Tips Mendapatkan Ide serta Membuat Artikel yang Menarik untuk Postingan Blog

 


TEKNOTenar.com – Menjadi seorang penulis atau dalam hal ini menjadi seorang blogger, tentu dituntut untuk dapat membuat artikel berkualitas yang penuh manfaat serta enak dibaca. Namun sebelum sobat membuat artikel untuk blog, terlebih dahulu sobat harus mencari ide tulisan sesuai topik blog sobat yang nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah artikel.

Seorang blogger bukan hanya harus mengetahui cara membuat artikel di blog, namun juga harus mencari ide baru atau topik hangat sesuai niche yang akan dibahas sehingga menjadi artikel yang menarik untuk postingan blognya.

Bagi blogger senior berpengalaman, tentunya hal diatas sangatlah mudah untuk dilakukan, terlebih mereka mungkin dibantu oleh aneka tools pencari keyword untuk memaksimalkan tulisan artikelnya sehingga artikel mereka akan mudah terindex oleh google. Selain itu, situs media – media besar seperti halnya portal berita dan media hiburan tentu akan lebih mudah lagi terindex oleh google, karena selain  mereka mempunyai team ahli dan modal yang besar merekapun mempunyai grup situs – situs besar lainnya yang saling berkaitan dan saling mendukung satu sama lain seperti saling memberikan review, site ads, backlink dan lain sebagainya.

Namun sobat jangan berkecil hati karena rezeki nggak bakal kemana, palingan ke temen awok3x.... berikut ini admin TEKNOTenar mencoba merangkum beberapa hal yang perlu sobat blogger terapkan untuk dapat dengan mudah mencari ide untuk bahan artikel serta bagaimana cara membuat artikel yang menarik untuk pemula.


Niat yang Kuat

Pertama yang harus sobat tanamkan pastinya adalah niat untuk menjadi seorang blogger atau penulis web, niat yang kuat serta konsisten akan memudahkan sobat nantinya dalam membagi waktu untuk membuat artikel, sehingga artikel yang dihasilkan akan lebih berkualitas dan waktu publishnya pun terjadwal.

 

Riset Kata Kunci atau Keyword

Langkah berikutnya adalah melakukan riset kata kunci atau keyword, bagi sobat yang masih bingung apa serta bagaimana cara melakukan riset kata kunci, sederhananya riset kata kunci adalah mencari kata – kata yang sesuai atau relevan sekaligus paling banyak dicari atau diketikan pengguna di mesin pencari, tentunya sesuaikan dengan niche blog sobat ya...

Cara melakukan riset kata kunci paling sederhana adalah menggunakan mesin pencari google itu sendiri, pertama – tama pastikan sobat menghapus cache dan riwayat pencarian terakhir sobat, lalu ketikan di pencarian misalnya “ cara membuat artikel blog ” maka akan muncul dibawahnya hasil seperti “ cara membuat artikel blog dengan mudah, cara membuat artikel blog lewat hp, cara membuat artikel blog yang menarik, cara membuat artikel blog dengan baik dan benar, cara membuat artikel blog dalam bahasa inggris “ dan lain sebagainya. Sobat tinggal sesuaikan saja dengan artikel yang akan sobat buat.

Cara mencari topik yang sedang hangat paling mudah dan sederhana adalah menggunakan tool Google Trends yang sobat bisa buka dengan mengetikan google trends di mesin pencari, pilih negara atau kota lalu filter. Sedangkan jika ingin hasil yang lebih memuaskan lagi sobat bisa menggunakan tools berbayar seperti ubersuggest, keyword everywhere, LSI, tubebuddy dan lain sebagainya.


Mulai Menulis

Mulai menulis apapun yang terlintas dipikiran sobat saat itu juga, jangan terlelu membuang waktu untuk mencari dan memikirkan topik apa yang paling pas sehingga nantinya sobat akan kehilangan lebih banyak waktu dalam membuat sebuah artikel. Ide untuk membuat artikel yang menarik terkadang muncul dari pengalaman sobat sendiri, misalnya saja contoh sederhana hp sobat mengalami bootloop, lalu sobat panik dan mencari di google tentang bagaimana mengatasi hp bootloop, kemudian sobat praktekan lalu ternyata berhasil. Nah, pengalaman seperti itu bisa sobat tuliskan di blog sobat menjadi sebuah artikel yang menarik serta bermanfaat bagi pembaca, terlebih sobat menyertakan sumber serta tools yang digunakan untuk memperbaiki hp bootloop tadi.

 

Perbaiki Tulisan yang ada

Setelah sobat menuliskan misalnya kejadian atau pengalaman sobat menjadi sebuah tulisan, maka selanjutnya adalah melakukan koreksi serta memperbaiki tulisan sobat tersebut. Sisipkan kata kunci yang relevan di beberapa bagian artikel untuk memudahkan mesin pencari melakukan crawl atau index pada artikel sobat.

 

Melakukan Browsing

Melakukan browsing atau mencari ide untuk bahan artikel di internet sangat menjanjikan, karena dengan melakukan browsing tentu sobat akan menemukan topik serta ide – ide baru untuk bahan artikel sobat. Dikalangan para blogger, kegiatan ini bisa dilakukan dengan melakukan kunjungan ke blog – blog teman – teman ataupun kenalan (blogwalking). Namun pastikan setelah mendapatkan ide menarik, sobat jangan melakukan copy-paste artikel yang sudah tersedia, hal itu bisa berdampak buruk pada blog sobat, dalam kasus yang lebih parah blog akan dihapus oleh sistem google karena melakukan pelanggaran.

Selalu tulis ulang atau setidaknya revisi menjadi artikel unik baru yang lebih menarik, memiliki sudut pandang berbeda dan tentunya original karya sobat sendiri.

 

Nah, itulah sedikit cara membuat artikel menarik bagi pemula dan bagaimana cara mudah mendapatkan ide untuk bahan artikelnya, semoga membantu.

Salam admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.

 

Post a Comment for "Tips Mendapatkan Ide serta Membuat Artikel yang Menarik untuk Postingan Blog"