Dasar - Dasar Microsoft Office PowerPoint untuk Pemula


TEKNOTenar.com - Microsoft Office PowerPoint merupakan sebuah Program Aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat slide – slide berisi gambar ataupun tulisan dengan penambahan berbagai efek transisi dan animasi yang biasanya digunakan untuk keperluan presentasi.

Adapun langkah – langkah untuk membuka Program Microsoft Office Word bisa dilakukan dengan tiga cara :

  1. Pada Layar Utama / Wallpaper, Cari Logo Microsoft PowerPoint -> Klik 2x
  2. Dari Layar Utama, Klik Logo Windows -> All Program -> Microsoft Office -> Microsoft Office PowerPoint -> Klik 1x.
  3. Tekan di Keyboard Logo Windows + R, ketikan POWERPNT, tekan Enter.

Lembar kerja pada PowerPoint disebut dengan Slide, seperti halnya pada Microsoft Word dan Microsoft Excel, pada PowerPoint pun memiliki menu – menu yang hampir mirip namun adanya penambahan dan pengurangan fitur menu sesuai dengan fungsinya.

Pada Microsoft Office PowerPoint, terdapat beberapa menu dasar beserta penjelasannya dibawah ini :

  • Menu HOME, pada menu ini berisi beberapa fitur diantaranya untuk mengatur jenis huruf ( font ), warna huruf, bold, ilatic, underline, mengatur Paragraf rata kiri, rata kanan, rata tengah, membuat slide, mengatur layout atau format slide, mengatur section, dll.
  • Menu INSERT diantaranya untuk menambahkan Gambar, Shapes, Header, Footer, TextBox, Audio, dll.
  • Menu DESIGN untuk mengatur tema pada slide yang kita gunakan. Intinya pada menu ini kita bisa gunakan untuk mempercantik desain slide yang kita buat. Bisa juga untuk mengatur ukuran halaman slide dan orientasinya.
  • Menu TRANSITION untuk mengatur efek transisi atau perpindahan dari satu slide ke slide lainnya. Pada menu ini kita dapat mengatur timing atau lamanya waktu slide por slide ditampilkan.
  • Menu ANIMATIONS untuk menambahkan animasi dan mengatur efek pada objek yang dipilih, baik itu tulisan, shape maupun gambar.
  • Menu SLIDE SHOW untuk mengatur slide – slide yang sudah dibuat agar berjalan sesuai keinginan.
Baca Juga :

Penggunaan suara, efek transisi maupun animasi hendaknya untuk menambah kuat kesan kita saat presentasi. Microsoft Power Point sendiri memiliki banyak sekali efek transisi maupun animasi untuk digunakan, namun alangkah lebih baik untuk kita gunakan sewajarnya sehingga tidak merusak dari tujuan presentasi itu sendiri.

Nah, itulah sedikit dasar - dasar Microsoft Office PowerPoint untuk Pemula, semangat terus belajar dan Salam Smart Tekno, Smart People.

 

 

Post a Comment for "Dasar - Dasar Microsoft Office PowerPoint untuk Pemula"