Kecewa! Kekurangan Redmi Note 12 yang Bikin Mikir Dua Kali Buat Beli!



TEKNOTenar.com - Beberapa waktu lalu, Xiaomi menghadirkan Ponsel kelas menengah mereka di Indonesia yakni Redmi Note 12 Series yang terdiri dari Redmi Note 12 Regular dan Redmi Note 12 Pro 5G, ya walaupun ponsel tipe tersebut sudah hadir di India dan pasar Global lebih dulu, jauh sebelum artikel ini dibuat.

Spoiler Artikel ini untuk kaum Mendang Mending ya sob ya hehehe....

Baca Dulu : Mending IQOO Z7 5G dari Redmi Note 12 Pro?

Kehadiran Redmi Note 12 di Indonesia dinilai terlambat karena tidak seperti biasanya yang langsung rilis di Indonesia tidak berselang lama setelah rilis di pasar India dan Global, bahkan beberapa pihak sekaligus banyak MiFans merasa kecewa, selain karena keterlambatan tersebut juga karena spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi ternyata cukup pasaran dengan hp dari brand lain. Perlu digaris bawahi bahwa "kecewa" disini adalah dengan konteks "Xiaomi" yang sejak dulu selelu menghadirkan hardware yang lebih baik dengan harga ponsel lain sekelasnya, namun saat Redmi Note 12 ini rilis malah membawa Chipset yang bahkan berada dibawah HP Pasaran lain dikelasnya.

Baca Juga : Ternyata ini Penyebab HP Xiaomi Murah - Murah!

Nah, untuk lebih jelasnya mungkin sobat bisa lihat beberapa Alasan dibawah ini bagaimana MiFans merasa kecewa dengan Kekurangan Redmi Note 12 yang rilis di Indonesia, ingat ya ini di Indonesia, bukan untuk semua Redmi Note 12 yang rilis di pasar India maupun Global, dan sebelum ngelantur lebih jauh, tulisan ini lebih mengarah kritikan ke Redmi Note 12 Regular ya sob ya, alias versi 4G yang dijual di Official Store mereka, entah kenapa mereka tidak menjual versi 5G di official store, padahal versi Redmi Note 12 Pro lah yang banyak ditunggu2 para fans.


1. Chipset kurang Greget

Sejak kemunculannya di Indonesia, Xiaomi memang dikenal gemar menghadirkan hp dengan spesifikasi mumpuni namun dengan harga yang relatif lebih murah dengan brand pesaingnya. Namun anehnya di Redmi Note 12 tipe regular spesifikasi yang dibawanya justru terasa kurang menarik, misalnya chipset Qualcomm Snapdragon 685 yang masih mentok di 4G, ya.. walaupun memang chipset baru namun sebenarnya hanya versi Overclock dari seri 680 di Redmi Note 11 dan Redmi 10C yang sudah lawas awok3x... Selain itu, rata2 brand lain telah menggunakan Snapdragon 695 yang notabenenya lebih baru dan tentu saja sudah 5G dengan rentang harga yang tidak berpaut jauh. 


2. Mending HP lain gak sih?

Misalnya saja POCO X5 5G terasa lebih worth it untuk dibeli dibanding HP ini, selain harganya lebih murah POCO juga sudah menggunakan konektivitas 5G untuk HP mereka. Sementara untuk tipe lebih lawas Admin masih senang dengan Redmi Note 10 Pro disusul Redmi Note 11 yang bahkan sekarang sudah turun harga hehehe... atau mending Realme 10 dengan Mediatek Helio G99 nggak sih?

Baca Juga : Diskon 700 ribu, Ini Dia HP Vivo 2 Jutaan Terbaik di Indonesia


3. Layar Bagus namun tidak ada peningkatan

Sementara untuk layar masih sama dengan pendahulunya yakni berpanel AMOLED 120 Hz dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3 dan kecerahan hingga 1200 nits.


4. Penyimpanan Standar

Penyimpanan juga standar 128 GB yang juga sudah dipakai di Redmi Note sejak beberapa tahun lalu, sementara konfigurasi RAM yang disediakan yaitu 4, 6 dan 8 GB. Sementara Infinix sudah memberikan penyimpanan sebesar 256 GB di rentang harga 2 jutaan ini.


5. Baterai dan Charger

Dari segi baterai juga sama2 menggunakan kapasitas 5.000 mAh yang saat ini sudah menjadi standar awet untuk pemakaian normal seharian. Carger bawaan juga sudah menduking fast charging 33 Watt yang cukup baik, baterai akan terisi 50% dalam 20 menitan.


6. Konfigurasi Kamera

Konfigurasi kamera yang itu2 aja, ya... 50 MP + 8 MP + 2 MP sehingga beberapa pengguna mengeluhkan kamera yang dipakai Redmi Note 12 sama seperti Redmi Note 10 dan juga Redmi Note 11 pendahulunya, bahkan untuk Redmi Note 12 malah menggunakan Triple Kamera bukan lagi Quad Kamera seperti Redmi Note 10 pendahulunya.... meskipun sudah menggunakan OIS namun menurut beberapa user OIS nya hanya bekerja di perekaman 30 FPS, sementera fitur ini akan otomatis terhenti di framerate 60 FPS.


7. Speaker

Konfigurasi speaker di Redmi Note 10 dan 11 sudah stereo, namun di Redmi Note 12 ini malah kembali ke mono alias cuman satu sob, hal ini mungkin dilakukan Xiaomi untuk memangkas harga produksi yang memang belakangan ini serba naik. Namun tetap saja ini merpakan downgrade yang sangat disayangkan dan bikin kesal hehehe...

Baca Juga : Xiaomi tanpa MIUI, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1 Indonesia


8. Desain

Sebenarnya hal ini adalah relatif namun desain yang dibawa Redmi Note 12 terasa pasaran dan tidak menyuguhkan sesuatu yang "wah", bahkan Realme 9 series lebih dulu menggunakan desain tersebut sejak tahun sebelumnya. Kalau dari segi desain sih sebenarnya tidak terlalu berpengaruh ya sob ya, karena mungkin saja banyak juga yang demen desain beginian. Namun kalau dilihat saat ini, Admin leih suka desainnya Samsung Galaxy A4 dan beberapa model terbaru dari Infinix di rentang harga 2 sampai 3 jutaan.


9. Mending lirik type diatasnya

Tulisan diatas memang ditujukan untuk Redmi Note 12 versi Regular alias 4G diharga 2 sampai 3 jutaan, nah untuk versi 5G yang diatas kertas lebih bagus Xiaomi menjualnya diharga 3 sampai 5 jutaan, namun yang membuat aneh adalah tipe HP diatsanya seperti Xiaomi Mi 12 Lite, Mi 11, dan Mi 10T yang jauh lebih bagus malah dijual seharga Redmi Note 12 Pro dan harganyapun hanya berbeda beberapa ratus ribu saja, untuk harga ini coba saja sobat cek di toko online agar lebih jelas hehehe...

Ya, mending Xiaomi Mi 12 Lite lah kalau Admin mah...

Baca Juga : 6 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet, Gak Kepikiran !

Oke mungkin sekian dulu ya sobat ya, tulisan diatas bukan bermaksud menjelekan namun hanya sekadar curahan hati dan kekesalan Admin sebagai pengguna Xiaomi, juga agar sobat berpikir ulang sebelum membeli Redmi Note 12 ini.

Post a Comment for "Kecewa! Kekurangan Redmi Note 12 yang Bikin Mikir Dua Kali Buat Beli! "