Ternyata Ini 7 Penyebab Ponsel Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah !



TEKNOTenar.com - Siapa yang tidak kenal dengan Xiaomi, perusahaan asal china yang terkenal hobi mengeluarkan aneka produk teknologi canggih seperti peralatan rumah cerdas yang terintegrasi dengan aplikasi mereka maupun produk kamera dan smartphone. Namun meskipun dengan harga terjangkau, Xiaomi sampai saat ini masih eksis dan terus mengeluarkan produk baru mereka, bahkan salah satu produk unggulan mereka yakni smarphone Xiaomi mampu bersaing dengan merk Samsung maupun iPhone dari segi teknologi maupun pemasaran.

Smarphone Xiaomi sendiri terbagi kedalam tiga tingkatan kelas, yakni seri Mi, Redmi dan juga Redmi Note. Untuk seri Redmi dan Note khusus menyasar pangsa pasar menengah ke bawah sedangkan untuk seri Mi maupun Mi Note khusus untuk pasar Flagship. Nah, ketiga seri smartphone Xiaomi tersebut memiliki kualitas yang setara dengan rival nya namun dijual dipasaran dengan harga yang dibawah rata - rata. Seandainya Xiaomi tidak mengantongi untung, bagaimana mungkin perusahaan mereka menjadi perusahaan raksasa yang terkenal di dunia teknologi?

Ternyata ada beberapa faktor yang membuat ponsel Xiaomi bisa dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan merek lain. Berikut beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi harga ponsel Xiaomi :


1. Penggunaan bahan yang lebih murah
Salah satu faktor utama dalam membuat ponsel dengan harga yang lebih terjangkau adalah penggunaan bahan yang lebih murah. Xiaomi menggunakan bahan yang lebih murah dalam pembuatan ponsel mereka, seperti plastik atau aluminium yang lebih murah dibandingkan bahan lain seperti keramik atau stainless steel. Namun bukan berarti mengesampingkan kualitas ya sob ya, mereka memilih bahan yang relatif lebih murah untuk seri ponsel tertentu namun tetep menggunakan bahan seperti stainless dan keramik untuk seri misalnya Mi Mix dan beberapa seri smartphone Flagship mereka.


2. Pembelian bahan dalam jumlah besar
Sebagai perusahaan besar, Xiaomi tentu membeli bahan baku dalam jumlah besar sekaligus, sehingga perusahaan ini memiliki keuntungan dalam pembelian bahan dalam jumlah besar tersebut. Selain itu pembelian dalam jumlah besar juga Xiaomi dapat memperoleh harga yang lebih murah dari para pemasok bahan baku.


3. Efisiensi biaya produksi
Xiaomi memiliki metode produksi yang efisien dan biaya produksi yang lebih rendah dibandingkan dengan merek lain.


4. Fokus pada penjualan online
Pantes aja jarang sekali terlihat outlet Xiaomi maupun sales yang mempromosikan produk Xiaomi, hal tersebut karena Xiaomi memfokuskan menjual produk mereka secara online, sehingga mereka dapat menghemat biaya distribusi dan penjualan yang biasanya ditanggung oleh merek lain yang memiliki toko fisik. Adapun beberapa toko besar yang menjual Xiaomi rata - rata adalah pihak kesekian alias distributor, mereka membeli secara online produk Xiaomi untuk dijual kembali secara offline, tentunya harga offline dengan online memiliki perbedaan walaupun tidak terpaut begitu jauh.


5. Menggunakan strategi marketing yang tepat
Xiaomi juga dikenal karena menggunakan strategi pemasaran yang cerdas dan agresif untuk membangun kesadaran merek dan memperluas pangsa pasar mereka. Strategi pemasaran yang efektif dapat membantu merek menghasilkan penjualan yang lebih tinggi dan pada gilirannya memungkinkan harga jual yang lebih terjangkau.



6. Strategi Marketing Gratis
Banyak strategi marketing gratis di dunia teknologi, salahsatunya yaitu dengan berkelakuan nyeleneh seperti menjual barang dengan sangat murah dibandingkan kompetitor sehingga membuat orang - orang penasaran dengan produk tersebut, lalu ada lagi dengan membuat komunitas seperti MiFans dan sebagainya untuk memperkenalkan produk Xiaomi sexara lebih luas, bahkan bug - bug yang mungkin disengaja disisipkan pihak developer agar para pembeli mencari cara mengatasinya di internet sehingga query pencarian mengenai produk Xiaomi mengalami peningkatan dan lebih mudah dikenal mesin pencari.


7. Iklan
Xiaomi memiliki beberapa aplikasi bawaan di ponsel mereka, seperti aplikasi MIUI Security, Cleaner, Browser, dan lainnya. Beberapa aplikasi ini mungkin mengandung iklan yang muncul di dalam aplikasi atau di layar kunci. Namun, iklan di aplikasi bawaan Xiaomi dapat dihapus atau dinonaktifkan sepenuhnya melalui pengaturan ponsel.

Selain itu, Xiaomi juga menawarkan fitur "Recommendation" yang menampilkan iklan atau rekomendasi aplikasi di layar beranda atau di bagian bawah layar ponsel. Fitur ini juga dapat dihapus atau dinonaktifkan melalui pengaturan ponsel.

Meskipun ada beberapa iklan dalam aplikasi bawaan Xiaomi, tetapi hal ini sebenarnya adalah salah satu cara bagi Xiaomi untuk menghasilkan pendapatan tambahan dan mengurangi biaya produksi sehingga bisa menjual produk mereka dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, pengguna dapat dengan mudah menghapus atau mematikan iklan jika mereka tidak ingin melihatnya di ponsel mereka.

Dari ketujuh Penyebab Ponsel Xiaomi Dijual Murah diatas yaitu poin ke-tujuh inilah yang dirasa lebih masuk akal hehehe....


Nah, itulah beberapa Penyebab Ponsel Xiaomi dapat dijual dengan harga murah, ada harga ada kualitas, jika menginginkan sesuatu yang sempurna tentu harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit, namun berkat Xiaomi banyak orang - orang merasakan teknologi terbaru dari smartphone dengan harga yang lebih terjangkau.





Post a Comment for "Ternyata Ini 7 Penyebab Ponsel Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah !"