Begini Cara Cek Keaslian KTP dan Kartu Keluarga secara Online Pakai HP Android


TEKNOTenar.com – Saat ini dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan sebagainya sudah ditandatangani secara elektronik, artinya dokumen – dokumen tersebut resmi dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan terdaftar secara online di sistem mereka.

Sistem tanda tangan elektronik ini bersifat unik, artinya dokumen yang ditandatangani akan secara otomatis terdaftar di sistem dengan berisi data dokumen tersebut dan terikat kepada pejabat yang menandatanganinya. Berbeda dengan barcode yang bisa saja isinya sama, selain itu barcode juga bisa dibuat pihak ketiga karena beberapa aplikasi sudah dapat membaca serta menguraikan isi barcode tersebut.

Tanda tangan Elektronik pada dokumen kependudukan dilakukan oleh Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), sehingga tingkat keamanannya terjamin.

Untuk mengecek keaslian suatu dokumen kependudukan bisa dilakukan dengan mudah menggunakan HP, adapun caranya adalah sebagai berikut.


Pertama – tama siapkan dokumen yang sudah ditandatangani secara elektronik, dalam hal ini kita akan mengecek keaslian sebuah Kartu Keluarga

Kedua buka PlayStore atau AppStore lalu cari aplikasi bernama “ VeryDS “ dari Developer Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE). Install aplikasi tersebut di HP sobat.


Ketiga buka aplikasi yang sudah terisntal, lalu pilih VERIFIKASI DOKUMEN CETAK, untuk mengecek dokumen yang sudah tercetak atau PILIH BERKAS PDF jika dokumen sobat dalam bentuk PDF.

 

Keempat, izinkan penggunaan kamera lalu scan TTE (Tanda Tangan Elektronik) pada dokumen tersebut, pastikan dokumen bersih dan terbebas dari noda terutama dibagian tanda tangan elektronik tersebut. Tunggu sampai aplikasi membaca, jika sudah terbaca biasanya aplikasi secara otomatis mengarahkan ke website tempat informasi dokumen sobat berada.


Kelima, masukan kode captcha yang diminta, biasanya berupa huruf dan angka seperti pada gambar. Kode ini berfungsi untuk memverifikasi bahwa sobat adalah manusia dan bukanlah robot.


Keenam, selesai. Sobat bisa mengecek keaslian dokumen dengan membandingkan informasi yang terdapat pada website dengan versi cetak dokumen tersebut. Pada dokumen yang asli biasanya disertakan juga tanggal dokumen tersebut ditandatangani secara elektronik serta tanggal dicetaknya.

 

Jika TTE tidak menampilkan hasil, bisa jadi dokumen dalam keadaan tidak aktif, sudah terhapus di server, pemilik TTE sudah tidak terdaftar atau TTE tidak terbaca karena beberapa alasan seperti kotor atau rusak.


Jika kemungkinan diatas tidak berlaku, maka dokumen sobat bisa dipastikan palsu. Namun, pada beberapa kasus dokumen tetap terbaca namun tidak menampilkan hasil sesuai isi dokumen versi cetak, kemungkinan dokumen tersebut sudah diubah / dimanipulasi pihak ketiga sehingga tampak asli namun sebenarnya palsu.

Itulah cara bagaimana mengecek keaslian Kartu Keluarga menggunakan HP dengan cepat dan mudah. Semoga membantu, salam admin TEKNOTenar. Smart Tekno, Smart People.

 

Post a Comment for "Begini Cara Cek Keaslian KTP dan Kartu Keluarga secara Online Pakai HP Android"