ini sudah tersedia berbagai macam tools serta aplikasi untuk meriset keyword, contohnya saja adalah Ahref, Keyword Everywhere, MoZ dan lain sebagainya. Sobat juga dapat melakukan riset keyword secara sederhana dengan mengunjungi situs google trends atau lengsung mengetikan kata kunci di kolom pencarian google.


2. Judul Artikel yang Menarik

Judul adalah hal pertama yang pengunjung blog lihat, dengan judul yang menarik tentu saja akan membuat pengunjung penasaran serta meng-klik artikel sobat, adapun langkah – langkah membuat judul artikel yang menarik adalah sebagai berikut.

Gunakan kata yang meyakinkan, biasanya di gunakan di awal maupun diakhir judul seperti “ Terbaru, Berhasil, Terlaris, Ampuh, Langsung Cair dan lain-lain, contohnya seperti ini ( Terbaru, inilah Syarat Pengajuan KUR BRI 2022 agar Langsung Cair  ) 

Gunakan angka agar semakin unik, penggunaan angka biasanya di awal agar semakin meyakinkan pengunjung. Contohnya seperti ini ( 7 Cara Meningkatkan Trafik Blog Secara Organik ) 


3. Isi Artikel yang berkualitas

Isi artikel sama pentinggnya dengan pemilihan judul, judul menarik akan memiliki citra buruk dan terkesan click-bait jika tidak disertai dengan isi artikel yang berkualitas. Artikel yang berkualitas harus memiliki setidaknya unsur 5W 1H atau sesuai dengan kemauan pengunjung yang berharap masalah mereka terjawab dengan membaca artikel sobat.

Artikel yang berkualitas juga selain penuh dengan kata kunci yang relevan juga harus enak dibaca serta mudah dipahami pengunjung sehingga mereka tidak segan – segan mem-bookmark alamat blog sobat. Jadi pastikan sobat membuat artikel yang berkualitas sekreatif dan seunik mungkin agar traffic blog sobat semakin meningkat, dan pastikan juga artikel tersebut original atau setidaknya memodifikasi artikel lain dengan menambahkan sudut pandang tertentu.


4. Gunakan Internal Link

Internal link adalah sebuah tautan yang terdapat pada sebuah artikel, judul artikel dan sebagainya di blog sobat yang jika dipilih atau di-klik akan mengarah ke artikel sobat yang lainnya. Internal link ini sangat penting peranannya, karena jika suatu artikel mendapatkan pengunjung yang luar biasa banyak maka artikel lain yang linknya di sematkan pada internal link di artikel tersebut akan mendapatkan traffic juga.

Selain itu internal link juga berguna untuk membuat pengunjung berlama – lama dengan artikel – artikel sobat.


5. Gunakan Backlink

Backlink adalah tautan atau link yang diletakan pada sebuah artikel diluar situs atau blog sobat serta mengarah ke situs atau artikel sobat. Senada dengan Internal link diatas, back link juga sangat penting untuk meningkatkan traffic atau pengunjung blog sobat, bahkan bisa dikatakan bahwa backlink ini lebih berguna ketimbang internal link. Alasannya karena backlink biasanya diletakan di situs – situs yang memiliki performa serta pengunjung yang lebih besar daripada situs atau blog sobat.

Terlebih lagi banyak situs – situs besar dan terpercaya yang menyediakan (menyewakan) backlink mereka dengan harga bervariasi, biasanya semakin besar suatu situs atau blog maka akan semakin mahal juga harga untuk setiap backlink yang dihasilkan.

Untuk para blogger pemula yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan backlink dengan harga terjangkau maka pintar – pintarlah berteman dan berkomunikasi dengan sesama blogger, disana sobat bisa bertukar link artikel sehingga keduanya akan sama – sama diuntungkan saat berbagi traffic.


6. Share blog atau Artikel

Share atau bagikan link artikel sobat ke berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, WhatsApp dan lain sebagainya.

Percayalah dengan sobat melakukan share maka akan secara otomatis calon – calon pengunjung melihat postingan sobat, jangan lupa sertakan juga kalimat pembuka yang membuat penasaran diserta ajakan untuk membuka link tersebut.

Contohnya seperti “ Ini nih cara dapat jutaan dari internet, kepo? Langsung saja buka gaess... (lalu dibawahnya diisi dengen link artikel sobet)

Banyak pro kontra dalam hal men-share atau membagikan tautan ke sosial media karena beberapa alasan, namun suatu produk berupa artikel atau blog juga memerlukan promosi untuk mendapatkan calon pengunjung.


7. Aktif di Situs

Untuk mendatangkan pengunjung blog salah satunya bisa dilakukan dengan aktif di situs – situs atau grup tertentu seperri KASKUS, Reddit dan sebagainya. Melakukan sapa menyapa atau sekedar membalas komentar satu sama lain akan mendatangkan traffic ke blog sobat karena penasaran dengan nama, foto profil dan sebagainya yang pada akhirnya mereka akan berkunjung ke blog sobat.


8. Hubungkan Blog dengan Media Sosial Lain

Menghubungkan blog bisa dilakukan dengan memberi tautan atau link ke media sosial sobat seperti Facebook, Instagram, Linkedin, TikTok dan sebagainya. 

Begitupun pada media sosial sobat tersebut, sertakan juga tombol atau setidaknya link yang mengarah pada blog sobat.

Sepertihalnya situs TEKNOTenar.com ini, sobat pembaca bisa menemukannya di Facebook, TikTok maupun di YouTube dengan nama serupa : TEKNOTenar


9. Selalu Update Artikel

Sobat harus ingat, traffic blog pada suatu artikel bisa saja mengalami lonjakan view atau pengunjung dalam jumlah besar dan stabil untuk beberapa saat, namun akan menurun seiring waktu. Hanya saja masalahnya pada artikel mana yang akan mengalami hal demikian, sampai saat ini belum dapat diprediksi meskipun artikel SEO sekalipun. Oleh karena itu, mengupdate artikel secara rutin akan memberikan artikel – artikel lain muncul ke permukaan disaat artikel yang lain mulai mengalami penurunan view.


10. Konsisten

Cara terakhir untuk meningkatkan pengunjung situs web atau blog soba adalah dengan mencoba konsisten melakukan 9 langkah diatas. Konsisten ini menurut admin adalah yang paling mudah sekaligus yang paling berat, mudah jika sobat terbiasa menjalankannya namun akan sangat berat jika sobat kehilangan semangat ditengah jalan.

Oleh karena itu, konsisten ini sangatlah diperlukan untuk mendatangkan traffic atau pengunjunga secara organik ke blog sobat.


Nah, demikianlah sedikit tips dari admin TEKNOTenar mengenai cara meningkatkan traffic blog secara organik dengan mudah dan cepat.

Semoga membantu. Salam Admin TEKNOTenar, Smart Tekno, smart People.



 

Post a Comment for "10 Cara Meningkatkan Trafik Blog Secara Organik Paling Ampuh"