4 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas

 


TEKNOTenar.com - Apakah yang menjadi penyebab HP menjadi cepat panas? Penyebab HP menjadi cepat panas adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para pengguna HP pintar atau smartphone. Berbeda dari HP zaman dulu atau jadul HP pintar atau smartphone ini mempunyai lebih banyak komponen dengan fungsi yang beragam serta kompleks. Dikarenakan terdapat banyak komponen yang kompleks.

Penyebab HP cepat panas ini juga bisa dari beberapa faktor internal seperti baterai dan juga bisa dari faktor eksternal seperti casing ataupun suhu ruangan yang panas. HP yang cepat nanti bisa dapat membuat baterai HP cepat habis. Untuk dapat mengatasinya Anda bisa menemukan bagian mana yang bermasalah lalu diperbaiki.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Menghapus Akun Gmail di HP Android, Dijamin Aman!


Berikut ini beberapa rangkuman penyebab HP menjadi cepat panas dan cara mengatasinya.


1. Karena baterai yang rusak

Penyebab HP menjadi cepat panas yang pertama ialah karena baterai yang rusak. Penyebab dari HP menjadi cepat panas bisa dapat anda ketahui lebih cepat dengan cara meraba pada bagian HP yang mana yang lebih cepat panas. Jika pada bagian belakang HP ini cepat menjadi panas maka bisa jadi penyebab utamanya ialah baterai. Itu yang rusak atau menurun fungsinya ini akan menjadi lebih cepat panas dibandingkan dengan HP baterai baru. Oleh sebab itu tips untuk dapat mengatasi HP yang cepat panas akibat baterai yang rusak ialah dengan membawa ke tukang servis dan meminta ganti baterai.

Baca Juga : Kelebihan HP Jadul dibandingkan Smartphone Masa Kini

 

2. Charger yang rusak atau menggunakan charger palsu

Penyebablayar HP menjadi cepat panas yang selanjutnya ialah charger HP yang rusak atau menggunakan charger yang palsu. Jika pada bagian HP menjadi lebih cepat panas di area dekat port charger maka bisa menjadi penyebab ialah karena charger yang bermasalah. Charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi HP ini akan menyuplai daya lebih tinggi atau lebih rendah dari yang dibutuhkan sebenarnya. Dikarenakan arus tegangan yang diterima yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan ini akan menyebabkan HP menjadi panas meskipun betrai yang disebut tersebut adalah. Dan terkadang mengisi ulang baterai dengan charger ini juga tidak sesuai dapat menyebabkan pengisian ulang baterai menjadi lebih lama. Cara yang cepat untuk mengatasi panas yang paling ampuh ialah dengan mengganti charger yang bermasalah dengan charger original yang mempunyai besar output daya yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh HP anda.

Baca Juga : Sempat ditolak Investor, Ini Sejarah Android dari Masa ke Masa


3. Memakai HP di saat di charger

Penyebab HP menjadi cepat panas yang selanjutnya ialah dengan menggunakan HP di saat di charger. Menggunakan HP di saat di charger ini dapat menyebabkan kinerja baterai menjadi lebih berat dan juga dapat membuat HP menjadi lebih cepatpanas. Jika kebiasaan ini terus-menerus dilakukan maka besar bisa menjadi kembung dan bisa meledak oleh karena itu jika anda ingin HP anda menjadi di normal maka anda lebih baik tunggu sampai proses isi ulang baterai ini selesai dan semua itu Anda bisa menggunakan HP itu kembali.

 

4. Penggunaan HP di tempat yang panas

Penyebab dari HP menjadi cepat panas yang selanjutnya ialah dengan menggunakan HP di tempat yang panas. Api merupakan benda yang sama seperti perangkat elektronik lainnya yaitu HP dapat menghasilkan panas sendiri disaat kinerja nya meningkat dan terlalu banyak menghabiskan tenaga. Sumber dari panas dari HP ini juga berasal dari chipset dan betrai. Oleh karena itu Anda bisa menghindari HP anda terpapar dengan panas dari luar. Gabungan dari panas dari dalam atau luar yang dapat menyebabkan Soeharto menjadi cepat panas dan juga dapat merusak komponen yang ada di dalamnya.

Baca Juga : Rekomendasi HP 1 Jutaan Tahun Lalu di 2022, Masih Layak Beli?

Itulah dia beberapa penyebab dari HP menjadi cepat panas dan cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat !

Post a Comment for "4 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas"