Liquid Storage hingga Game Booster versi Baru, Inilah 7 Kelebihan MIUI 13 dibanding Versi Sebelumnya

 

TEKNOTenar.com - Seperti yang kita tahu bahwa Xiaomi memiliki custom android sendiri bernama MIUI dengan segudang kelebihan yang disesuaikan dengan permintaan para Mi Fans, dari mulai tampilan antarmuka yang fresh serta fitur unggulan seperti Game Booster hingga Security MiCloud yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna saat ini.

Sampai saat ini Xiaomi sudah merilis hingga MIUI 13 dan kabarnya tidak lama lagi akan keluar update MIUI 13.3 dengan peningkatan serta perbaikan beberapa bug. MIUI 13 ini baru tersedia pada beberapa perangkat Flagship dan HP Xiaomi entry level keluaran terbaru yang mendapat update pada kuartal pertama yakni mulai bulan Januari hingga Maret 2022 ini.


Memasuki kuartal kedua perilisan MIUI 13 pada beberapa perangkat hp Xiaomi, admin merangkum kelebihan serta fitur - fitur baru apa saja yang dibawa MIUI versi 13 ini sehingga sobat tidak perlu ragu untuk melakukan update jika sewaktu - waktu mendapatkan notifikasi update OTA (Over The Air) lebih dulu.

Inilah beberapa kelebihan serta fitur - fitur baru pada MIUI 13 yang belum ada pada versi sebelumnya yang berhasil admin rangkum dari berbagai sumber.



1. Liquid Storage

Jika merujuk pada artinya 'Liquid' berarti Cairan dan 'Storage' berarti Penyimpanan, maka dapat kita simpulkan bahwa pada MIUI 13 ini Xiaomi mencoba meningkatkan efisiensi penyimpanan berkas file maupun data - data lainnya secara lebih efisien.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi fragmentasi atau penumpukan sampah file tidak berguna pada media penyimpanan sehingga mempengaruhi kecepatan R/W (Read Write) atau i/O (Input Output) data.

Dengan demikian performa smartphone akan senantiasa terjaga meskipun sudah dipakai dalam kurun waktu lama. Bahkan Simulasi yang dilakukan Xiaomi pada Mi 11, Fitur Liquid Storage ini hanya menurunkan performa penyimpanan sebesar 11 % saja dari yang biasanya mencapai 50 % penurunan performa.

Baca Juga : Sisi Gelap Jaringan 5G di Dunia yang Perlu di Waspadai !


2. Atomized Memory

Fitur ini dapat diistilahkan dengan membuat memori seperti atom sehingga mampu menembus celah terkecil pada sistem untuk melakukan optimalisasi kinerja.

Seperti yang kita tahu bahwa pengelolaan pemakaian RAM (RAM Management) sangat penting untuk memberikan peningkatan kinerja dalam sebuah handphone untuk menjamin aplikasi - aplikasi dapat berjalan dengan mulus tanpa tersendat - sendat. iOS adalah contoh sistem dengan RAM Management terbaik besutan Apple, sehingga dengan RAM yang terbilang kecil saja sudah dapat menjalankan berbagai aplikasi tanpa mengganggu aplikasi yang lain yang sedang terbuka.

Xiaomi merancang Atomized Memory ini untuk menangani RAM yang dipakai oleh aplikasi dan layanan secara terpisah. Hal ini bertujuan untuk melakukan efisiensi pada sistem itu sendiri, sehingga penggunaan RAM aplikasi atau layanan yang tidak digunakan akan dihapus sementara dan berfokus pada layanan atau aplikasi yang tengah digunakan. Dengan adanya pemisahan ini dimaksudkan agar aplikasi maupun layanan yang tertutup dapat dibuka kembali tanpa reload atau memulai dari awal. Ya, hampir menyerupai management app pada iOS.

Xiaomi sendiri sudah mencoba fitur baru MIUI 13 ini pada Mi 10 dan mengklaim bahwa Atomized Memory dapat meningkatkan efisiensi RAM untuk proses yang berjalan di belakang layar sampai dengan 40 %.


3. Focused Algorithms

Fitur terbaru pada MIUI 13 ini akan memilih aplikasi maupun layanan yang sering digunakan sehari = hari berdasarkan kebiasaan penggunanya. Dengan kecerdasan AI, sistem secara otomatis akan meningkatkan sumber daya untuk menjalankan aplikasi - aplikasi maupun layanan tersebut sehingga performanya akan terasa lebih lancar dan sesuai harapan.

Fitur baru dari Xiaomi ini akan secara dinamis mengalokasikan sumber daya dari handphone berdasarkan skenario pemakaian sehari-hari penggunanya. Jadi aplikasi misalnya pengguna seperti admin yang hobi main Mobile Legends maka sistem akan memperioritaskan CPU agar memberi lebih banyak sumber daya atau sokongan pada aplikasi tersebut ketika dijalankan.

Baca : HP 2 Jutaan Terbaik untuk Bermain Mobile Legends

Baca : HP Murah yang Cocok untuk Bermain Free Fire


4. Smart Balance

Kinerja yang signifikan tentu memerlukan daya baterai yang lebih besar, oleh karenanya Xiaomi berusaha menjaga keseimbangan antara kinerja dan konsumsi daya agar baterai tetap hemat tanpa mengurangi performa sistem.

Fitur Smart Balance ini akan menghasilkan durasi pemakaian harian handphone yang lebih panjang tanpa khawatir terjadinya penurunan performa. Smart Balance sudah diuji oleh Xiaomi di perangkat Mi 11 pada Mode Balance. Hasilnya, fitur ini dapat menurunkan konsumsi daya hingga 10 % jika dibandingkan dengan varian MIUI versi sebelumnya.


5. Sidebar

Pada mulanya, MIUI terinspirasi dari iOS besutan Apple dari mulai ikon - ikon hingga sidebar atau setting cepat yang biasanya terbuka jika kita mengusap layar dari atas kebawah yang sangat ikonik. Namun seiring berjalannya waktu, Xiaomi menjadi dirinya sendiri dengan mengembangkan sidebar baru pada MIUI 13 ini.

Xiaomi memberikan sentuhan nuansa baru pada tema, latar belakang, hingga ikon - ikon aplikasi yang dibarengi dengan tampilan animasi yang lebih mulus dan terkesan lebih natural dari antarmuka MIUI versi lebih lawas.

Dengan sidebar baru ini, pengguna dapat melihat berapa persen pengisian baterai pada smartphone secara real time dengan tampilan animasi yang cantik.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71 yang sering diabaikan


6. Peningkatan Sistem Keamanan

MIUI merupakan salahsatu sistem UI yang sangat memperhatikan keamanan, hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan MiCloud yang terus diperbaharui disetiap versinya. Keamanan memang menjadi hal utama di masa sekarang karena hampir setiap waktu kita akan terhubung ke banyak layanan melalui jaringan internet. Xiaomi sendiri memberikan beberapa peningkatan pada aspek ini melalui MIUI 13.

Antarmuka MIUI 13 secara khusus menambah beberapa fitur baru seperti privacy watermark yang akan menambahkan pola tulisan tertentu pada scan foto maupun dokumen sehingga tidak bisa dipakai sembarangan. Sebenarnya fitu ini sudah ada juga pada MIUI sebelumnya, namun lebih ditingkatkan lagi dengan kemampuan verifikasi wajah atau Face ID yang lebih akurat dengan sensor kedalaman atau 3D sehigga tidak dapat dikelabui dengan mudah seperti menggunakan foto dan sebagainya.


7. Game Booster Versi Baru

Fitur yang satu ini tentu ditunggu - tunggu oleh para pecinta game, karena selain dapat meningkatkan performa game juga dapat memblokir notifikasi atau panggilan tidak diinginkan selama bermain game.

Game Booster sebenarnya sudah ada sejak MIUI versi sebelumnya, namun dengan adanya fitur Liquid Storage, Atomized Memory serta Focused Algorithms diatas tentu akan membuat fitur yang satu ini lebih poweful lagi.


Nah itulah 7 kelebihan MIUI 13 dibanding dengan versi sebelumnya yang bakal membuat Mi Fans tidak sabar untuk update. Dalam melakukan update ini, pihak Xiaomi tentunya menyesuaikan kemampuan dari perangkat mereka jadi tidak semua perangkat dapat kebagian update MIUI 13 ini.

Baca : Daftar HP Xiaomi yang Mendapat Update MIUI 13 Terbaru

Semoga membantu, salam admin TEKNOTenar.com, Smart Tekno, Smart People.

Post a Comment for "Liquid Storage hingga Game Booster versi Baru, Inilah 7 Kelebihan MIUI 13 dibanding Versi Sebelumnya"