10 Alasan Mengapa Harus dan Tidak Harus Memilih HP Xiaomi


Alasan Memilih dan Jangan Memilih HP Xiaomi


TEKNOTenar.com - Sebelum kita memulai artikel ini ada baiknya Admin disclaimer dulu kali ya, oke bahwasannya tulisan ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan juga beberapa sobat komunitas di forum MiFans yang berhasil admin rangkum, tidak bermaksud menjatuhkan suatu produk ataupun menjelek-jelakan dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk membuka pikiran sekaligus agar menjadi pertimbangan sobat pembaca untuk memilih ataupun tidak memilih produk HP Xiaomi.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1 Indonesia

Ingat ya Sobat, disini yang dibahas khusus HP Xiaomi saja, karena kalau produk Xiaomi itu ada banyak, mulai dari ponsel, laptop sampai ke peralatan rumah tangga. Ocre kita langsung saja ke poin yang pertama mengenai 5 Alasan Mengapa Harus Memilih dan Membeli HP Xiaomi dari total 10 Alasan Mengapa Harus dan Tidak Harus Memilih HP Xiaomi


Alasan Memilih dan Membeli HP Merk Xiaomi

1. Harga

Yup, harga merupakan jawaban pertama dari 5 alasan mengapa memilih hp xiaomi. Bagi sebagian orang khususnya di Indonesia, harga merupakan komponen penting suatu produk, urusan bagus apa enggaknya itu nomor kedua. Nah, seperti yang kita ketahui bahwa HP merek Xiaomi ini meluncurkan produk mereka dengan harga yang dibawah pasaran. Misalnya saja merek sebelah merilis produk yang sejenis dengan spesifikasi hampir sama diharga kisaran 2 jutaan, nah disini Xiaomi membandrol HP mereka dengan harga lebih murah misalnya di rentang harga 1,5 sampai 1,7 saja. Parahnya merek Xiaomi memainkan harga ini tidak hanya di kelas entry maupun midrange mereka namun sampai ke ponsel - ponsel flagship mereka, sehingga dilabeli dengan merek perusak pasar harga.

Baca Juga : Daftar HP Xiaomi yang Kebagian Update MIUI 14 serta Fitur Barunya


2. Spesifikasi

Bagi sebagian orang terutama kawula muda, spesifikasi merupakan faktor terpenting dan yang paling dulu dilihat saat mereka hendak membeli sebuat smartphone. Ya, dengan spesifikasi yang lebih baik tentu saja bisa melakukan pekerjaan multitasking bahkan gaming yang lebih smooth dan juga fleksibel. Banyak merek ponsel yang menjajakan spesifikasi sebagai senjata utamanya, namun spesifikasi tentu saja berbanding lurus dengan harga, semakin bagus spesifikasi tentu harga juga semakin mahal. Nah, untungnya merek Xiaomi ini mampu menjawab semua itu, Xiaomi mampu menghadirkan ponsel dengan spesifikasi mumpuni dengan harga yang hampir sama bahkan jauh dibawah pesaing - pesaingnya.

Spesifikasi sendiri sebenarnya meliputi banyak aspek ya sob ya, namun yang paling kentara diantaranya meliputi Chipset, besaran RAM, kapasitas penyimpanan, resolusi kamera, sensor yang digunakan, teknologi jaringan hingga jenis dan proteksi layar.

Baca Juga : Cara Cek Keaslian HP Xiaomi Asli atau Palsu Paling Mudah

Namun yang paling mudah diingat masyarakat awam adalah besaran RAM dan penyimpanan, sehingga hal ini pernah dimanfaatkan brand sebelah untuk menjual ponsel mereka yang memiliki RAM dan Storege sama namun spesifikasi yang lain jauh dibawah Xiaomi dengan harga yang tentunya lebih mahal. Hasilnya, karena mereka memiliki Brand dan Tim Marketing yang luas tentu saja banyak orang - orang yang menganggap spek itu cuma RAM dan Memori Internal yang akhirnya membeli juga.


3. Komunitas

Saking besarnya penjualan di Indonesia maupun skala global, Xiaomi akhirnya memiliki komunitas atau fanbase yang cukup banyak, dan diinternet kelompok ini menyebut diri mereka sebagai MiFans atau pecinta Xiaomi. Sebenarnya Xiaomi sendiri memang menaungi komunitas ini dan mereka secara berkala menanggapi keluhan - keluhan pengguna.

Nah, pada komunitas ini selain sekumpulan orang - orang yang memang menggunakan sekaligus mencintai produk - produk Xiaomi juga banyak dari mereka yang merupakan pakar, teknisi sampai software developer yang terkadang menciptakan ROM alias firmware versi mereka sendiri (ini yang sering disebut ROM distributor alias ROM abal2). Komunitas ini terbuka bagi siapapun, dapat saling berbagi berbagai pengalaman penggunaan, solusi masalah yang ditemukan bahkan request fitur - fitur baru yang mungkin disisipkan pada produk selanjutnya.


4. Kustomisasi

Sebagaimana yang sudah dibahas di poin nomor 3 diatas, bahwa MiFans sendiri berisi orang - orang yang memang pada dasarnya adalah software engineering, data analyst dan juga spesialist dibidangnya. Nah, oleh karena itu produk Xiaomi juga kompatibel dengan berbagai Custom ROM yang bertaburan di internet. Bukan hanya masalah ROM, terkadang versi resminya juga banyak yang dimodifikasi sesuai dengan keinginan pembuatnya.


5. MIUI

Poin ke lima ini pliiissss jangan ngamuk dulu ya sob ya hehehe.... baca alasannya dulu mengapa admin memasukan MIUI kedalam daftar mengapa harus membeli HP Xiaomi ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bug MIUI 13 di Redmi Note 10 Series

Seperti yang sobat ketahui bahwa MIUI merupakan sistem UI pada ponsel dan tablet merek Xiaomi. Sebenarnya masih banyak perdebatan mengenai MIUI ini, dari mulai sistem yang lambat, bug sampai iklan yang terkadang mengganggu pengguna. Namun alasan sesungguhnya mengapa MIUI ini bagus adalah karena fitur - fitur yang lengkap dan juga security yang selalu update. Dengan harga 1 jutaan saja sobat bisa menemukan opsi Ruang Kedua, Kunci Folder, Kunci Aplikasi, Sensor yang lengkap, Pemindai Sidik Jari bahkan NFC dan ini berbeda dengan One UI misalnya, yang memilih versi One UI Core di HP kelas bawah mereka dengan harga 1 jutaan, dan tentu saja untuk mengunci aplikasi atau folder pun harus menginstall aplikasi pihak ketiga. Tapi bukan berarti One UI jelek ya, One UI bahkan lebih smooth dan clean, tapi di ponsel high end.. eh...


Nah, itulah 5 alasan mengapa harus membeli hp xiaomi, selanjutnya kita masuk ke 5 alasan berukutnya untuk tidak memilih alias jangan membeli produk hp merek Xiaomi, Berikut ini adalah ulasannya.


1. After Sales

Sebagaimana kita ketahui Xiaomi gencar merilis produk pada rentang waktu yang berdekatan, akibatnya merek ini harganya akan lebih cepat turun dan hal itu tidak begitu menguntungkan bagi penjual hp, terlebih lagi sistem marketing Xiaomi berbada dengan merek sebelah yang memberikan bonus dari penjualan. Xiaomi lebih menitikberatkan marketing secara online sehingga konter - konter besarpun tidak banyak men - stok produk xiaomi di etalasenya, sehingga wajar saja jika Xiaomi kalah tenar dibandingkan merek O ataupun V hehehe....


2. MIUI

Bentar - bentar, kok MIUI lagi bangs... bukannya udah ada di poin 5? katanya kelebihan? Gimana sih GEJE !

Baca Juga : Kumpulan Bug MIUI 13 Redmi Note 10S yang Bikin Bete!

Oke deh, sini tak jelasin MIUI memang memiliki banyak fitur yang berguna dan ini merupakan kelebihan, namun dengan dibalik itu banyaknya fitur ini memungkinkan kerja hardware akan semakin berat karena memakan lebih banyak RAM, selanjutnya sistem MIUI sering kali lag bahkan mengalami crash saat digunakan. Diperparah dengan disisipkannya iklan di hp Redmi alias Xiaomi kelas bawah maka akan semakin memperlambat lagi sistem UI besutan Xiaomi ini, bahkan saat developer merilis update software untuk hp Xiaomi kebanyakan user akan mengalami bug dari sistem terupdate mereka dan parahnya lagi terkadang bug yang dirasakan berbeda - beda, ckckck... kok bisa ya ?


3. Iklan

Sebagaimana dijelaskan di poin nomor 2, Xiaomi kerap kali menyisipkan iklan di aplikasi bawaan mereka seperti Video Player, Music Player, File Manager, Aplikasi Cuaca, Security dan sebagainya. Nah, iklan ini usut punya usut berhubungan dengan sistem pemasaran Xiaomi yang dilakukan secara online tadi, selain untuk menutup biaya - biaya yang dikeluarkan selama masa produksi juga untuk menambah pemasukan dari penjualan ini HP, terlebih yang disisipkan iklan adalah hp Xiaomi kelas Redmi atau kelas bawah yang notabenenya lebih banyak dibeli masyarakat luas, sedangkan versi Xiaomi dan Mi sama sekali tidak ada iklan yang muncul. Iklan ini tentu saja berhubungan dengan MIUI ya sob ya dan 2 dari 3 alasan tidak memilih HP Xiaomi adalah MIUI. Yups, MIUI....

Udah berat, banyak makan RAM, Banyak Bug, Masih disisipin Iklan lagi, ckckckck.....


4. Service Center

Tidak seperti merek O, V ataupun S. Service center Xiaomi sangat jarang ditemukan di kota - kota kecil di Indonesia, bahkan konter - konter besarpun jarang yang memiliki etalase khusus hp merek asal china ini. Seharusnya dengan angka penjualan yang besar, pihak Xiaomi lebih memperhatikan keberadaan service center mereka sehingga orang - orang yang terlanjur update MIUI bisa downgrade lagi wkwkwkwk.... atau sengaja, agar semuanya bisa dilakukan secara online atau mungkin memaksa user awam mengutak - atik sendiri sehingga nantinya bootloop bahkan mati total, akhirnya beli lagi deh.... hehehe....

Baca Juga : Cara Mudah Buat Cek Keaslian HP Samsung Terbaru

Selain itu, Xiaomi terasa setengah - setengah memasarkan produknya di Indonesia. Contoh saja Xiaomi tipe terbaru akan lebih lama rilis di Indonesia ini dibandingakan pasar global. Bahkan dibandingkan dengan negara India sekalipun, produk Xiaomi di Indonesia sama larisnya dengan di India namun tipe - tipe terbaru pasti rilis di India dulu (setelah china) baru beberapa bulan kemudian rilis di Indonesia, hal ini mungkin karena aturan TKDN atau yang lainnya admin sendiri tidak tahu pasti.


5. Kualitas Hardware

Ada harga ada kualitas. Begitu kata seseorang yang bahkan dia sendiri memakai produk Xiaomi sebagai daily driver. Hmmm...

Sebenarnya ini mungkin terjadi hanya pada beberapa produk saja yang mungkin tidak lolos QC alias Quality Control. Pernah gak sobat mengalami bahwa semakin bertambah tahun sistem Xiaomi terasa semakin lambat bahkan setelah di reset pabrik sekalipun. Nah, menurut beberapa sumber yang berhasil TEKNOTenar kumpulkan bahwa kualitas eMMC maupun UFS sebagai media penyimpanan yang digunakan adalah berkualitas rendah, terutama untuk Redmi karena selain untuk menekan harga serendah mungkin juga untuk menghabiskan stok yang mereka punya. Namun pada poin ini sepertinya hanya sebuah asumsi belaka.


Nah, itulah sobat 10 Alasan mengapa Harus dan Tidak Harus Memilih HP Xiaomi yang TEKNOTenar dapat sajikan, semoga mencerahkan dan menginspirasi.

Post a Comment for "10 Alasan Mengapa Harus dan Tidak Harus Memilih HP Xiaomi"