Segera Lakukan 8 Tips ini agar Sukses menjadi Reseller


TEKNOTenar.com - Reseller adalah sebutan bagi orang yang menjual barang dengan sistem persenan atau bagi hasil antara pemilik barang dengan sang reseller tersebut.

Menjadi seorang reseller merupakan solusi bagi sobat yang ingin berjualan online namun tidak memiliki modal. Sobat hanya tinggal mencari penjual yang membutuhkan jasa reseller lalu daftarlah menjadi agennya untuk mulai berjualan dan berbisnis. Cepat atau lambat dijamin sobat akan mendapat keuntungan dengan modal minimal atau bahkan tanpa keluar modal sama sekali.

Dalam menjalankan bisnis dengan sistem reseller, sobat memerlukan setidaknya sebuah Smartphone yang dapat mendukung bisnis sobat agar lebih efisien.

Segala sesuatu perlu ilmu dan tips agar berhasil, maka dari itu berikut ini adalah 8 Tips yang bisa sobat gunakan untuk menjadi seorang reseller sukses. Yuks langsung saja di simak .


1. Fokuslah pada Satu atau Beberapa Produk

Dengan banyaknya pilihan barang atau jasa yang ditawarkan dengan sistem reseller serta persenan yang menggiurkan tentu sobat akan tertarik dengan tawaran - tawaran tersebut. Namun ada baiknya agar sobat berusaha untuk fokus pada satu atau beberapa produk dulu, pahami dan promosikan produk tersebut dengan sebaik - baiknya.

sekali lagi meskipun banyak produk menarik yang ditawarkan, ada baiknya sobat jangan memilih semuanya namun fokuslah pada satu atau beberapa produk saja. Dengan begitu, sobat akan lebih fokus dan terarah dalam memasarkan produk tersebut, konsumen pun akan mengenal sobat dengan produk yang sobat jual.

Misalnya menjadi seorang reseller sukses di bidang kosmetik TENAR Beauty maka konsumen akan mengingat sobat dengan merek kosmetik tersebut, dan sebagainya.


2. Pilih Suplier yang Tepat

Suplier atau pemasok barang adalah nyawa bagi seorang reseller, terlebih bagi mereka yang sudah memiliki nama dan pelanggan tetap, stok barang haruslah selalu tersedia. Oleh karena itu, memilih supiler yang tepat sangatlah penting, hal ini selain akan berpengaruh pada kualitas produk juga akan berpengaruh pada keuntungan dikarenakan perbedaan harga yang signifikan.

Membeli barang dari supplier yang tidak tepat akan memengaruhi omset penjualan sobat, bahkan pelanggan mungkin saja akan kecewa dikarenakan kualitas produk yang jelek serta selisih harga yang terpaut jauh dari reseller lain. Bukan tidak mungkin pelanggan sobat akan menjauh dan berpaling.

Selain harus memilih suplier secara bijak, juga harus dilakukan cek dan ricek secara berkelanjutan untuk memastikan kualitas produk dan harga yang tetap bersaing dipasaran.

Untuk memulai berjualan dan mengisi stok barang, beberapa suplier memang tidak membebankan sistem bayar dimuka alias model titip (khusus sistem online), namun bagi sobat yang menggunakan sistem offline atau stok barang di toko sobat memang diwajibkan membayar sejumlah uang dahulu, untuk yang tidak memiliki modal cukup sistem offline sebaiknya dihindari dulu atau sobat juga bisa mengajukan pinjaman KUR di BRI terdekat untuk suntikan modal.


3. Aktif Promosi 

Promosikan produk sobat secara aktif dan terus menerus baik itu secara langsung seperti saat acara bersama keluarga, teman dan rekan - rekan kerja ataupun secara online seperti mempromosikannya di Page Facebook, TikTok, membuat Video YouTube dan sebagainya.

Jangan pernah lelah untuk mempromosikan produk sobat, sebutkan kelebihan - kelabihannya dan jangan pernah berhenti bahkan saat produk sobat sudah dikenal luas. Ingat, perusahaan besar seperti misalnya Microsoft, Apple, SAMSUNG, Lazada, Shopee dan sebagainya, mereka bahkan semakin gencar mempromosikan layanan serta produknya bahkan saat merk mereka sudah dikenal dimana -mana.


4. Selalu Update Informasi

Masih berkaitan dengan nomor 3 diatas, seorang reseller wajib hukumnya untuk update informasi yang dimilikinya terutama mengenai produk yang dijualnya, gunanya untuk memastikan infromasi harga, kondisi stok serta perubahan - perubahan lain yang mungkin akan memperngaruhi bisnis yang sobat jalani.

Setiap informasi yang diberikan suplier wajib sobat ketahui karena hal ini akan berpengaruh terhadap kerugian atau keuntungan yang akan sobat dapatkan.

Selain update informasi mengenai produk yang sobat jual, penting juga untuk mengetahui produk lain atau selera pasar yang sedang trend saat ini, hal tersebut sangat penting karena akan berhubungan dengan cara sobat dalam memasarkan produk sobat kedepannya.


5. Layani Pelanggan dengan Baik

Dalam bisnis pelanggan adalah raja, jadi pastikan tidak ada raja yang berhutang agar bisnis sobat semakin lanjay alias lancar jaya, awok3x...

Melayani pelanggan dengan baik adalah sama pentingnya dengan memilih suplier yang berkualitas, jika pelanggan puas maka dengan sendirinya mereka akan mempromosikan produk atau jasa sobat ke lingkaran mereka dan promosi dari mulut ke mulut merupakan promosi paling populer dari masa ke masa.

Sebaliknya, jika pelanggan kurang puas maka mintalah maaf dan minta sarannya agar selain mereka merasa dihargai juga akan mengurangi dampak negatif bisnis sobat dikemudian hari, mereka yang kurang puas namun dimintai pendapat atau saran mungkin melupakan untuk berkomentar buruk tentang bisnis sobat kepada orang lain atau bahkan mereka bisa datang kembali, baik itu untuk sekedar mengecek atau memang ada kepuasan tersendiri.


6. Ikuti Trends dan Kemauan Pasar

Sobat tentu masih ingat dengan NOKIA, brand ternama yang kini terpuruk karena mereka merasa terlalu yakin atas produknya dan tidak mengindahkan trends saat itu, dimana produsen ponsel berlomba - lomba menciptakan inovasi baru dengan layar sentuh dan sistem operasi android sedangkan Nokia mempertahankan ciri khasnya.

Oleh karena itu, mengikuti trends akan membuat produk serta jasa yang sobat tawarkan selalu terasa segar dan baru dimata konsumen.

7. Jangan Sepelekan Kompetitor

Kompetitor sebenarnya adalah rekan seperjuangan, karena mereka juga sama - sama memasarkan produk sejenis dengan produk yang sobat jual, tergantung bagaimana sobat menyikapinya. Pastikan agar sobat melakukan persaingan dengan sehat agar tidak ada dampak buruk yang terjadi di kemudian hari.

Sobat bisa menerapkan konsep ATM atau Amati, Tiru dan Modifikasi strategi bisnis yang diterapkan kompetitor, namun pastikan untuk selelu update dan sesuaikan dengan kondisi bisnis yang sobat jalani.

Jika perlu, ajak kompetitor kerja sama. Contohnya misalnya dengan membuat konten iklan bersama (disini bisa disesuaikan dengan kreatifitas), bahkan konten sindir menyindir pun akhirnya dapat memperkenalkan kedua merk atau nama toko ke khalayak ramai.

Selain itu, kerja sama juga akan menciptakan harga pasaran yang kempetitif sehingga pada akhirnya akan menciptakan win-win solution. 

8. Lakukan Evaluasi

Sederhananya evaluasi diperlukan untuk melihat perkembangan, keuntungan bahkan kerugian bisnis reseller yang sobat jalani saat ini. Evaluasi sebaiknya dilakukan dalam kurun waktu tertentu misalnya setiap bulan, per tiga bulan dan setiap akhir tahun.

Catat seluruh transaksi, kebutuhan barang dan stok yang tersedia, kondisi keuangan serta bagaimana masukan - masukan dari palanggan yang sifatnya membangun. Jangan ragu untuk mengambil tindakan yang diperlukan demi kelancaran bisnis yang sobat jalani.

Pastikan agar sobat berhati - hati dalam setiap transaksi bisnis yang dilakukan apalagi dengan banyaknya penipuan online saat ini.

Tips : Kondisikan juga pelanggan yang diberi utang, bagaimana cara pembayaran serta waktu jatuh tempo agar bisnis sobat tidak macet dan modal tertahan terlalu lama pada pelanggan. Jika sobat memutuskan untuk memberikan utang, maka sobat sudah tahu konsekuensinya dan bagaimana cara menghadapinya.

Nah, itulah 8 Tips agar sukses menjadi reseller yang dapat sobat terapkan ke bisnis yang sedang sobat jalani, semoga membantu. Salam Admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.

Post a Comment for "Segera Lakukan 8 Tips ini agar Sukses menjadi Reseller"