5 Tips Agar Tetap Semangat Membuat Konten Blog


TEKNOTenar.com – Bagi seorang blogger atau kita sebut saja konten kreator, membuat konten baik itu artikel atau video adalah tugas utama dan sudah suatu keharusan, tentu saja tujuan kita membuat konten tersebut tidak lain adalah untuk mendatangakan visitor, dengan visitor itulah kita bisa mendapatkan penghasilan nantinya.

Proses membangun sebuah blog tidaklah instan, butuh perjuangan ekstra untuk membuat artikel berkualitas yang mempu bersaing dengan blogger lain serta media – media besar diluar sana. Butuh berbulan – bulan bahkan bertahun – tahun untuk mulai mendapatkan penghasilan pertama dari sebuah blog maupun youtube, dengan catatan kita melakukannya secara konsisten dan tidak melanggar kebijakan google.

Namun terkadang ada masanya kita merasa lelah, frustasi bahkan putus asa tatkala kita sudah berusaha semaksimal mungkin, mengorbankan waktu, uang serta tenaga, sudah capek – capek membuat konten seperti artikel blog atau video youtube namun tidak ada pengunjung yang membaca atau tidak ada yang nonton.

Postingan ini sebenarnya untuk pengingat diri Admin pribadi, namun tidak ada salahnya kalau admin berbagi dengan pembaca sekalian, barangkali ada yang senasib dengan admin. Butuh berbulan – bulan untuk blog ini agar diterima monetisasi, itupun dibarengi dengan update artikel yang membutuhkan waktu untuk membuatnya, jujur pada saat itu admin belum terbiasa dan bahkan belum bisa membuat artikel yang mendatangkan traffik. Setelah traffik mulai berdatangan secara organik dari search google dan dari sosmed, akun adsense yang belum PIN ini pun sudah menerima teguran dan menerima sanksi pembatasan iklan dengan alasan traffik tidak valid, sungguh hal yang membuat down bagi blogger pemula seperti admin.

Nah barangkali ada yang senasib (mudah – mudahan jangan), berikut ini TEKNOTenar berikan beberapa tips agar tetap semangat membuat konten walaupun apapun yang terjadi.

 

1. Sabar dan Tekun

Kesabaran adalah kunci utama bagi blogger pemula maupun yang sudah senior, bukan tanpa alasan mengingat persaingan di dunia internet saat ini semakin ketat, terlebih bagi mereka yang memiliki modal besar mungkin dapat menggunakan tool canggih untuk sekedar mencari trending dan membuat artikel secara instant. Tetap tekuni apa yang menjadi tugas kita dan apa yang menjadi tujuan kita membuat dan terjun kedunia blogging ini.

 

2. Berusaha Konsisten

Konsisten bukanlah hal yang mudah, terlebih kita mungkin disibukan dengan kegiatan lain diluar sana yang tidak dapat ditinggalkan,  terkadang waktu habis untuk bekerja dan waktu istirahat mungkin badan sudah lelah dan memilih untuk terlelap. Disini kita harus ingat bahwa kita harus mencoba berusaha konsisten, cukup berusaha dulu saja, soal hasil nanti dapat dilihat sedikit demi sedikit seiring waktu. Mungkin kita menyempatkan menulis beberapa paragraf artikel disela – sela istirahat kita untuk kemudian disambung keesokan harinya, dan sebagainya.

 

3. Tetap Belajar Hal Baru

Meskipun kita misalnya sudah mahir membuat artikel yang mendatangkan traffik dan posisi blog kita sudah bagus bahkan mungkin sudah menghasilkan uang, kita hendaknya tetap memiliki kemauan untuk belajar hal baru khususnya dibidang yang sama dengan yang sedang kita tekuni saat ini. Misalnya jika kita seorang blogger maka ada baiknya kita mencoba merambah ke dunia youtube, tiktok dan sebagainya yang masih berkaitan dengan konten kreator. Jangan pernah berhenti untuk belajar bahkan jika kita seorang guru.

 

4. Ingat Tujuan Awal

Jika tujuan awal kita membuat blog adalah adsense atau penghasilan, maka kerjakan dengan semangat demi hal tersebut, jangan ragu dan jangan setengah – setengah. Mungkin sebagian orang mengatakan bahwa kita membuat blog harus berdasarkan hobby dan jangan mengejar uang.  Disini saya katakan BOHONG. Siapa pada saat ini yang menulis blog hanya berdasarkan hobby, mungkin sepuluh tahun kebelakang hal ini masih berlaku, namun dengan adanya media sosial lain yang lebih populer akan menafikan hal tersebut. Meskipun ya, berharap banyak pada adsense atau penghasilan diawal – awal kita mulai terjun ke dunia blogging adalah mustahil, prosesnya sangat lambat namun akan terus berjalan dan bertambah seiring waktu. Pada saat konsisi kita down dan merasa lelah, maka ingat kembali tujuan awal kita membuat serta terjun ke dunia blogging. Ingat uangnya dan semangat untuk hal itu.

 

5. Berdo’a

Pada tahap ini adalah wajib hukumnya, kita sebagai manusia yang mempunyai kepercayaan dan hati nurani, tentunya menyadari bahwa tanpa kekuatan dari sang pencipta segala sesuatu tidak akan mungkin terjadi, maka dari itu tetep panjatkan do’a disamping kita berusaha semaksimal mungkin. Tuhan akan membalas dari arah yang tidak kita sangka sebelumnya.

 

Nah itulah sedikit masukan serta motivasi mengenai cara agar selalu semangat membuat konten. Sekali lagi ini adalah pengigat untuk diri admin dan untuk kita semua yang membutuhkan, semoga membantu.

Salam admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.

 

 


Post a Comment for "5 Tips Agar Tetap Semangat Membuat Konten Blog"