Segera Lakukan ini Saat Akun Adsense Mengalami Pembatasan Iklan


TEKNOTenar.com – Memperoleh penghasilan dari blog tentu impian setiap blogger, salah satu cara mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan menautkan situs blog tersebut ke Google Adsense. Google Adsense adalah salahsatu program perantara antara pengiklan (Advertiser) dengan Publisher yang dalam hal ini blogger.

Tentu kita senang saat hasil jerih payah kita membuahkan hasil, namun bagaimana jadinya jika tiba – tiba akun Adsense kita mengalami pembatasan iklan? Tentu kita akan panik, apalagi jika kita merasa tidak melakukan sesuatu yang melanggar kebijakan google.

Jika kita merujuk pada situs bantuan Adsense, penyebab pembatasan iklan di Google Adsense yang paling sering adalah karena Traffik tidak Valid atau Invalid Traffic (IVT), selain itu juga karena sistem algoritma google mendeteksi percobaan curang yang dilakukan publisher seperti mencoba meng-klik iklan sendiri dan sebagainya.

Pada dasarnya advertiser akan membayar publisher untuk setiap iklan yang di klik oleh pengguna atau pengunjung blog kita dengan nilai beragam atau Cost Per Click (CPC), nah sistem google tentunya sangat melindungi advertiser atau pemasang iklan sebagai partner mereka, google memastikan dengan sistemnya agar klik pada iklan benar – benar dilakukan oleh manusia sesuai keinginannya dan bukan dilakukan oleh bot atau bahkan paid traffic (pihak ketiga yang dibayar publisher untuk meng-klik iklan). Maka dengan demikian google berusaha mencegah kerugian pada advertiser tersebut.

Lalu apa yang harus kita lakukan jika kita mendapatkan email pembatasan iklan dan akun adsense kita menampilkan notifikasi “ Jumlah iklan yang dapat anda tampilkan telah dibatasi, buka pusat kebijakan untuk melihat detailnya “ ?

Berikut ini TEKNOTenar akan menjelaskan secara sederhana mengenai apa yang harus dilakukan jika akun adsense kita mengalami pembatasan iklan sesuai dengan pengalaman admin sendiri.

  1. Teruskan Membuat Konten
  2. Evaluasi Blog dan Sumber Traffic
  3. Kurangi Jumlah Iklan yang ditampilkan
  4. Hindari Klik Iklan Sendiri
  5. Hati – hati saat menggunakan Paid Traffic
  6. Hentikan sementara Share di Media Sosial
  7. Bersabar menunggu Pembatasan Hilang
  8. Copot Semua Kode Adsense dari Blog


Mari kita bahas satu persatu,

 

1. Teruskan Membuat Konten

Sejatinya kita sebagai seorang publisher dituntut untuk tunduk pada aturan Adsense. Pembatasan Iklan Adsense adalah cara google untuk meminimalisir klik iklan oleh bot atau hal apapun karena sistem mendeteksi trafik tidak valid pada blog kita. Perlu kita pahami kata – katanya adalah PEMBATASAN IKLAN, bukan menghilangkan apalagi menutup. Maka dari itu tidak perlu merasa panik dan berfikir macam – macam karena hanya bersifat sementara. Anggap saja pembatasan iklan ini adalah suatu peringatan dari google karena hal – hal yang mungkin terjadi di atas.

Teruskan membuat konten yang bermanfaat dan mendatangkan trafik tinggi, justru dengan adanya pembatasan iklan berarti menunjukan bahwa blog atau situs kita mendapat perhatian lebih dari sistem google. Pada saat akun kita mengalami pembatasan iklan, akan lebih baik untuk membuat dan memposting konten artikel sebanyak – banyaknya agar trafik blog kita membaik, dengan begitu lambat laun google akan melepas pembatasan iklan di akun kita dengan sendirinya.

 

2. Evaluasi Blog dan Sumber Traffik

Sambil kita terus update dengan membuat serta mempublish artikel – artikel bermanfaat dan mendatangkan trafik, ada baiknya kita membuka google analytic kita serta melihat sumber trafik blog kita berasal dari mana saja, bisa jadi ada trafik dari sumber yang tidak diketahui yang membanjiri blog kita serta melakukan klik iklan berkali – kali secara sengaja oleh seseorang atau kelompok orang untuk menjatuhkan blog kita.

Sumber trafik yang disukai google adalah yang berasal dari mesin pencarian dan dilakukan secara organik oleh manusia asli, disini berarti google juga dapat membaca minat pengunjung dengan sistemnya, apabila memang sesuai maka google menganggap trafik itu sebagai trafik organik.

 

3. Kurangi Jumlah Iklan yang ditampilkan

Dilansir dari beberapa situs dan pengalman orang – orang didalamnya, hel berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan mengurangi jumlah iklan di blog kita, apalagi jika trafik blog kita masih dikisaran puluhan dan ratusan.

Dengan pengurangan jumlah iklan yang tampil tentu akan berdampak pada penghasilan kita, namun cara ini dipercaya dapat menghilangkan peringatan pembatasan iklan.

Caranya adalah dengan membuka akun Adsense lalu masuk ke bagian iklan -> iklan otomatis -> Pemuatan Iklan, lalu turunkan sampai kira – kira 30 persen atau bisa kurang.

 

4. Jangan Klik Iklan Sendiri

Klik iklan sendiri merupakan hal yang sangat dilarang oleh peraturan adsense, selain hal tersebut terasa aneh tentu saja merugikan pihak advertiser yang membayar untuk CPC, dengan klik iklan sendiri selain berpotensi iklan akan dibatasi juga berpotensi akan membuat akun Adsense kita dibanned permanen.



5. Hati – hati saat menggunakan jasa Paid Traffic

Untuk memperoleh penghasilan besar, ada sebagian blogger yang membayar sejumlah orang untuk mengunjungi situsnya dan membayar mereka untuk meng-klik iklan yang terdapat pada blog tersebut. Banyak juga jasa yang menawarkan untuk hal demikian, namun hati – hatilah saat menggunakan jasa paid trafik, apalagi jika jasa yang ditawarkan terlihat tidak wajar dan lain sebagainya. Sepintar apapun para pemain traffik organik, algoritma google lebih pintar lagi untuk mendeteksi berbagai praktek kecurangan ini.

 

6. Hentikan sementara share di Media Sosial

Kegiatan sharing di media sosial memang menyenangkan, apalagi jika sharing tentang link artikel kita, tentu akan mendatangkan trafik juga kedepannya.

Sisi negatifnya, cara seperti ini akan membuat siapapun (yang merasa iri) dapat membuka blog kita dan melakukan boom klik pada iklan di akun kita sehingga Adsense mengalami kebangkrutan.

 

7. Bersabar menunggu Pembatasan Hilang

Jika cara – cara diatas sudah kita lakukan, maka langkah berikutnya adalah bersabar dan menunggu keputusan google untuk mencabut pembatasan iklan tersebut.

Sekali lagi perlu diingat bahwa PEMBATASAN Iklan ini bersifat sementara, menurut pusat bantuan google, google secara otomatis akan menilai situs kita dan mengevaluasi masalahnya, pembatasan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 30 hari bahkan bisa bulan – bulan juga tergantung tingkat masalah yang dihasilkan, bahkan beberapa pengguna mereka dapat terbebas dari pembatasan iklan ini dalam hitungan minggu saja.


8. Copot Semua Kode Adsense dari Blog

Selama menunggu, ada baiknya untuk mencopot semua kode adsense dari blog, baik itu kode iklan manual (unit iklan) maupun kode yang diletakan biasanya diantara <head> dan </head> pada template blog.

Beberapa teman ada yang berhasil dengan cara mencopot kode adsense ini, namun ada juga yang hanya membiarkannya saja tanpa mencopotnya dan pada akhirnya notifikasi tersebut hilang sendiri, hanya waktunya saja yang tidak bisa ditentukan.


Nah itulah yang harus dilakukan saat akun Adsense kita mengalami pembatasan iklan, Semoga membantu.

Salam admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.

Post a Comment for "Segera Lakukan ini Saat Akun Adsense Mengalami Pembatasan Iklan"