Cara Mengambalikan Tema MIUI yang Hilang Karena Google Play Protect Paling Mudah

 


TEKNOTenar.com - MIUI merupakan sistem UI milik Xiaomi yang dikenal memiliki banyak fitur namun juga memiliki banyak bug, bahkan sebagian besar user mengeluhkan performa MIUI yang malah menurun setelah melakukan upgrade ke versi terbaru. Bahkan muncul meme yang mengatakan bahwa Xiaomi sengaja menyisipkan bug - bug tersebut ke versi MIUI terbaru di perangkat lawas agar user membeli produk terbaru mereka meskipun sebenarnya HP lama tersebut masih layak digunakan, namun karena masalah software sehingga menyebabkan pengguna setia harus beralih ke device terbaru.

Seperti judul diatas yaitu Cara Mengambalikan Tema MIUI yang Hilang Karena Google Play Protect Paling Mudah. Admin membuat post ini bukan tenpa alasan, melainkan mengalami sendiri, yaitu tema bawaan MIUI yang hilang mendadak secara misterius. Namun setelah ditelusuri penyebabnya adalah karena tema bawaan MIUI tersebut mengalami pemblokiran akibat tidak lolos dari filter keamanan milik Google yaitu tepatnya Google Play Protect.

MIUI Themes sendiri adalah aplikasi penyedia Tema, Fonts, Wallpaper maupun jenis grafis lain yang disediakan secara gratis oleh pihak Xiaomi demi memanjakan mata penggunanya. Disini pengguna bisa sepuasnya mengganti tema, wallpaper maupun jenis font sensuai selera, tersedia ribuan pernak pernik kustomisasi cantik yang siap digunakan.

Pemblokiran Play Protect pada aplikasi pihak ketiga yang kurang terkenal mungkin dapat dimaklumi, namun dari developer sekelas Xiaomi yang notabene sebagai penyuplai Smartphone Original yang cukup besar nampaknya cukup fatal. 

Baca Juga : Cara Cek Keaslian HP Xiaomi Asli atau Palsu dengan Mudah dan Aman

Admin merupakan salahsatu dari sekian juta pengguna setia Xiaomi yang merasa kecewa karena hal sepele ini. Mengapa hal ini bisa terjadi? Apakah pihak Xiaomi sengaja menyisipkan malware untuk mencuri data pengguna? memata - matai? dan hal negatif lainnya di dunia teknologi.atau malah sistem Google Play Protect yang mengalami kesalahan deteksi sehingga tema MIUI diblokir dari Play Store, tentu efek pemblokiran ini mengakibatkan hilangnya ikon tema pada sistem MIUI sehingga membuat banyak pengguna kebingungan karena tidak bisa mengganti tema, jenis font bahkan sekadar mengubah wallpaper pada HP mereka.

Baca Juga : Ini Dia Kumpulan Bug MIUI 13 yang Menjengkelkan

Dilansir dari www.xiaomiui.net, bahwa hal ini termasuk mengejutkan karena bukan saja terjadi pada MIUI 13 namun pada versi dibawahnya, pada versi tema terbaru ketika berhasil di update maka akan muncul peringatan seperti berikut :




dari keterangan Google Play Protect diatas dapat diartikan bahwa tema miui berusaha mem-bypass atau melewati sistem keamanan mereka sehingga terindikasi sebagai virus yang harus diblokir. Cara mengatasinya cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan Cara Mengatasi Bug MIUI 13 yang pernah Admin bahas pada postingan sebelumnya.

Cara mengatasinya adalah sebagai berikut :

1. Buka Setting atau Pengaturan pada HP kalian

2. Pilih Menu Aplikasi

3. Pilih Manajemen Aplikasi

4. Setelah itu Pilih titik tiga pada pojok kanan atas sehingga muncul beberapa menu

5. Pilih setel ulang Preferensi Aplikasi

6. Lakukan Restart


Untuk lebih jelas mengaplikasikan tutorial ini, sobat bisa melihatnya pada video berikut ini :



Dan..., taraaaa... tema MIUI kembali muncul dan siap digunakan, nah untuk menghindari pemblokiran oleh Google Play Protect berikutnya adalah dengan melakukan downgrade versi aplikasi tema via uninstall pembaharuan di menu setting. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Pilih dan tekan logo tema sehingga muncul tiga menu mengambang

2. Pilih Info Aplikasi

3. Pada bagian bawah pilih unistall pembaharuan

4. Setelah itu pastikan untuk tidak mengupdate aplikasi tema baik melalui Play Store maupun via Get App dari Xiaomi.


Baca Juga : Jangan Salah Pilih, Kenali Jenis Anti Gores yang Cocok untuk HP Kesayangan Anda!


Pilihan lain adalah dengan mematikan fitur Google Play Protect di Play Store, namun cara ini tidak direkomendasikan karena fungsi Play Protect sendiri adalah sebagai benteng digital untuk mencegah aplikasi - aplikasi jahat yang biasanya mengandung malware dan bisa mencuri data penting pengguna.

Nah, mungkin itulah tutorial mengembalikan atau mengatasi tema MIUI yang hilang karena Google Play Protect paling mudah dipraktekan, semoga tutorial ini membantu sobat semua dan jangan lupa kunjungi Channel YouTube TEKNOTenar untuk informasi tutorial bermanfaat lainnya.

Salam Admin TEKNOTenar, Smart Tekno for Smart Peolpe.

Post a Comment for "Cara Mengambalikan Tema MIUI yang Hilang Karena Google Play Protect Paling Mudah"