Buruan Instal, Inilah Aplikasi Wajib Buat Youtuber Modal HP yang Harus Sobat Tahu !

 


TEKNOTenar.com – Menjadi seorang Youtuber merupakan impian bagi sebagian orang, apalagi mengingat banyak orang yang sukses di dunia youtube dengan penghasilan yang fantastis. Untuk menjadi seorang youtuber memang tidak mudah, apalagi jika sobat bukan seorang artis atau publik figur yang sudah mempunyai nama besar di masyarakat. Namun bukan berarti tidak mungkin, selama mau belajar dan berusaha maka menjadi youtuber yang menghasilkan bukan hanya sekedar impian.

Menjadi seorang youtuber selain membutuhkan skill shooting dan editing video yang memadai, tentu membutuhkan peralatan yang memadai juga seperti kamera, mic dan komputer. Namun bagi yang yang belum memiliki peralatan tersebut bisa memulainya dengan menggunakan HP saja, baik itu iPhone maupun android.

Spesifikasi HP keluaran terbaru beberapa tahun ini sudah sangat memadai untuk dijadikan alat memulai sebuah channel youtube, karena memiliki kamera yang juga bisa diandalkan untuk merekam video yang akan sobat upload ke channelmu..

Untuk memulainya sobat bisa membuat channel youtube dari nol, lalu untuk mulai memproduksi konten video maka sobat membutuhkan beberapa aplikasi yang wajib terinstal di smartphone atau HP sobat seperti yang TEKNOTenar rangkum dibawah ini.


Aplikasi Kamera

Ya, aplikasi kamera merupakan aplikasi utama yang sobat butuhkan untuk mulai merekam video dan menyimpannya di memori HP untuk kemudian di edit sedemikian rupa sebelum di upload. Aplikasi kemera ini pada umumnya sudah terpasang secara default di setiap HP android maupun iPhone, namun jika dirasa hasilnya kurang memuaskan sobat bisa mencari aplikasi kamera lain di PlayStore maupun AppStore, contohnya seperti Open Camera, B612 dan lain sebagainya.

 

Aplikasi Editing Video

Aplikasi editing video jelas berfungsi untuk mengedit video yang sobat rekam, seperti memotong, menggabungkan, menambahkan efek visual, efek suara dan sebagainya. Contoh aplikasi editing video terbaik seperti yang admin TEKNOTenar pakai sampai saat ini adalah KineMaster.

KineMaster adalah aplikasi besutan KineMaster Corporation yang cukup powerfull dan dapat diandalkan untuk mengedit video. Terdapat berbagai efek suara, musik free copyright, berbagai font, serta efek suara dan visual lain yang  memukau dan dapat sobat download di storenya secara gratis. Selain itu kemampuannya dalam merender atau mengolah video sampai kualitas 4K perlu diacungi jempol. KineMaster dapat digunakan secara gratis, namun sobat bisa berlangganan untuk mendapatkan fitur pro dan terbebas dari iklan.

Aplikasi edit video lainnya yang cukup populer dan dapat diandalkan adalah PowerDirector, Filmora Go, InShoot, VN (Vlog Now), Viva Video Editor dan CapCut. Sobat dapat memilihnya dan mendownloadnya langsung dari Market atau situs resmi, tinggal coba sendiri dan sesuaikan dengan kenyamanan sobat saat menggunakannya.

 

Aplikasi Audio Editing

Dalam merekam video menggunakan Hp, seringkali kualitas suara yang dihasilkan kurang maksimal sehingga sobat perlu aplikasi tambahan untuk membuat suara sobat semakin jelas dan enak didengar, terlebih bagi sobat yang membuat konten musik atau lebih mengarah ke kualitas vokal. Beberapa konten kreator juga membuat rekaman audio terpisah lalu kemudian menggabungkannya untuk menjadi satu video dengan kualitas suara atau audio yang lebih baik, contohnya seperti konten masak dan traveling (dengan narasi).

Contoh aplikasi untuk merekam serta mengedit suara adalah Lexis Audio Editor, Anchor, Audio Lab, Noice dan lain sebagainya. Semua aplikasi tersebut tersedia di PlayStore maupun AppStore, sobat tinggal mencari dan mendownloadnya lalu rasakan sendiri dan sesuaikan dengan selera sobat saat menggunakannya.

 

Aplikasi Pembuat Thumbnail / Banner

Saat kita mencari sebuah video di youtube seringkali kita melihat gambar – gambar menarik pada video yang belum kita putar, gambar – gambar tersebut dinamakan sebagai thumbnail atau banner video. Para creator atau pembuat konten akan membuat thumbnail ini semenarik mungkin untuk membuat calon penonton memilih serta meng-klik video tersebut, biasanya mereka menggunakan aplikasi komputer seperti PhotoShop dan CorelDraw untuk hasil maksimal.

Namun bagi sobat calon youtuber, bisa juga menggunakan hp dengan mendownload aplikasi bernama PixelLab dan Canva untuk hasil maksimal atau aplikasi Thumbnail Maker untuk hasil instant. Aplikasi – aplikasi tersebut sangat bisa diandalkan baik itu untuk membuat banner, logo maupun thumbnail youtube yang menarik.

Sobat tinggal mencari dan mendownloadnya di PlayStore atau AppStore lalu rasakan sendiri dan sesuaikan dengan selera sobat saat menggunakannya.

 

Screen Recorder

Aplikasi ini berguna jika konten sobat berkaitan tentang tutorial ataupun tata cara menggunakan sebuah aplikasi. Gunanya untuk merekam layar HP sobat dan kemudian membagikannya dengan mudah ke channel sobat tanpa edit yang berlebihan. Biasanya pada beberapa merek ponsel seperti Xiaomi, Screen Recorder sudah tersedia secara bawaan atau default, sobat hanya tinggal memakainya saja. Namun jika tidak tersedia maka sobat tinggal mendownloadnya saja, salah satu screen recorder terbaik adalah DU Screen Recorder.

 

Intro / Outro Maker

Seringkali pada sebuah video youtube kita melihat sebuah intro atau pembuka video menarik yang menampilkan nama channel dan keterangannya disertai efek visual dan suara yang khas.

Intro Maker adalah sebuah aplikasi pembuat intro yang simpel dengan segudang efek visual dan suara sehingga dapat dengan mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun, karena sifatnya tinggal mengedit template yang disediakan.

Sedangkan outro adalah kebalikan dari intro, ini letaknya diakhir sebuah video dan biasanya berisi kredit atau ucapan terima kasih.

Intro (pembuka) ataupun outro (penutup) video sebenarnya bisa saja dibuat secara manual di aplikasi video editing sperti KineMaster di atas, namun sobat bisa menggunakan aplikasi Intro Maker ini untuk membuat intro maupun outro dengan lebih cepat dan menarik.

 

Nah, itulah sedikit aplikasi wajib yang harus sobat miliki jika hendak memulai menjadi seorang youtuber. Sebenarnya masih banyak aplikasi serupa yang dapat sobat cari dan dalami sendiri. TEKNOTenar menyarankan untuk mendownload dan menginstal aplikasi – aplikasi tersebut dari situs atau market resminya agar terbebas dari malware ataupun virus, kalau perlu berlanggananlah sebagai bukti penghargaan sobat kepada developernya, selain agar sobat mendapatkan fitur pro juga agar terbebas dari iklan.

 

 

Post a Comment for "Buruan Instal, Inilah Aplikasi Wajib Buat Youtuber Modal HP yang Harus Sobat Tahu !"