Cara Mengatasi Peringatan Postingan Facebook, Verifikasi ID Palsu dan Tips Menghindari Pembobolan Akun

 


TEKNOTenar.com – Facebook merupakan salah satu media sosial terpopuler di dunia yang dapat digunakan secara gratis, meskipun ketenarannya saat ini mulai tergeser karena munculnya aplikasi TikTok dan Instagram.

Seiring berjalannya waktu dan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, Facebook terus memperbaharui kualitasnya, baik dari segi kenyamanan, keamanan serta fitur – fitur baru yang ditawarkan. Facebook juga meluncurkan Facebook Messenger sebagai sarana chatting antar pengguna dan Facebook Gaming sebagai sarana live streaming para gamer yang kian populer hingga saat ini.

Setelah berhasil mengakusisi Instagram dan Whatsapp, Facebook mulai merambah ke dunia virtual melalui program Meta, sejenis program masa depan yang memungkinkan seseorang bahkan perusahaan membeli dan memiliki aset di dunia virtual.

Namun baru – baru ini ramai di media sosial tentang pembajakan akun Facebook yang dilakukan pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab. Ciri – ciri akun Facebook yang diretas adalah jelas, seperti tiba – tiba misalnya terdapat notifikasi aktivitas login dari perangkat yang tidak kita kenal, sandi Facebook berubah, terdapat penambahan nomor HP yang bukan milik kita, dan yang paling parah bahkan kita kehilangan akses ke akun Facebook kita alias logout secara tiba – tiba dan tidak bisa login kembali, biasanya disertai postingan – postingan tidak senonoh di akun kita tanpa sepengetahuan kita.

Baca Juga : Tips Menghindari Penipuan Saat Belanja Online

Bagaimana cara menghindari pembobolan akun Facebook? Atau setidaknya meminimalisir resiko agar akun kita tidak mudah dibobol. Berikut ini TEKNOTenar berikan tips sederhana untuk menghindari pembobolan akun Facebook yang sangat mudah untuk di praktekan.

 

Hapalkan Email, No. HP dan Password Facebook

Seperti halnya media sosial lain, Facebook memerlukan setidaknya sebuah nomor HP maupun Email yang digunakan untuk mendaftar dan membuat akun di Facebook. Sebisa mungkin hapalkan atau buatlah catatan di tempat terpisah (kalau gak hapal2, awok3x) tentang data akun kita seperti email, nomor HP dan juga password Facebook, jadi sewaktu – waktu akun kita tidak sengaja logout atau dalam kasus terburuk kehilangan HP, maka dengan mudah kita bisa login di HP lain dengan mudah.

 

Pastikan Email dan Nomor HP Masih Aktif

Tips yang kedua adalah pastikan email maupun nomor hp yang di daftarkan di Facebook atas nama akun kita masih aktif dan kita masih dapat mengaksesnya. Tujuannya adalah jika sewaktu – waktu akun Facebook logout baik karena ganti device bahkan ketika akun kita terkena phising atau pencurian data dan sandi diubah tanpa sepengetahuan kita, maka dengan mudah kita bisa memulihkan akun kita dengan mengikuti panduan yang diberikan pihak Facebook. Biasanya sistem Facebook otomatis akan mengirimkan kode verifikasi ke email atau nomor hp aktif yang kita daftarkan di akun Facebook tersebut.

Pada banyak kasus, pengguna kehilangan akun Facebook mereka karena lupa email dan nomor hp sudah tidak aktif. Jadi, kemungkinan kecil akun bisa pulih bahkan mungkin akun akan dikunci oleh sistem Facebook karena terus – menerus mencoba login sehingga terdeteksi sebagai aktifitas mencurigakan.

 

Perhatikan Kekuatan Password

Password adalah kata kunci yang digunakan untuk masuk kedalam sebuah situs atau akun. Password merupakan unsur terpenting dalam tahapan kita membuat akun Facebook, password yang kuat akan semakin menyulitkan peretas untuk membobol akun kita.

Bagi sebagian orang, apalagi mereka yang awam teknologi dan hanya sekedar ‘ingin punya’ sebuah akun Facebook, perihal password tidaklah menjadi perhatian, asalkan mudah diingat maka sudah cukup. Biasanya mereka menggunakan tanggal lahir sebagai password, hal tersebut sangat berbahaya karena mudah sekali ditebak.

Untuk lebih aman, gunakanlah password yang kuat serta sulit ditebak, misalnya mengkombinasikan antara angka dengan huruf serta menambahkan karakter khusus untuk lebih memperkuat password kita.

 

Ganti Password Secara Berkala

Setelah kita memahami bagaimana cara membuat password yang baik, maka ada baiknya kita mengganti atau merubah password Facebook kita secara berkala, misalnya tiga bulan sekali atau jika ada aktivitas mencurigakan di akun kita, biasanya ada notifikasi dari sistem Facebook itu sendiri, seperti login di perangkat atau tempat tidak dikenal.

 

Jangan Sembarangan Men-klik Link

Link merupakan sebuah tautan yang akan membawa kita ke halaman sebuah website. Kita sebaiknya jangan sembarangan meng-klik link tersebut, apalagi yang bersumber dari situs – situs tidak terpercaya, misalnya berakhiran site, xzy, bizz, dll.

Link – link yang bertebaran di Facebook memang bermacam – macam, ada yang hanya sekadar promosi namun ada juga yang memang bertujuan untuk mencuri data kita. Kebanyakan mereka akan menawarkan hadiah, kupon, undian bahkan berkedok peningkatan keamanan dan pemulihan akun.

Pada beberapa kasus, akun Facebook akan menerima notifikasi yang berasal dari postingan seseorang atau sebuah akun misalnya bernama “Peringatan Postingan”, “Verifikasi ID“, dan lain sebagainya dengan foto profil logo Facebook dan mereka memposting kira – kira isinya begini : “Segera lakukan verifikasi identitas, atau segera lakukan pemulihan akun sekarang juga, jika tidak maka akun akan terhapus tanpa pemberitahuan lebih lanjut” serta dibawahnya biasanya terdapat link dan kata – kata “klik link berikut untuk memulihkan akun anda

atau,

TIM PEMBLOKIRAN FACEBOOK

M-UTUSAN RESMI FACEBOOK

Dengan adanya laporan dari pengguna lain, Facebook andaa memiliki konten yang tidak pantas dan berkata kasar, Sara, Penghinaan dan Pelecehan nama baik.

Jika anda merasa tuduhan ini tidak benar, maka silahkan klik link untuk membatalkan pemblokiran dan memastikan bahwa anda benar - benar pemilik Facebook tersebut. 

Silahkan klik tautan dan LENGKAPI DATA ANDA dengan benar di bawah ini,\

disini biasanya link (ieu teh link phising gaess... ulah di kelik yah...)

APABILA TIDAK MEMBATALKAN PEMBLOKIRAN, FACEBOOK ANDA AKAN DI NONAKTIFKAN TANPA PEMBERITAHUAN LAGI.

FACEBOOK SECURITY 2022


Sebagai pengguna, tentunya kita akan merasa panik dan menyangaka postingan tersebut adalah peringatan resmi dari Facebook, lalu tanpa berfikir lama kita akan meng-klik link dan mengisi formulir seperti nama, no HP, email dan kata sandi. Sebenarnya hal tersebut adalah palsu dan yang sedang terjadi adalah kita menjadi korban phising atau pencurian data. Data yang didapatkan tentu saja bisa disalahgunakan oleh si peretas, misalnya mengambil alih akun dan menghapus kontak di dalamnya, sehingga kita tidak mungkin untuk memulihkan lagi akun kita.

Sekali lagi, JANGAN DI KLIK.

Situs – situs besar nasional seperti Merdeka.com, Kompas TV, Republika.co.id, turnbackhoax.id, bahkan situs resmi Kominfo pun sudah menyatakan bahwa Peringatan oleh Tim Facebook adalah HOAX.

KomInfo : baca disini

turnbackhoax.id : baca disini

Kalaupun sudah terlanjur kita klik, maka sebaiknya jangan mengisi data, ataupun jika sudah terlanjur mengisi data maka secepatnya kita ganti email, kata sandi dan amankan akun. Jika beruntung maka akun kita masih selamat.

Nah, itulah sedikit tips yang bisa TEKNOTenar bagikan agar kita dapat mengatasi peringatan akun FB, Status akun di Nonaktifkan, dilaporkan pengguna lain dan sebagainya. Semoga dengan menerapkan tips diatas, kita terhindar dari yang namanya pencurian data atau setidaknya meminimalkan resiko akun Facebook keluar sendiri, terdapat Peringatan Postingan Palsu, Peringatan Pemblokiran, Verifikasi ID palsu bahkan pengambil alihan akun Facebook.

Semoga bermanfaat, Salam admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.

 

Post a Comment for "Cara Mengatasi Peringatan Postingan Facebook, Verifikasi ID Palsu dan Tips Menghindari Pembobolan Akun"