Solusi Jitu Jika Paket Salah Kirim, Salah Alamat atau Terlambat Datang

 


TEKNOTenar.com - Berbelanja online mungkin sudah menjadi kebiasaan yang menyenangkan bagi sebagian orang, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan dan dekat dengan toko besar maupun tempat produksi barang yang dibeli (pabrik/gudang), sekali pesan maka dalam hitungan jam bahkan menit maka barang yang dibeli tadi akan segera sampai di depan pintu rumah.

Namun bagaimana dengan pembeli yang tinggal di desa atau katakanlah beda kota bahkan beda pulau dengan si penjual, maka barang tersebut tentunya memerlukan waktu untuk sampai di tangan, bisa berhari - hari bahkan berminggu - minggu.

Selain karena faktor waktu, aktifitas berbelanja secara online juga sering disusupi aksi - aksi penipuan yang kian meresahkan dan telah memakan banyak korban. Oleh karena itu waspada dan bijaklah dalam memilih toko dan jasa kirim saat berbelanja online. 

Memang sudah tersedia banyak jasa ekspedisi terpercaya dan siap mengantarkan paket ke seluruh Indonesia, namun kendala sudah tentu ada, salah satunya adalah paket yang salah kirim alias nyasar, padahal alamat yang dicantumkan sudah benar.

Paket yang salah alamat seperti ini biasanya tertulis status paket ditahan sementara karena salah sortir atau salah dikirimkan, nah sebagai pembeli maupun penjual tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut karena sama - sama merugikan kedua belah pihak.

Banyak orang sudah mengalami perihal paket salah kirim ini, bahkan diantaranya paket benar - benar sudah diterima oleh orang lain dengan status delivered, padahal nyata - nyata belum kita terima.

Beberapa hal yang biasanya menyebabkan paket salah dikirimkan adalah sebagai berikut,

Pertama, tidak mencantumkan alamat dengan benar dan lengkap. Penulisan alamat yang benar harus dimulai dengan lokasi terkecil dahulu, misalnya nomor apartment, nomor rumah atau perumahan, jalan, RT/RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan kemudian baru Kabupaten dan Provinsi. Jangan lupa sertakan juga Kode Pos yang sesuai.

Kedua, lupa atau sengaja tidak mau mencantumkan nomor HP penerima paket. Nomor HP ini sangat penting karena kurir bisa dengan mudah menghubungi penerima paket jika mengalami kendala kesulitan menemukan alamat penerima paket tersebut. Misalnya dengan fitur ShareLoc pada Smartphone dan sebagainya.

Ketiga, pastikan kemasan paket sesuai dengan standar jasa pengiriman yang digunakan, hal ini sama pentingnya karena setiap jasa ekspedisi menerapkan kebijakan yang berbeda terkait kemasan luar dan berat paket yang akan mereka kelola. Hal ini mungkin terdengar sepele dan terkesan tidak ada kaitannya, namun pada kenyataanya masalah kemasan luar paket juga bisa menyebabkan paket ditahan sementara dan pada akhirnya paket akan lambat sampai kepada penerima. Oleh karena itu maka pastikan Anda sudah memahaminya sebelum mengirimkan paket.

Jika ketiga hal diatas sudah terpenuhi, maka kecil kemungkinan paket akan salah alamat. Namun jika paket tetap salah dikirimkan alias masih nyasar juga maka jalan satu - satunya adalah dengan melakukan komplain ke pihak ekspedisi dengan menghubungi nomor customer service-nya.

Selain menghubungi CS pihak jasa kirim, Anda juga bisa melakukan hal yang lebih konkret, misalnya pihak ekspedisinya sebut saja JNE, maka Anda dapat langsung mendatangi kantor cabang JNE terdekat di kota Anda. Pastikan sebelum pergi ke kantornya Anda melengkapi dulu data pengirim paket, penerima paket, tanggal kirim, no resi hingga no handphone kedua belah pihak.

Anda juga bisa mengadukan hal tersebut melalui Media Sosial maupun Email dari pihak ekspedisi, misalnya untuk JNE Anda bisa mengadukannya di,

  • Facebook : JNE
  • Instagram : @JNE_ID
  • Twitter : @JNE_ID
  • Email : customercare@jne.co.id

Jelaskan secara detail permasalahan Anda terkait layanan mereka, namun jangan dulu terbawa emosi sehingga merekapun akan melayani Anda dengan baik. Langsung to the point saja. Misalnya : Komplain Paket Salah Kirim, No Resi XXXXX... lalu ceritakan secara singkat dan jelas keluhan yang anda alami dan jangan lupa pada bagian akhir cantumkan mohon segera ditanggapi.

Baca Juga :8 Jenis Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil Menurut Dokter Ahli

Jika paket memang hanya salah alamat, maka jangan khawatir karena paket akan tetap sampai ke tangan Anda, hanya saja durasi waktunya yang akan bertambah lama dari estimasi. Namun jika paket sudah benar - benar delivered maka koordinasikan juga dengan pengirim / penerima paket agar proses komplain bisa lebih cepat.

Anda juga bisa mengecek resi paket secara online dengan gratis, perlu diketahui bahwa situs cekresi ini mengupdate data secara realtime berdasarkan update dari pihak ekspedisi.

Nah semoga membantu, Salam Admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.

Post a Comment for "Solusi Jitu Jika Paket Salah Kirim, Salah Alamat atau Terlambat Datang"