Xiaomi Tanpa MIUI, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi A1 Indonesia

Xiaomi Redmi A1


TEKNOTenar.com - Banyak yang meremehkan kemampuan smartphone entry level dengan sebuatan HP kentang dan sebagainya, bukan tanpa alasan karena hal itu karena performa dan kemampuannya berada di level paling bawah di kasta industri smartphone. Namun yang terkadang dilupakan bahwa sekarang sudah tahun 2022, perkembangan teknologi khususnya smartphone semakin maju, smartphone canggih pun bisa diproduksi dengan biaya seminimal mungkin, oleh karenanya banyak HP entry level keluaran tahun 2022 ini yang sudah mempunyai performa dan fitur-fitur yang cukup dapat diandalkan.

Salah satunya adalah Redmi A1, smartphone besutan Xiaomi ini meskipun dilepas dipasar Indonesia dengan harga sejutaan namun dari segi performa dan fitur sudah bisa diandalkan untuk keperluan komunikasi sehari-hari. Bukan tanpa alasan mengapa Redmi A1 memiliki performa yang lumayan walaupun dobanderol dengan harga cuman 1 jutaan, salahsatunya karena pihak Xiaomi tidak membenamkan MIUI pada smartphone teranyar ini, Redmi A1 berjalan di Stock Android Murni versi lite atau lebih tepatnya menggunakan Android 12 Go Edition yang lebih ringan dan ringkas.

Seperti yang kita ketahui bahwa MIUI merupakan system UI yang memiliki banyak fitur unggulan namun disamping itu juga merupakan system UI yang lumayan berat dan banyak iklan yang akan muncul, keputusan Xiaomi menggunakan Android 12 Go pada Redmi A1 patut diapresiasi karena berkat Android 12 ini Redmi A1 dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan performa maksimalnya saat digunakan. Tidak perlu khawatir lagi dengan iklan-iklan yang muncul setiap membuka aplikasi bawaan Hp, karena system UI Android Go ini dijamin clean dan fresh, bebas iklan selamanya.

Sekilas Redmi A1 ini mengingatkan pada Xiaomi A1 yang rilis tahun 2017 silam, smartphone mid range tersebut sempat menjadi hype pada masanya, juga karena menjadi satu-satunya hp besutan xiaomi yang berjalan tanpa MIUI namun menggunakan stock Android murni yang bersih dari bloatware. Bukan hanya itu saja, Xiaomi A1 juga merupakan salahsatu dari perangkat yang berlabel Android One dan mendapatkan pembaharuan software beberapa tahun setelah tanggal rilisnya.

Oke, kembali ke Redmi A1. Smartphone Xiaomi yang rilis pada tanggal 28 Oktober 2022 ini memiliki beberapa kelebihan yang worth it untuk hp di kisaran harga tidak sampai dari 1,5 juta. Nah, inilah beberapa kelebihan Xiaomi Redmi A1 Indonesia.


1. Layar IPS LCD yang Luas dan Terang

Redmi A1 memiliki layar bertipe IPS yang sudah nyaman dipandang dari berbagai sisi smartphone, layar hp seluas 6,52 inchi ini tentunya sudah sangat cukup untuk digunakan sehari-hari, terutama untuk orang tua yang membutuhkan layar besar untuk melihat dan menggunakan smartphone.


2. Hadir dengan Android Go Edition tanpa MIUI

Seperti yang sudah Saya bahas sekilas diatas, bahwa Redmi A1 ini hadir tanpa MIUI yaitu system operasi modifikasi buatan pabrikan Xiaomi untuk ponsel pintar mereka. Redmi A1 berjalan di Android 12 Go Edition yang pastinya lebih ringan, clean dan bebas dari bloatware alias aplikasi bawaan yang kurang berguna.


3. Desain Kece dengan Tekstur Kulit Imitasi

Redmi A1 hadir dengan desain yang cukup keren di kelasnya, tampil gaya dengan backcover bergaya kulit imitasi yang pastinya membuat hp ini tidak mudah kucel dengan sidik jari ketika digunakan. Pada kameranya pun dibuat sedemikian rupa dan menambah kesan segar untuk hp satu jutaan, dipadukan dengan warna Hitam dan juga Biru muda yang kece pastinya membuat percaya diri bagi siapapun yang membawanya.


4. Baterai 5.000 mAh yang Awet Seharian

Baterai sebesar 5.000 mAh merupakan standar wajib sebuah smartphone di tahun 2022, karena baterai merupakan komponen terpenting bagi keberlangsungan hidup sebuah hp, penggunaan yang intens tentu memerlukan baterai yang dapat diandalkan seharian tanpa takut kehabisan daya. Redmi A1 juga hadir dengan baterai tanam sebesar 5.000 mAh untuk menunjang penggunaannya sehari-hari sehingga lebih memudahkan komunikasi tanpa khawatir akan kehanisan daya.


5. Hadir dengan 3-Card Slot

Triple Slot Sim Card merupakan fitur yang sebenarnya tidak begitu spesial, karena ya hampir semua hp china sekarang ini sudah menggunakan tiga buah slot untuk sim card dan juga kartu memori. Namun dengan HP yang cuman 1,2 jutaan fitur triple slot ini tentu menjadi kelebihan tersendiri karena pengguna dapat menambahkan kapasitas penyimpanan di ponsel mereka menjadi lebih besar lagi. Kapasitas bawaan ponsel ini terbatas di 32 GB saja, oleh karena itu fitur seperti slot micro SD menjadi fitur yang penting.


6. Memiliki Bluetooth 5.0

Bluetooth menjadi fitur wajib lainnya di sebuah smartphone, jika pada zaman dahulu bluetooth terbatas hanya diperuntukan untuk transfer file yakni memindakan file berupa gambar, suara dan video ke device atau perangkat lain, zaman ini penggunaan bluetooth menjadi lebih kompleks lagi, salahsatunya adalah untuk membantu posisi GPS, menyambungkan ke perangkat lain seperti speaker, smartwatch, komputer dan sebagainya. Maka keberadaan fitur bluetooh versi 5 di Redmi A1 ini akan sangat bagus karena pastinya lebih banyak perangkat yang akan kompatibel ketika pairing dengan Redmi A1 ini.


7. 8 MP Dual Camera dengan Hasil Foto Memuaskan di Kelasnya

Whaat? 8 MP? Memang kenapa kalau 8 MP. wkwkwkwk... Ya, kamera 8 MP pada Redmi A1 ini sudah cukup mumpuni untuk menunjang kebutuhan foto-foto maupun video seadanya. Terutama untuk mereka yang baru menggunakan Android.


Nah... Bagaimana ? Dengan harga tidak sampai 1,3 juta sudah mendapatkan hp dengan kualitas Xiaomi?

Namun dengan berbagai kelebihannya, Redmi A1 juga tentu mempunyai beberapa kekurangan yang tentu harus menjadi pertimbangan saat sobat hendak membeli hp ini. Adapun beberapa kekurangan dari Redmi A1 ini adalah sebagai berikut.


1. Tanpa Sensor Pemindai Sidik Jari

2. Chipset Helio A22 yang jadul

3. Minim Sensor + Tidak Mendukung WiFi Dual Band

4. Refresh rate masih 60 Hz

5. RAM 2 / 3 GB


Sepertinya untuk kekuranga dari Redmi A1 tidak perlu Saya jabarkan disini ya sob ya, namun yang perlu digaris bawahi disini adalah : Ada Harga Ada Rupa, Nah.. udah harganya cuman 1,2 juta tidak perlu lah kita menuntut spesifikasi yang muluk-muluk. Intinya silakan beli saja untuk kado orang tua di rumah ya sob ya.. hehehehe....




Post a Comment for "Xiaomi Tanpa MIUI, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi A1 Indonesia"