Waspada, Ini 10 Efek Negatif Jaringan 5G yang Harus diketahui !


Efek Buruk Jaringan 5G by TEKNOTenar.com


TEKNOTenar.com -  Saat ini, istilah jaringan 5G sudah tidak asing di belantara teknologi dunia termasuk di Indonesia ini. Jaringan 5G semakin eksis dengan bermunculannya smartphone dengan teknologi 5G dengan harga terjangkau. 

Secara teori, jaringan 5G mreupakan teknologi jaringan nirkabel generasi kelima (fifth generation) yang dikembangkan untuk meningkatkan kecepatan internet dan efisiensi transfer data secara signifikan. Jaringan ini menggunakan frekuensi radio yang lebih tinggi daripada jaringan 4G yang saat ini banyak digunakan. Jaringan 5G diklaim dapat memberikan kecepatan unduh dan unggah yang jauh lebih cepat, waktu respons yang lebih cepat, dan kapasitas jaringan yang lebih besar. Intinya jaringan 5G ini lebih baik dari segi kecepatan dan kualitas transfer data dari generasi sebelumnya yaitu jaringan 4G.

Baca Juga : 10 Teknologi Terbaru Pada Smartphone yang Bikin Kagum !

Beberapa kelebihan jaringan 5G diantaranya seperti Kecepatan yang Lebih Tinggi, Waktu Respons yang Lebih Cepat, Kapasitas Jaringan yang Lebih Besar, Mendukung Pengembangan Teknologi Baru serta Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas.

Karena memiliki berbagai kelebihan, jaringan 5G ini mendukung penggunaan teknologi baru seperti mobil otonom, Internet of Things (IoT), dan augmented reality. Nah... Dengan demikian, jaringan 5G dianggap sebagai teknologi yang akan membawa perubahan besar dalam dunia digital dan industri, termasuk telekomunikasi, manufaktur, transportasi, dan kesehatan.

Baca Juga : Baru Tau, Ternyata Inilah Penyebab Sinyal Lemah pada Smartphone !

Namun dibalik berbagai kelebihan yang disebutkan diatas, terdapat setidaknya 10 kekurangan bahkan efek negatif dari penggunaan teknologi jaringan 5G ini, sebenarnya masih menjadi perdebatan dan perbedaan pandangan dari beberapa ahli dan pengamat mengenai jaringan 5G ini. Nah, diantara kekurangan atau efek negatif dari jaringan 5G ini adalah sebagai berikut :

1. Potensi paparan radiasi elektromagnetik yang lebih tinggi
Semakin tinggi teknologi suatu jaringan tentu semakin besar energi yang dibutuhkan, termasuk juga energi yang dibutuhkan jaringan 5G ini. Jaringan 5G menghasilkan energi yang lebih padat dan menggunakan frekuensi yang lebih tinggi, oleh karena itu kemungkinan paparan radiasi dari jaringan 5G ini tentu lebih besar.

2. Kemungkinan gangguan terhadap peralatan medis
Akibat dari penggunaan energi yang lebih tinggi serta resiko paparan radiasi elektromagnetik yang lebih tinggi pula, jaringan 5G lebih sensitif terhadap peralatan medis seperti pacemaker dan alat bantu dengar.

 Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi A1 di Indonesia


3. Risiko keamanan siber yang lebih besar
Jaringan 5G memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dan jumlah data lebih besar, oleh karena kecepatan dan jumlah data yang lebih besar itulah kemungkinan serangan cyber lebih besar pula, karena dengan kebocoran sedikit saja bisa sangat merugikan, terutama mengenai jumlah data yang dapat diambil / dicuri hacker saat ditransmisikan oleh jaringan 5G ini.

4. Kemungkinan pengurangan privasi
Saat ini ketergantungan dengan teknologi memang sudah terasa, khususnya teknologi smartphone yang berkaitan erat dengan jaringan. Nah, karena ketergantungan yang lebih besar inilah privasi semakin mudah disadap, baik pada teknologi pengenalan wajah maupun algoritma analisis data.

5. Kemungkinan dampak negatif pada industri tradisional
Jaringan 5G juga bisa berdampak serius pada industri tradisional seperti radiodifusi dan televisi, hal itu sangat memungkinkan terjadi karena adopsi yang lebih luas dari jaringan 5G ini.

Baca Juga : Jenis Anti Gores HP beserta Masing - Masing Kelebihannya ! 


6. Potensi dampak lingkungan yang lebih besar
Seperti yang sudah disebutkan diatas, teknologi 5G membutuhkan energi yang lebih besar untuk menara sinyal dan komponen jaringan pendukungnya. Namun walaupun begitu, para ahli selalu berusaha untuk memaksimalkan dan penggunaan energi yang lebih tinggi dengan efisiensi yang tinggi pula.

7. Kemungkinan pengaruh negatif pada kesehatan hewan 
Lagi - lagi karena faktor energi yang besar ini, para ahli mengkhawatirkan pengaruh jaringan 5G ini pada kesehatan dan perikalu hewan yang diluar kebiasaan, seperti halnya kasus kawanan burung yang mendadak berjatuhan dan itu dipercaya sebagai efek dari jaringan 5G. Selain itu efek buruk lainnya juga dikhawatirkan akan berdampak terhadap lingkungan karena radiasi elektromagnetik yang kuat.

8. Peningkatan risiko kecelakaan kendaraan
Hal ini mungkin terdengar aneh, namun sebenarnya bisa saja terjadi karena jaringan 5G dapat mempercepat pengadopsian kendaraan otonom.

Baca Juga : Sejarah Nama - Nama Android dari Masa ke Masa yang Kamu Harus Tahu ! 


9. Potensi gangguan terhadap layanan satelit dan penerbangan
Hal ini berkaitan dengan nomor 8 diatas, bahwa jaringan 5G ini dapat menyebabkan kecelakaan pada kendaraan terutama pada pesawat dan satelit, karena benda tersebut menggunakan frekuensi 24 GHz dan 60 GHz.

10. Potensi sabotase jaringan
Maksudnya adalah Potensi penggunaan teknologi jaringan 5G oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan kriminal atau kegiatan teroris.


Nah, bagaimana sob? cukup banyak bukan efek negatif jaringan 5G ini. Meskipun beberapa poin diatas mungkin hanya spekulasi namun tidak ada salahnya agar kita lebih waspada terhadap akibat buruk dari jaringan 5G ini.


Kesimpulannya, walaupun jaringan 5G ini begitu banyak kelebihan dan keuntungannya di dunia teknologi namun tetap saja, kemungkinan buruk selalu mendampingi. Tapi walaupun begitu, sobat tidak perlu khawatir karena para ahli selalu mencari cara untuk mencegah hal - hal buruk terjadi dan terus berusaha memaksimalkan teknologi ini agar lebih banyak manfaatnya untuk kehidupan manusia sehari - hari.

 

Post a Comment for "Waspada, Ini 10 Efek Negatif Jaringan 5G yang Harus diketahui !"