Ini Kumpulan Bug MIUI 13 di Redmi Note 10 Series yang Sangat Mengecewakan



TEKNOTenar.com - MIUI 13 merupakan versi MIUI teranyar yang ditunggu - tunggu kehadirannya dikalangan pengguna HP Xiaomi termasuk jajaran Redmi 10 Series yang berada pada list ponsel yang kebagian update MIUI 13 ini.

Baca : Daftar HP Xiaomi yang kebagian update MIUI 13 terbaru

Memasuki bulan Juli lalu Xiaomi Official merilis update secara bertahap untuk ponsel seri Redmi Note 10S, sebagai user alias pengguna yang sudah menunggu - nuggu update ini maka dengan senang hati langsung mengunduh dan menginstalnya di perangkat, alhasil pembaruan besar - besaran pun terjadi, baik dari segi tampilan maupun user experience banyak berubah.

Ambil saja contohnya Xiaomi Redmi Note 10S yang sebelumnya berjalan pada MIUI 12.5.8 berbasis android 11 kini mendapatkan mega update pada MIUI 13.0.1 berbasis android 12 terbaru.

Baca Juga : Sisi Gelap Jaringan 5G di Dunia yang Perlu di Waspadai !

Namun setelah beberapa hari pemakaian di MIUI 13, Saya mulai merasakan pengalaman penggunaan yang sangat mengecewakan karena beberapa bug yang sangat disayangkan harus muncul. Ini sangat mengganggu karena bug menyangkut fitur - fitur penting pada hp Xiaomi Redmi Note 10S ini. Parahnya sebagian besar pengguna MIUI 13 yang hijrah dari MIUI 12 lah yang merasakan dampak bug ini.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Tema MIUI Hilang karena Google Play Protect

Nah tanpa berlama - lama inilah beberapa daftar bug yang berhasil admin TEKNOTenar.com rangkum dari pengalaman pengunaan admin maupun teman - teman lainselama dua minggu terakhir ini.


1. Aplikasi Sering Crash / Lag

Aplikasi crash pada dasarnya merupakan hal biasa, apalagi sebagai pengguna android yang sering bongkar pasang aplikasi pasti pernah merasakan aplikasi sering tertutup sendiri, lag ketika digunakan, performa aplikasi tidak seperti biasanya dan lain sebagainya.

Nah, di MIUI 13 ini gejala aplikasi crash sering dirasakan bahkan hampir disemua aplikasi. Kita ambil saja contoh aplikasi populer yang sering crash atau lag seperti Facebook, YouTube, TikTok, Mobile Legends, Twitter, dan berbagai aplikasi lain terutama yang membutuhkan koneksi internet.

Untuk mengatasinya sobat bisa mampir ke sini : Cara Mengatasi Bug MIUI 13 di Xiaomi Redmi Note 10 Series


2. Performa Gaming Menurun

Gaming merupakan salahsatu aktivitas yang sering dilakukan oleh admin maupun teman - teman pengguna  Xiaomi Redmi Note 10S ini. Meskipun MIUI 13 dibekali Game Booster terbaru, namun kenyataanya sangat berbanding terbalik.

Baca : Game Booster terbaru MIUI 13 bawa Fitur Keren dan Menggoda

Jika sebelum update FPS terpantau pada 50 sampai 60 namun setelah update sering jatuh bahkan sampai 30 FPS, bukan hanya itu saja game Mobile Legends yang biasanya lancar jaya di MIUI 12 sering sekali lag dan berhenti ditengah permainan dan hal itu sudah pasti sangat merugikan player.

Capek - capek war tiba - tiba lag dan ketika game kembali berjalan udah ada dibase aja, awok3x... alias mati hihihi ...

Untuk mengatasi Game sering hang sobat bisa mampir ke sini : Cara Mengatasi Bug MIUI 13 di Xiaomi Redmi Note 10 Series


3. Fitur Telepon Sering terputus - putus

Fitur Telepon merupakan fitur terpenting sebuah HP atau smartphone, namun apa jadinya jika fitur penting ini tidak dapat dijalankan secara maksimal karena bug yang dibawa sistem operasi MIUI 13 ini.

Ya, banyak keluhan terkait fitur telepon ini terutama pada aplikasi WhatsApp yang merupakan aplikasi sejuta umat dan sangat populer khususnya dikalangan masyarakat Indonesia. Mereka merasakan suara lawan bicara yang kerap terputus - putus bahkan tidak terdengar sama sekali. Meskipun suara kita terdengar jelas dilawan bicara namun tidak demikian sebaliknya. Bisa - bisa terjadi kesalah pahaman gara - gara suara telepon yang terputus - putus ini.

Untuk mengatasinya sobat bisa mampir ke sini : Cara Mengatasi Bug MIUI 13 di Xiaomi Redmi Note 10 Series


4. Fitur VPN ditiadakan

Sebelum kita lanjut, fitur VPN yang dimatikan yang admin maksud adalah yang manual dimasukan kedalam pengaturan, memakai kode atau sandi tertentu dan bukan yang melalui aplikasi pihak ketiga.

Baca : Cara Download Video TikTok tanpa watermark terbaru

Virtual Private Network atau sering kita kenal sebagai VPN merupakan fitur yang sudah ada sejak generasi awal smartphone, salahsatu fungsinya adalah untuk menggunakan jaringan melalui pihak ketiga yang menyediakan akses ke situs luar negeri dan sebagainya. Bagi sebagian orang dengan jenis pekerjaan tertentu yang membutuhkan akses jaringan tersendiri atau perusahaan, fitur VPN ini sangatlah penting bahkan ada yang sudah berlangganan VPN premiun namun ternyata tidak bisa digunakan lagi setelah melakukan update ke MIUI 13 ini.

Maksud dari Xiaomi mungkin memang bagus, sebagai upaya untuk mengurangi penyalahgunaan fitur yang satu ini agar nantinya jaringan yang digunakan perangkat mereka semuanya dapat terpantau secara resmi. Namun sekali lagi, bagi mereka yang membutuhkan dengan dihilangkannya fitur ini tentu sangat merugikan.


5. Fitur NFC sering tidak merespon

Fitur NFC baru - baru ini dikenalkan di smartphone menengah yang sebelumnya hanya tersedia di HP flagship saja. di Redmi Note 10S yang notabenenya merupakan hp kelas menengah juga sudah dibekali denan fitur yang satu ini. NFC sendiri berfungsi untuk membaca dan melakukan top up saldo dari atau ke kartu fisik yang menggunakan chip sensor magnetik seperti kartu kredit, kartu debit, KTP bahkan kartu pelajar yang terhubung ke akun bank tertentu.

Setelah melakukan update, fitur NFC pada Xiaomi Redmi Note 10S sering eror dan kadang tidak berfungsi dengan semestinya, padahal ketika di MIUI 12 android 11 sebelumnya fitur ini sangat bagus dan lancar digunakan. Hal ini tentu menjadi kekecewaan yang seharusnya tidak perlu MI Fans rasakan andai saja pihak developer Xiaomi sedikit lebih tanggap dan melakukan uji coba secara mendalam dahulu sebelum merilis update MIUI 13 ini di website mereka. 

Baca Juga : Cara Paling Efektif Menghemat Kuota Internet Anak, Cukup Lakukan ini !

Nah, itulah beberapa kumpulan bug dari MIUI 13 yang sering dikeluhkan pengguna khususnya di Redmi Note 10S dan jajaran Redmi lainnya...

Bagi yang belum update maka sebaiknya tahan dahulu untuk update selama fitur - fitur berjalan normal dan hp nyaman digunakan.

Bagi yang semakin bagus seteleh update maka admin ucapkan selamat, karena secara tampilan MIUI 13 ini terasa jauh lebih segar dibanding versi MIUI sebelumnya. Namun bagi yang semakin parah setelah melakukan update maka solusinya adalah dengan bersabar menunggu update selanjutnya. Sambil menunggu update selanjutnya ada baiknya user ikut melaporkan keluhan yang dirasakan di kolom keluhan xiaomi yang sudah disediakan, hal ini akan sangat membantu pihak developer untuk melakukan perbaikan - perbaikan mendatang.

Baca Juga : Solusi Jitu Mengatasi Kontak WhatsApp Berubah Jadi Nomor Paling Mudah

Namun bagi sobat yang ingin melakukan downgrade MIUI 13 ke MIUI 12, ada baiknya dipikirkan matang - matang karena sepertinya sistem MIUI saat ini sudah diproteksi sedemikian rupa sehingga pengguna tidak bisa seenaknya melakukan otak - atik sistem MIUI. Lakukan dengan hati - hati atau serahkan pada ahlinya, alih - alih berhasil melakukan downgrade MIUI 13 namun malah bootloop, system has been destroyed bahkan mati total.


Jangan lupa kunjungi Channel YouTube TEKNOTenar untuk infomasi bermanfaat lainnya ya ...



Salam admin TEKNOTenar, Smart Tekno and Smart People.

Post a Comment for "Ini Kumpulan Bug MIUI 13 di Redmi Note 10 Series yang Sangat Mengecewakan"